Wakil Wali Kota Cilegon Panen Padi Varietas Baru di Cibeber - MEGATRUST

Home / Daerah

Rabu, 8 September 2021 - 16:15 WIB

Wakil Wali Kota Cilegon Panen Padi Varietas Baru di Cibeber

Foto : Sanuji pentamarta memegang padi di tengah sawah saat panen raya di Lingkungan Kadipaten, Keluaran Kedaleman, Kecamatan Cibeber, Rabu (8/9/2021).  Amul/megatrust.co.id

Foto : Sanuji pentamarta memegang padi di tengah sawah saat panen raya di Lingkungan Kadipaten, Keluaran Kedaleman, Kecamatan Cibeber, Rabu (8/9/2021). Amul/megatrust.co.id

MEGATRUST.CO.ID, CILEGONWakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta panen padi varietas baru dengan jenis Inpari 32, dan Inpari 43, di Lingkungan Kadipaten, Kelurahan Kedaleman, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Rabu (8/9/2021).

Turut hadir dalam panen raya bersama Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian atau BPTP Banten.

Informasi yang berhasil dihimpun megatrust.co.id, varietas padi terbaru ini bernama Inpari 32, dan Inpari 43 yang memiliki nutrisi zink atau zat besi lebih tinggi dibandingkan dengan padi pada umumnya.

Padi yang dipanen oleh Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta ini diklaim bisa mengurangi stunting pada balita atau bayi dibawah lima tahun, atau tinggi badan pada anak seusianya.

Baca Juga :  Musibah Tidak Ada yang Tahu! Tetangga Ceritakan Rumah Almarhum Dipasang Teralis

“Hari ini panen padi jenis baru, varietas baru. Varietas ini mengandung nutrisi zink yang tinggi, cocok untuk menghadapi stunting pada anak,” kata Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta usai memanen padi.

Kata dia, jenis padi ini perlu dikembangkan di Kota Cilegon, pasalnya untuk membantu anak mengalami stunting atau gejala tinggi badan.

“Harus dikembangkan, dan harus di produksi banyak sehingga warga Cilegon bisa menikmati beras varian baru,” ujarnya.

Kata politisi partai PKS Itu, meski saat ini lahan pertanian di Kota Cilegon sudah banyak digunakan oleh industri, dan perumahan. Tapi hal itu merupakan tantangan baginya, untuk meningkatkan pertanian dengan kualitas terbaik di Kota Cilegon.

Baca Juga :  Anak Semata Wayang Korban Kecelakaan Balikpapan Baru Masuk Kuliah, Helldy Agustian Upayakan Beasiswa Full Sarjana

“Walaupun kami punya tantangan lahan kita berkurang, karena tantangan industri, perumahan dan lainnya. Saat ini total lahan pertanian ada 1.600 hektar,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas BKPP Kota Cilegon Eva Sarifah mengatakan, padi dengan varietas baru berjenis Inpari 42 dan Inpari 32.

“Dia ada nutrisi yang ditambahkan yaitu zink fungsinya untuk menghindari bayi-bayi yang ada di Kota Cilegon terkena Stunting,” katanya.

Kata dia, bantuan benih padi varietas baru itu diberikan oleh BPTP Banten untuk pertanian padi di Kota Cilegon.

Baca Juga :  Isak Tangis Selimuti Rumah Duka Korban Kecelakaan Balikpapan. Kapolres : Kami Berikan Pelayanan

“Jadi disini kepala BPTP nya memberikan bantuan untuk 4 hektar lahan, 2 hektar di Kecamatan Cibeber dan 2 hektar di kecamatan Jombang,” ujarnya.

Dijelaskan oleh, Kepala BPTP Banten Ismatul Hidayah,
demplot yang ada di Kota Cilegon yaitu untuk di Cigiceh, Kecamatan Jombang ada Inpari nutri zinc dan ada Inpari 43, dan Inpari 32.

“Inpari 43 itu sudah di panen kemarin dipanen hampir 9 ton, kemudian yang Inpari 32 kemarin dipanen sekitar 7,9 ton, yang Inpari nutri zinc 7,4 ton,” terangnya.

“Terjadi peningkatan dari yang sebelumnya dan sekarang. Sebelumnya itu panen berkisar antara 4-5 ton,” imbuhnya. (Amul/red)

Share :

Baca Juga

Daerah

Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon Selidiki Kematian Ribuan Ikan di Situ Rawa Arum, Begini Katanya…

Daerah

PMI Kabupaten Serang Pastikan Stok Obat Aman Selama Arus Wisata, Belum Ada Insiden

Daerah

Diguyur Hujan Deras, Dua Titik di Kota Cilegon Longsor

Daerah

Satu Orang di Kota Cilegon Dikabarkan Gizi Buruk, Begini Respon Wali Kota Helldy

Daerah

Kejari dan DPRD Cilegon Teken Pakta Integritas. ‘Tidak Segan Menindak Jika ada KKN’

Daerah

Dinsos Cilegon Minta Satpol PP Razia Pengemis, Satpol PP : Kami Sedang Fokus pada PAM

Daerah

Kesulitan Air Akibat Kemarau Panjang, Seorang Warga Kabupaten Serang Gali Sumur ke Hutan

Daerah

Prakiraan Cuaca Lengkap Wilayah Kota Cilegon dan Kota Serang Jumat 4 Maret 2014