Ini Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriyah Beserta Artinya - MEGATRUST

Home / Nasional

Senin, 9 Agustus 2021 - 10:30 WIB

Ini Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriyah Beserta Artinya

MEGATRUST.CO.ID – Hanya hitungan jam, umat Islam akan menyambut datangnya tahun baru Islam tepatnya, pada Selasa (10/8/2021). Tentunya, para umat Islam memiliki doa di akhir dan doa di awal tahun.

Doa-doa akhir tahun dan awal tahun mempunyai waktu tersendiri untuk dibacakan. Doa akhir tahun dibacakan sebelum memasuki tahun baru Islam dan doa awal tahun dibaca setelah salat magrib memasuki tanggal 1 Muharam

Megatrust.co id, sedikit banyak merangkum doa yang dipanjatkan oleh Nabi Muhammad SAW saat tahun baru Islam beserta artinya.

seperti dikutip dalam Kitab Maslakul Akhyar karya Habib Sayyid Utsman bin Yahya.

Foto : salah seorang berdoa di hadapan al quran (Ist)

Doa Akhir Tahun

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim, Wa shallallaahu ‘ala sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma maa ‘amiltu fi haadzihis-sanati mimmaa nahaitani ‘anhu falam atub minhu wa lam tardhahu wa lam tansahu wa halamta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa uquubati wa da’autani ilattaubati minhu ba’da jur’ati alaa ma’siyatika fa inni astaghfiruka fagfirlii wa maa ‘amiltu fiihaa mimma tardhaahu wa wa’adtani ‘alaihits-tsawaaba fas’alukallahumma yaa kariimu yaa dzal-jalaali wal ikram an tataqabbalahuu minni wa laa taqtha’ rajaai minka yaa karim, wa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa ‘aalihii wa sahbihii wa sallam

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan dan nabi kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.

Ya Allah, apa yang saya lakukan pada tahun ini tentang sesuatu yang Engkau larang aku melakukannya, kemudian belum bertaubat, padahal Engkau tidak meridhoi, tidak melupakannya dan Engkau bersikap lembut kepadaku setelah Engkau berkuasa menyiksaku dan Engkau seru aku untuk bertaubat setelah aku melakukan kedurhakaan kepada-MU, maka sungguh aku mohon ampun kepada-MU, ampunilah aku!

Dan apapun yang telah aku lakukan dari sesuatu yang Engkau ridhoi dan Engkau janjikan pahala kepadaku, maka aku mohon kepada-MU ya Allah, Dzat Yang Maha Pemurah, Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, terimalah persembahan ku dan janganlah Engkau putus harapanku dari MU, wahai Dzat Yang Maha Pemurah! Semoga Alloh tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.”

Foto : Salah seorang sedang berdoa di hadapan al quran (Ist)

Doa Awal Tahun

Allahumma antal abadiyyul qadimul awwal. Wa ‘ala fadhlikal ‘azhimi wa karimi judikal mu‘awwal. Hadza ‘amun jadidun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithani wa auliya’ih, wal ‘auna ‘ala hadzihin nafsil ammarati bis su’I, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram.

Artinya: “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

Demikian doa akhir dan awal tahun baru Islam beserta artinya yang bisa kita amalkan menyambut tahun baru dalam kalender Hijriyah. Semoga bermanfaat. ***

Share :

Baca Juga

Nasional

MUI Keluarkan Fatwa : Beli Produk Pendukung Israel Haram

Nasional

Daftar Calon Ketum PSSI hingga Komite Eksekutif Sudah Ditetapkan. Berikut Nama-Namanya

Nasional

BPS Ungkap 9,9 Juta Gen Z di Indonesia Jadi Pengangguran

Nasional

Kabar Gembira, BPJS Kesehatan Kini Bisa Digunakan untuk Layanan KB Gratis

Nasional

Usai Pertemuan Dengan Gianni Infantino, Erick Thohir Pastikan Indonesia Tidak Di Banned FIFA

Nasional

Sepekan Terakhir, 4 Insiden Terjadi di Pelabuhan Merak Akibat Dihantam Cuaca Buruk

Nasional

BMKG Imbau 3 Fenomena Cuaca yang Harus Diwaspadai saat Mudik Lebaran 2024

Nasional

Pj Gubernur DKI Jakarta Terjun Langsung ke Kebakaran Kubah Masjid, Begini Penjelasannya