Enam WNA Penghuni Lapas Klas IIA Cilegon di Vaksin. Kalapas: 'WNA juga Tanggung Jawab Kita' - MEGATRUST

Home / Daerah

Rabu, 25 Agustus 2021 - 12:41 WIB

Enam WNA Penghuni Lapas Klas IIA Cilegon di Vaksin. Kalapas: ‘WNA juga Tanggung Jawab Kita’

Foto : Salah seorang warga binaan sedang di suntik vaksin oleh petugas kesehatan dan di dampingi oleh petugas Lapas Klas IIA Cilegon, Rabu (24/8/2021)
Amul/megatrus.co.id

Foto : Salah seorang warga binaan sedang di suntik vaksin oleh petugas kesehatan dan di dampingi oleh petugas Lapas Klas IIA Cilegon, Rabu (24/8/2021) Amul/megatrus.co.id

Megatrust.co.id, CILEGON – Sebanyak 6 WNA atau Warga Negara Asing penghuni Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Klas IIA Cilegon di vaksin tahap I. Kalapas : ‘WNA Juga Tanggung Jawab Kita’.

Tidak hanya 6 WNA penghuni Lapas Klas IIA Cilegon yang di vaksin, ribuan penghuni atau warga binaan Lapas Klas IIA Cilegon juga turut di vaksin. Hal itu dilakukan Lapas Klas IIA Cilegon untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan Lapas.

Diketahui, jumlah warga binaan di Lapas Klas IIA Cilegon sebanyak 1.643 orang warga binaan, diantaranya 6 orang WNA asal Nigeria yang juga turut di vaksin, 7 orang warga binaan Tipikor dan 4 orang warga binaan Tipiter juga turut serta di vaksin.

Foto : Beberapa warga binaan menunggu giliran vaksinasi di Lapas Klas IIA Cilegon. Amul/megatrust.co.id

Hal itu diungkapkan Kalapas Klas IIA Cilegon Erry Taruna DS, Warga binaan yang ada di dalam Lapas Klas IIA Cilegon merupakan tanggung jawab pihaknya, begitupun dengan warga binaan WNA.

Baca Juga :  Presiden Instruksikan Vaksin Booster, Wali Kota Tangsel Beranikan Diri Pertama Divaksin

“Walaupun warga asing tapi dia (WNA) tetap menjadi tanggung jawab kami, disitulah kehadiran negara siapapun yang ada disini, kita lakukan proses yang sama, seperti warga kita,” kata dia.

Dikatakan dia, warga asing itu berasal dari Nigeria yang merupakan titipan dari lapas Tangerang, dengan kasus narkotika,

“Semua WNA yang ada disini (Lapas Klas IIA Cilegon) merupakan warga pindahan yang dulu kemarin mereka ditempatkan,” ujarnya.

Dijelaskan Erry, pihaknya menggelar vaksinasi kepada warg binaan merupakan tindak lanjut dari instruksi pemerintah yang mewajibkan seluruh warga negara harus di vaksin. Pihaknya juga mengajukan vaksinasi sebanyak 1.700 vaksin.

Baca Juga :  Puluhan Waralaba di Kota Cilegon Terancam Ditutup. Kenapa Ya?

“Kami upayakan seluruhnya sebanyak 1.634 warga binaan, tapi nanti itu tergantung kondisi kesehatan napi sendiri. Dan kita juga upayakan selesai hari ini,” terangnya.

Pantauan Megatrust.co.id, di Lapas Kelas IIA Cilegon, Rabu (26/8/2021) pagi, ribuan penghuni Lapas Kelas IIA Cilegon secara bergilir menjalani vaksinasi. Mulai dari pengisian formulir, skrining, kemudian penyuntikan.

Setelah dilakukan penyuntikan dilakukan pengisian data ke aplikasi serta penyerahan bukti surat vaksinasi. Terakhir, penghuni Lapas yang telah disuntik vaksin dilakukan observasi.

Erry menjelaskan, enam penghuni Lapas Kelas IIA Cilegon yang berstatus WNA juga turut melakukan vaksinasi Covid-19. Bahkan, pihaknya juga menerima sekitar 15 sampai 20 warga Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber, atau warga sekitar Lapas Kelas IIA Cilegon yang ikut vaksinasi covid-19.

Baca Juga :  Anak-anak Usia 6-11 Tahun Disasar PMI Kota Tangerang Untuk Divaksin

“Mudah-mudahan setelah vaksinasi Covid-19 imunitas warga binaan Lapas Cilegon meningkat,” harapnya.

Erry menjelaskan, jumlah WBP yang pernah terkena covid-19 di Lapas Kelas IIA Cilegon ada tujuh orang. Namun, semuanya sudah sembuh.

“Saat ini, sudah tidak ada yang positif Covid-19 di Lapas Kelas IIA Cilegon,” ucapnya.

Erry menambahkan, saat ini bagi penghuni Lapas Kelas IIA Cilegon yang baru datang, disediakan ruang isolasi di blok khusus dan dilakukan rapid tes antigen terlebih dahulu. Hal itu, untuk mencegah penularan Covid-19.

“Jadi, ketika masuk kamar tahanan, sudah tidak menularkan ke WBP yang lain,” tambahnya. (Amul/red)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kawasan Religi Banten Lama Dihantam Banjir Hebat, Ratusan Jiwa Mengungsi

Daerah

Tips Mengajarkan Puasa Bagi Anak Usia Dini Menurut Ketua Komnas Anak Kabupaten Serang

Daerah

Beasiswa Full Sarjana di Cilegon Belum Tersalurkan Maksimal

Daerah

Pemkot Cilegon dan DPRD Ditagih Krakatau Steel, Bak Nagih Kredit Macet

Daerah

Makan Daun Sambiloto. Wakil Wali Kota Sanuji Pentamarta : ‘Inilah pahit kehidupan, pahitnya enggak hoax’

Daerah

Prakiraan Cuaca Menurut BMKG Kamis 02 September untuk Wilayah Cilegon dan Serang

Daerah

Peringati May Day, Wali Kota Tangerang Titip ini ke Pengusaha

Daerah

Wali Kota Resmikan Penambahan 4 Koridor Operasional Angkutan Kota Si Benteng