Muncul Kerajaan Baru di Pandeglang, Kerajaan Angling Darma. Simak Asal Usulnya. - MEGATRUST

Home / Daerah

Rabu, 22 September 2021 - 12:26 WIB

Muncul Kerajaan Baru di Pandeglang, Kerajaan Angling Darma. Simak Asal Usulnya.

FOTO : Beberapa orang jurnalistik tengah mengabadikan rumah Kerajaan Angling Darma di Pandeglang.  warga For megatrust.co.id

FOTO : Beberapa orang jurnalistik tengah mengabadikan rumah Kerajaan Angling Darma di Pandeglang. warga For megatrust.co.id

Megatrust.co.id, PANDEGLANG – Munculnya kerajaan baru di Pandeglang, yaitu kerajaan Angling Darma, membuat orang bertanya-tanya. simak asal-usulnya.

Lahirnya kerajaan Angling Darma di Kampung Salangsari, Desa Pandat, Kecamatan Mandalawangi, Pandeglang, Banten. Nama asli Rajanya Baginda Sultan Iskandar Jamaludin Firdaus.

Bagaimana bisa disebut Baginda? Aki Jamil yang merupakan ajudan Baginda Sultan Iskandar Jamaludin Firdaus menceritakan, nama Baginda muncul itu sudah dari sananya.

“Kalau disebut Baginda itu sudah dari sananya, itu bukan keinginan Baginda. Sosok seorang raja adil dan bijaksana yang mungkin muncul di muka bumi ini,” ujarnya.

Dijelaskan Jamil, sosok raja itu mempunyai hati yang adil dan bijaksana kepada rakyatnya. Dulu pernah ada raja bernama Angling Darma pemimpin yang adil dan bijaksana.

“Pada intinya Baginda itu, punya hati seorang raja adil dan bijaksana. Dulu pernah ada raja Angling Darma itu adil dan bijaksana se nusantara. Mungkin jatuhnya ke beliau,” katanya.

Disinggung soal simbol yang terpampang di depan rumah Baginda Sultan Iskandar Jamaludin Firdaus. Aki membeberkan, bahwa simbol tersebut merupakan arti dari Angling Darma.

“Simbol kerajaan Angling Darma, itu tidak hanya pada sosok raja saja. Melainkan diri kita juga harus seperti itu Anging mendarma dan membakti, mendarma kepada yang kuasa, dan Anging kepada yang diciptakannya,” katanya.

“Mungkin Baginda ada keturunan dari Sultan di Banten. Masyarakat juga memanggilnya Baginda, ada juga masyarkat yang sebagian faham dan ada juga yang sebagian belum faham,” tambahnya.

Dijelaskan dia, iya mengklaim Baginda Sultan Iskandar Jamaludin Firdaus sudah memiliki banyak bukti dan membantu warga sekitar.

“Sekarang itu karena sudah rame dan bukti nya sudah ada akhirnya masyarakat, oh iya Baginda. Berbicara Baginda berarti berbicaranya Singgasana,” pungkasnya (Amul/red)

Share :

Baca Juga

Daerah

Pelabuhan Cilegon Mandiri Akan Ekploitasi Bisnis Hingga ke Bagian Utara

Daerah

Prakiraan Cuaca Lengkap Wilayah Pelabuhan Merak Banten Ahad 6 Maret 2022

Daerah

Posting Tukang Sekuteng Kecelakaan di Jalan Rusak, Warga Cilegon Diduga Diitimidasi. Begini Kata Ketua DPRD.

Daerah

Sistem Buka Tutup di Cikuasa Atas Menuju Pelabuhan Merak, Begini Nasib Kendaraan Pribadi

Daerah

Pembukaan TMMD Ke-116 Wali Kota Cilegon Apresiasi TNI Dalam Program Pembangunan Infrastruktur

Daerah

Semarakan Ramadhan, Relawan Damkar Kota Cilegon Berbagi Takjil

Daerah

Dapat Intruksi Presiden, Pemkot Tangerang Minta Warga Disiplin Prokes

Daerah

Tepis Peredaran Gelap Narkoba di Kalangan Anak Muda, BNN Kota Cilegon Gandeng Pramuka