Diduga Limbah Dover Cemari Lingkungan, Ratusan Ikan Milik Warga Mati Mendadak - MEGATRUST

Home / Peristiwa

Selasa, 10 Agustus 2021 - 06:31 WIB

Diduga Limbah Dover Cemari Lingkungan, Ratusan Ikan Milik Warga Mati Mendadak

Megatrust.co.id, CILEGON – Diduga limbah milik PT Dover Chemical Cemari lingkungan, ratusan ikan milik warga mati mendadak, karena keracunan bahan kimia. Peristiwa itu terjadi di Lingkungan Kalibaru, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kita Cilegon.

Ribuan ikan di empang milik warga mati misterius bukan kali pertama, akan tetapi berulang kali. Dugaan kuat, bahwa empang milik warga menerima resapan dari limbah PT Dover Chemical.

Foto : Ratusan ikan milik warga yang dibudidaya di Empang mati mendadak

Diungkapkan Ketua RT 01 Lingkungan Kalibaru, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Afa Asuhan, kejadian serupa bukan kali pertama di wilayahnya, melainkan sudah berulang kali.

Baca Juga :  Gila! Operasi Semalam Maling Gondol Tujuh Handphone dari Tiga Rumah berbeda di Pandeglang

Afa menduga, ada rembesan air yang masuk ke Empang milik warga, pasalnya tembok PT Dover Chemical plan B langsung bersinggungan dengan warga.

“Jadi kejadian matinya ikan ini sudah terjadi sejak 2019 lalu. Pada Juli lalu terjadi lagi. Dan puncak kejadian ini terjadi pada Jumat (6/8/2021) kemarin sore. Dan baru bisa ditindaklanjuti dan diidentifikasi pada hari ini oleh pihak Polsek Merak dan Dinas Lingkungan Hidup Cilegon mengecek ke lokasi,” kata Afa.

Afa menjelaskan dugaannya, jika dari lokasi empang milik warga yang bersebelahan dengan plant B milik PT Dover. Di dalam lokasi tersebut, juga digunakan untuk pencucian mobil truk dan tempat parkir mobil milik perusahaan.

Baca Juga :  Gila! Operasi Semalam Maling Gondol Tujuh Handphone dari Tiga Rumah berbeda di Pandeglang

“Jadi, setiap mobil truk itu di cuci dan berbarengan juga hujan selalu merembes ke empang milik warga. Warga pun mengkhawatirkan, jika kondisi ini tidak juga mendapat tindak lanjut dari pemerintah maupun PT Dover justru akan menimbulkan keresahan dan kekhawatiran warga untuk melangsungkan kehidupan mereka,” ucapnya.

“Sebab, para warga kami ini kan menggunakan air PAM bukan air dari PDAM. Takutnya jika dikonsumsi akan bahaya. Jadi, kami pun minta agar pihak Dover maupun pemerintah bisa membantu warga Kalibaru atas kondisi ini,” imbuhnya.

Baca Juga :  Gila! Operasi Semalam Maling Gondol Tujuh Handphone dari Tiga Rumah berbeda di Pandeglang

Menanggapi hal ini, Humas PT Dover Chemical, Rahmatullah membantah, ratusan ikan mati karena air limbah atau rembesan dari PT Dover Chemical. Menurut Rahmatullah air di sekitaran Lingkungan Kalibaru, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol tidak higienis dan tidak sehat untuk dijadikan lokasi usaha peternakan ikan.

“Kita harus lebih melihat lagi kondisi air di sini. Mengingat, kondisi air tidak higienis dan tidak sehat digunakan untuk pemeliharaan ikan sebab air yang ada di sini suplai ya dari tadah hujan dan limbah domestik dari warga sekitar. Mulai dari limbah sabun, diterjen yang terus menerus sehingga menimbulkan ekosistem ikan mati,” ujarnya. (Amul/red)

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Gelombang Tinggi, Pelabuhan Merak Sempat Macet Selama 4 Jam Lebih, Ditlantas Polda Banten Pastikan Sudah Terurai

Hukrim

Selembaran Pemilihan Miss Waria Banten 2021-2022 Viral di Media Sosial. Ini Kata Polisi.

Daerah

Perbaikan Jembatan Ciberko Tidak Terealisasi, Anggota DPRD dan Ormas Oncog DPUTR Kota Cilegon

Hukrim

Kejari Ungkap Kasus Korupsi di Pemkot Cilegon, Kasus Dinaikan ke Level Penyidikan

Pemerintahan

Pemkot Cilegon Belum Realisasi Penggunaan Mobil Dinas Listrik

Hukrim

Pimpinan BUMN di Cilegon Akan Segera Duduk di Kursi Pesakitan

Peristiwa

Pondok Pesantren di Tuntung Teja Hangus Terbakar. Ini Penyebabnya.

Hukrim

Bejat! Ayah Di Kabupaten Serang Hamili Anak Kandung Hingga Melahirkan, Begini Respon Komnas Anak