Peran Media Digital Sebagai Sarana Pemanfaatan Pembelajaran - MEGATRUST

Home / Gaya Hidup / Opini

Jumat, 23 Juli 2021 - 12:22 WIB

Peran Media Digital Sebagai Sarana Pemanfaatan Pembelajaran

Hj. Kety Soraya, S.Pd., M.Pd
(Wakil Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Faletehan)

Hj. Kety Soraya, S.Pd., M.Pd (Wakil Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Faletehan)

Megatrust.co.id, – Kemajuan teknologi digital dewasa ini telah banyak manfaatnya sesuai perkembangan yang signifikan dan telah di rasakan dengan adanya pemanfaatan media digital sebagai sarana pembelajaran.

Dengan kemunculan media digital ini menyumbangkan beragam inovasi dalam pendidikan, dianggap lebih praktis, fleksibel, tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, dimana pembelajaran yang menggunakan media digital telah menggantikan sistem pembelajaran konvensional yang kaku dan monoton, Berikut beberapa media digital sebagai sarana pendukung dalam pembelajaran yaitu Youtube, E-Learning dan media Video kartun.

Penggunaan Youtube

Youtube merupakan media massa berbasis web video sharing yang memfasilitasi penggunanya untuk mendownload, menggugah, serta membagikannya / sharing di seluruh penjuru negeri (Baskoro, 2009). Youtube juga merupakan situs sosial media yang sering dipakai, serta fenomenal di kalangan masyarakat.

Youtube adalah salah satu sarana sumber belajar guru dan peserta didik yang sangat membantu dalam proses belajar mengajar, banyak peserta didik yang sudah familiar sekali dalam mengakses youtube boleh di bilang tidak ada hambatan dalam penggunaannya.

Youtube merupakan salah satu kemajuan teknologi yang dapat di rasakan oleh semua manusia di penjuru dunia yang dapat di akses di manapun dan kapanpun, di mana peserta didik dapat mempelajari materi yang telah di upload oleh guru begitu pula sebaliknya peserta didik dapat memberikan presentasi yang dapat ditonton oleh guru, youtube juga memungkinkan peserta didik dapat memperluas pengetahuan karena youtube akan menyajikan berbagai informasi beragam yang mereka cari.

Dengan demikian manfaat youtube sebagai media pembelajaran sangat membantu peserta didik dalam mempelajari berbagai skill, dan bermanfaat dalam mempermudah pemahaman anak, karena youtube memberikan variasi video yang membuat anak akan lebih fokus dan lebih merasa nyaman pada saat pembelajaran.

Baca Juga :  Bulan Depan, Aurel Hermansyah Diprediksi Lahiran. Netizen Guyur Aurel Dengan Doa
Penggunaan E-Learning

E- learning sebagai media pembelajaran eletronik merupakan salah satu model pembelajaran yang menggunakan teknologi dan informasi komunikasi. E- learning pun di gunakan sebagai alat bantu pembelajaran yang dapat di akses kapanpun dan di manapun. Adapun pelaksanaan E-learning dapat berupa kombinasi dari video, audio, dan perangkat komunikasi lainnya, selain itu E-learning memiliki ciri-ciri antara lain: 1) Memiliki konten yang searah dengan tujuan materi pembelajaran, 2) Menggunakan metode instruksional, 3) Menggunakan berbagai media untuk menyampaikan materi, 4) Memusatkan pembelajaran langsung pada guru atau didesain untuk pembelajaran mandiri, 5) Membangun pemahaman dan keterampilan yang terkait dengan tujuan pembelajaran. E- learning sering pula disebut pembelajaran online.

Online learning adalah proses belajar mengajar yang memanfaatkan internet dan media digital dalam penyampaian materinya, Metode online learning dianggap lebih dekat dengan generasi saat ini yang dikenal sangat menyatu dengan produk-produk teknologi, hal ini merupakan salah satu bentuk digitalisasi dalam dunia pendidikan yang memiliki banyak manfaat.

Dalam kondisi sekarang ini yang sarat dengan pembatasan jarak, pendidikan E- learning hadir sebagai salah satu sarana dalam penyelamat pendidikan pada masa pandemi Covid-19 yang terjadi pada tahun ini.

Kegiatan belajar mengajar disekolah diberhentikan beberapa waktu untuk mengurangi penularan Covid-19. Dampak Covid sangat besar di rasakan oleh manusia di seluruh dunia termasuk Indonesia, hal ini memaksa para guru dan muridnya untuk menggunakan sarana E- Learning sebagai pembelajaran.

Baca Juga :  Bulan Depan, Aurel Hermansyah Diprediksi Lahiran. Netizen Guyur Aurel Dengan Doa

Pada awalnya mungkin guru dan murid harus beradaptasi dalam penggunaan media digital yang baru dalam dunia pendidikan, tetapi jika dilihat dari sisi lain E- learning menjadi penyelamat dalam pembelajaran tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Dalam pelaksanaan pembelajarannya guru hanya perlu meng-upload materi pembelajaran pada situs e-learning, materi yang di-upload ini dapat membentuk file maupun video.

Apabila murid ada yang belum paham dapat bertanya melalui forum diskusi, di forum diskusi murid dapat saling bertanya dan saling menjawab. Jika masih belum dapat memahami materi yang disampaikan murid dapat menyarankan diadakannya pertemuan secara virtual, pertemuan ini dapat mengunakan bantuan dari aplikasi komunikasi seperti Zoom, Google Meet, WhatsApp, dan lain-lainnya.

Penggunaan Media Video Kartun
Dalam rangka mengatasi permasalahan pada audio visual yang dapat di atasi pada kelangkaan materi pendidikan dan materi yang telah diubah menjadi lebih flexibel adalah penggunaan video kartun. Salah satu manfaat dari film kartun juga dapat di jadikan sebagai pelengkap dan sarana pembelajaran karena melalui film kartun dapat memberikan pembelajaran dengan lebih menarik dan menyenangkan.

Manfaat menggunakan media kartun sebagai sarana pemberian materi yang lebih mudah dipahami dan perhatian anak akan lebih terarah sehingga memberikan motivasi kepada anak saat menonton video yang lebih menarik. Selain itu juga dapat menambah kosakata untuk meningkatkan perkembangan anak, menambah pengetahuan, anak dapat berimajinasi melalui video kartun, dan anak akan terhibur.

Misal kita ambil contoh pada film Masha and The Bear, film ini merupakan animasi yang berasal dari Rusia yang menceritakan kehidupan sehari-hari dari 2 karakter yaitu Masha seorang gadis kecil yang hiperaktif dan beruang yang menyukai ketenangan dan memiliki keterampilan. Film ini mengandung pesan moral yang bagus untuk anak-anak yaitu mengajarkan anak untuk menyayangi sesama dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi.

Baca Juga :  Bulan Depan, Aurel Hermansyah Diprediksi Lahiran. Netizen Guyur Aurel Dengan Doa

Ketika seluruh dunia di landa wabah covid semua aktivitas manusia kini menjadi lebih terbatas, sehingga semua aktivitas harus dilakukan secara online baik itu berbelanja, bekerja dan bersekolah, yang dimana pembelajaran via digital ini terkadang jaringan nya yang kurang stabil untuk di aksesnya apalagi tidak semua orang memiliki perangkat yang dapat tersambung dengan internet. Tetapi siswa bisa berkomunikasi dengan guru bila jaringan nya kurang stabil namun pembelajaran dikelas dibatasi saja karena adanya covid-19.

Oleh Karena itu, situasi apapun yang terjadi bukan menjadi suatu halangan untuk terus melakukan yang langkah-langkah terbaik terutama dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa melalui kegiatan pembelajaran dan proses belajar mengajar. Kemajuan teknologi sekarang telah kita rasakan manfaatnya bersama dengan berbagai kemudahan yang kita dapat dari media digital seperti youtube, E-learning dan media video kartun.

Di dalam proses belajar mengajar disekolah ini harus didukung dengan menggunakan media pembelajaran yang dimana siswa cenderung lebih aktif dan tidak mudah bosan atau monoton agar materi yang pelajaran bisa diterima oleh siswa. Pembelajaran melalui media harus lebih sering dilakukan karena dapat mempermudah untuk memahami materi yang ingin disampaikan dan dapat menumbuhkan minat serta motivasi belajar siswa. (Cep/red)

Share :

Baca Juga

Entertainment

Pamit dari Sinetron Ikatan Cinta, Unggahan Deva Mahenra Bikin Netizen Baper

Gaya Hidup

Sering Disalahkan Artikan, Ini Perbedaan Subsidi Dengan Kompensasi

Entertainment

Kak Seto Lindungi Anak Ferdy Sambo, Ini Sindiran Deddy Corbuzier

Gaya Hidup

6 Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Buka Puasa, Yang Terakhir Semua Suka

Entertainment

Rayyanza Muncul di Instagram Manchester United, Netizen Heboh

Entertainment

Artis Ikatan Cinta Terlibat Cinlok. Mau Nikah Ditanggal Cantik?

Gaya Hidup

Jangan Terlalu Serius, Ternyata Berdampak Pada Kesehatan

Kuliner

Punya Nama Seram, Inilah Asal Usul Nasi Jagal Kuliner Legendaris dari Tangerang