Hari Ini, Cilegon Berlakukan Pembelajaran Tatap Muka, Begini Sistemnya? - MEGATRUST

Home / Daerah

Senin, 30 Agustus 2021 - 12:19 WIB

Hari Ini, Cilegon Berlakukan Pembelajaran Tatap Muka, Begini Sistemnya?

Foto : Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Cilegon Ismatulloh, (AMUL/MEGATRUST.CO.ID)

Foto : Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Cilegon Ismatulloh, (AMUL/MEGATRUST.CO.ID)

MEGATRUST.CO.ID, CILEGON – Hari ini, Senin 30 Agustus 2021. Resmi Kota Cilegon berlakukan Pembelajaran tatap muka. Sistem yang diterapkan di sekolah, menjadi kebijakan masing-masing sekolah.

Mesti pandemi Covid-19 masih berlangsung, Kota Cilegon sudah menggelar pembelajaran tatap muka dengan protokol kesehatan ketat, bahkan sekolah memiliki kebijakan untuk memberlakukan sistem ganjil genap atau sistem shif.

Foto : Wali Kota Cilegon Helldy Agustian sedang berdialog dengan salah satu siswa di SDN Ciwaduk, Senin (30/8/2021). (Amul/megatrust.co.id)

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Cilegon Ismatullah, pembelajaran tatap muka di Kota Cilegon merupakan pembelajaran tatap muka yang masih dalam tahap uji coba. Mengingat pandemi belum berakhir.

Baca Juga :  Animo Lansia Ikut Vaksinasi Booster Sangat Besar

“Kita lakukan uji coba selama satu Minggu dulu. Setiap hari Kamis kita akan evaluasi mana yang kurang kita akan tambahkan. Sehingga proses belajar tatap muka ini bisa berjalan dengan baik,” katanya kepada awak media di Cilegon.

Dijelaskan dia, jumlah SDN yang melakukan tatap muka di Kota Cilegon sebanyak 180, SMP 43, PAUD 157, dan TK 114, dengan total murid seluruhnya ada 80 ribu lebih.

“Total yang tatap muka SMP sebanyak 43 sekolah, ada SD sebanyak 180, PAUD ada 157, dan TK 114, total murid seluruhnya ada 80 ribu lebih,” ujarnya.

Ismatullah membeberkan, sistem yang diberlakukan untuk pembelajaran tatap muka, ini diberlakukan sistem ganjil genap sesuai dengan tanggal.

Baca Juga :  Sekda Pimpin Rapat Persiapan MTQ Ke-52 Kabupaten Tangerang

“Pelaksanaannya diberlakukan secara shif, dan waktunya hanya 1-2 jam setiap harinya, ada juga yang menggunakan ganjil genap sistemnya pembelajarannya,” katanya.

“Semua dilakukan tatap muka cuma memang ada beberapa kebijakan dari kepala sekolah, jika tanggalnya ganjil yang masuk 1, 3, dan 5, untuk SD sementara SMP 1, dan 3. Kalau tanggalnya genap 2, 4 dan 6 untuk SD, sementara SMP kelas 2 saja,” imbuhnya.

Sementara, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menambahkan, terkait guru dan siswa yang belum di vaksin menghadapi pembelajaran tatap muka ini. Dirinya sudah mengintruksikan kepada Plt Dinas Kesehatan untuk memaksimalkan vaksinasi.

“Guru dan siswa yang belum divaksin dan siswa yang belum divaksin. Rata-rata guru sudah mulai di vaksin tinggal siswanya yang kita akan maksimalkan buat di vaksin. Saya sudah minta tolong kepada Plt Dinas Kesehatan supaya di vaksin di lokasi masing-masing,” kata Helldy.

Baca Juga :  Tak Tanggung Mendoakan Anak yang Sunatan Masal. Sanuji Sebut Semoga Ada yang Jadi Presiden

Diungkapkan Helldy, pembelajaran tatap muka di Kota Cilegon merupakan uji coba pembelajaran awal selama pandemi Covid-19 berlangsung. Pihaknya akan melakukan evaluasi bila uji coba pembelajaran tatap muka itu terganggu.

“Jika ada salah satu sekolah saat uji coba tatap muka ini ada yang terkonfirmasi positif, itu akan dilakukan lockdown lokal, atau sekolah itu aja, kalau semuanya gak mungkin. Rata-rata kalau anak yang terpapar Covid-19 itu sangat sedikit,” kata Helldy. (Amul/red)

Share :

Baca Juga

Daerah

Siswa MI Darul Hikmah Antusias Ikuti Sosialisasi Kesehatan Bersama PMI Kota Tangerang

Daerah

Terkait Informasi BMKG Potensi Bencana di Kota Cilegon. Wali Kota Cilegon Helldy Agustian langsung Instruksikan Jajaran

Daerah

Pendopo Bupati Serang Dikepung Buruh, Ini yang Diminta

Daerah

15 Calon Pengantin di Kota Cilegon Diberi Wejangan : 1.000 Hari Harus Dijaga

Daerah

Miris! Kasus Pelecehan Seksual Terhadap Anak di Cilegon Marak

Daerah

Tak Biasa, 4 Orang Bersahabat ini Kembangkan Rampak Bedug Seni Pertunjukan Khas Pandeglang

Daerah

Perbaikan Jembatan Ciberko Tidak Terealisasi, Anggota DPRD dan Ormas Oncog DPUTR Kota Cilegon

Daerah

Jadwal Operasi Keselamatan 2024 di Cilegon dan Daftar Pelanggaran yang Diawasi Berikut dengan Titik Operasi