Erick Thohir Dorong Kerja Sama Transformasi Penelitian Kampus-BUMN - MEGATRUST

Home / Daerah

Jumat, 1 Oktober 2021 - 15:01 WIB

Erick Thohir Dorong Kerja Sama Transformasi Penelitian Kampus-BUMN

Megatrust.co.id, Serang – Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa keterampilan dan keahlian mahasiswa di universitas bisa dikolaborasikan dengan BUMN. Hal ini ia sampaikan saat menjadi pembicara di Dies Natalis ke-40 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta).

Erick mengatakan, BUMN saat ini sedang melakukan transformasi mulai dari sumber daya manusia hingga transformasi digital. Transformasi di lingkungan BUMN termasuk bagaimana kerja sama penelitian dan bisnis dengan universitas.

Baca Juga :  Animo Lansia Ikut Vaksinasi Booster Sangat Besar

“Transformasi BUMN tidak ada artinya kalau tidak ada transformasi human capital dan salah satunya bagaimana bisa kerja sama dengan universitas,” kata Erick di Untirta, Serang, Jumat (1/10/2021).

Dengan hadir di Untirta, ia ingin memastikan bahwa kerja sama penelitian dan bisnis ini bisa terwujud. Salah satunya adalah kerja sama Untirta dengan Angkasa Pura II dalam implementasi program Merdeka Belajar.

“Bagaimana Merdeka Belajar yang dikembangkan bapak Mendiknas, kita kerjasamakan dengan Angkasa Pura. Jadi mahasiswa yang di Untirta bisa ada program magang di BUMN,” ujarnya.

Baca Juga :  Resmikan RS Hermina, Helldy Minta Rekrut Tenaga Kerja Cilegon

Ke depan katanya BUMN bisa membangun training center untuk anak muda. Apalagi, BUMN belum lama ini membuat program #GirlsTakeOver 2021 untuk mewujudkan kesetaraan gender dan kepemimpinan perempuan.

“Saya rasa nanti kita kembangkan juga agar generasi muda jadi bagian dari training center di BUMN, memang generasinya ke sana,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Rektor Untirta Fatah Sulaiman menjelaskan kolaborasi dengan BUMN dan kampus dikembangkan untuk program magang. Mahasiswa bisa melakukan riset dan penguatan kapasitas dalam rangka kampus merdeka belajar. Salah satu yang digagas adalah kerja sama dengan Angkasa Pura II.

Baca Juga :  Sekda Pimpin Rapat Persiapan MTQ Ke-52 Kabupaten Tangerang

“Sudah ada MoU, kita kirim mahasiswa ke Angkasa Pura sesuai bidang yang kita miliki untuk fasilitasi magang. Saya kira banyak program untuk implementasi merdeka, merdeka belajar,” kata Fatah. (Cep/red)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kecamatan Jombang Tidak Dapat Bantuan RS-RTLH, Anggota DPRD Ajukan Ke Baznas

Daerah

Pemkot Tangerang Tetap Ikuti Aturan Level 2 Terkait Pelaksanaan Salat Tarawih

Daerah

Perundungan Siswa di Cilegon, Helldy Ancam Memutasi Kepala Sekolah

Daerah

Membludak, Hotel Yasmin Kelebihan Pasien Covid-19

Daerah

Jalan Ciwedus Mulai Diperbaiki Besok, Sistem Buka Tutup Bakal Diterapkan

Daerah

Marak Transaksi di Sekolah, Satgas Saber Pungli Peringatkan Kepsek di Cilegon

Daerah

Sepanjang 2021, Laka Lantas di Wilayah Hukum Polda Banten Meningkat

Daerah

Ratusan Emak-emak di Kota Cilegon Berbondong-Bondong Ikuti Pelatihan UMKM, Ini yang Didapat