Eks Mall Tertua di Cilegon Menghawatirkan, Lantai Dasar Tergenang Air Bak Comberan - MEGATRUST

Home / Daerah

Jumat, 6 Agustus 2021 - 15:21 WIB

Eks Mall Tertua di Cilegon Menghawatirkan, Lantai Dasar Tergenang Air Bak Comberan

Megatrust.co.id, CILEGON – Matahari lama Cilegon, selalu menjadi patokan orang saat berkendara atau menumpang angkutan umum. Pasalnya, di jalan protokol Sultan Ageng Tirtayasa itu terdapat eks Mall tertua di Cilegon, saat ini kondisinya sangat mengkhawatirkan, bahkan lantai dasar tergenang air bak comberan.

Bagaimana tidak menghawatirkan, gedung milik Pemerintah Kota atau Pemkot Cilegon itu tidak terurus lagi. Sehingga air menggenang di lantai dasar bak comberan. Sejumlah orang yang berada disitu juga mengeluhkan bau menyengat dari lokasi tersebut.

Foto : Kondisi gedung eks matahari lama Cilegon tampak depan

Berdasarkan informasi yang dihimpun Megatrust.co.id, kondisi lantai dasar tepat dari depan gedung terendam air setinggi lutut orang dewasa. Selain itu, air yang menggenangi gedung tersebut berwarna hitam pekat, bak air comberan.

Baca Juga :  Pemkot Cilegon Sebut Selama 22 Tahun Tidak ada Penambahan Palang Pintu Kereta Api.

Dari sisi gedung sebelah kiri lantai dasar, kondisinya juga terendam air. Sebuah sofa tampak mengambang di lantai dasar sebelah kiri Gedung Eks Matahari Lama Cilegon

Salah satu juru parkir, Uroi mengatakan, kondisi gedung lantai dasar terendam air sudah lama terjadi sejak gedung tidak difungsikan lagi.

“Itu sudah lama. Sudah terjadi sejak gedung ini kosong,” ujarnya di lokasi, Jumat (6/8/2021).

Air, kata dia, awalnya hanya tergenang sedikit. Namun lambat laun ketinggiannya makin naik. Sehingga terlihat banjir kurang lebih setinggi lutut orang dewasa.

“Awalnya sedikit-sedikit, makin lama makin naik dan sampai sekarang seperti itu,” ungkapnya.

Baca Juga :  Warga Banten Diminta untuk Karantina Jika Pulang Dari Luar Negeri.

Gedung yang terletak di jalan protokol tepatnya di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa itu, sempat dikenal masyarakat sebagai mall terbesar di Banten pada tahun 1990.

“Seingat saya, gedung ini terkenal di zamannya, tahun 90-an. Mal pertama di Cilegon,” terangnya.

Sementara, Kepala Bidang Aset BPKAD Kota Cilegon Raden Firman saat dikonfirmasi mengatakan, saluran air di Gedung Eks Matahari Lama sudah tidak berfungsi baik lagi karena tertutup, oleh karenanya lantai dasar tergenang air.

“Salurannya sudah tertutup, makanya tergenang,” ujarnya.

Gedung Eks Matahari Lama Kota Cilegon dari tampak depan. Ia mengaku, BPKAD pada tahun 2020 lalu sempat meminta agar DPUTR bisa membantu pemeliharaan dengan penyedotan air di lantai dasar. Itu dilakukan agar kelayakan konstruksi lantai dasar bisa terjaga. Namun kala itu, lelang dinyatakan gagal.

Baca Juga :  Anak-anak Usia 6-11 Tahun Disasar PMI Kota Tangerang Untuk Divaksin

“Kalau kita kan tidak bisa melakukan pemeliharaan aset. Saat itu, Pak Maman waktu masih menjabat kepala BPKAD mengajukan pemeliharaan ke DPUTR. Supaya air di bawah disedot, konstruksinya bisa kuat. Tetapi saat pekerjaan dilelang, lelangnya gagal,” terangnya.

Diungkapkan Firman, gedung tersebut sudah berdiri lebih dari 30 tahun. Dalam pencatatan aset oleh pihaknya, umur ekonomis gedung tersebut terhitung nol tahun.

Saat ini, kata Firman, gedung itu dari sisi perhitungan usia sudah habis umur ekonomisnya. Jika tidak ditangani dan dibiarkan akan sangat membahayakan.

“Dari pencatatan aset, penyusutannya sudah habis, sudah nol. Kita khawatir kalau tidak diperhatikan akan membahayakan,” pungkasnya. (Amul/red)

Share :

Baca Juga

Daerah

Pembukaan TMMD Ke-116 Wali Kota Cilegon Apresiasi TNI Dalam Program Pembangunan Infrastruktur

Daerah

Fortrah Kota Cilegon Minta Kebijakan Afirmasi Kepada Pemerintah Pusat

Daerah

Lapor Pajak! Pelaku UMKM Akan Dibebaskan Pajak. Wakil Wali Kota Cilegon : ‘Ini Harus Ditularkan’

Daerah Inovasi

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian Ajak Puluhan Wali Kota ke Industri dan Tempat Pengelolaan Sampah

Daerah

BMKG Keluarkan Peringatan Waspada Cuaca Esktrem Akhir Januari Sampai 5 Februari di Wilayah Banten

Daerah

Wakil Bupati Tangerang Mad Romli Pimpin Jajaran Eksekutif Rapat Pembahasan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Tangerang Tahun Anggaran 2020

Daerah

PPDB di Banten Pj Gubernur Banten Minta Orangtua Siswa Pahami Juknis Pendaftaran

Daerah

Komisi IV DPRD Minta Dinas PUPR Kota Cilegon Prioritaskan Perbaikan JLS