Ngeri! Diguncang Gempa Bumi Megathrust M 8,7. Ini Yang Akan Terjadi di Cilegon - MEGATRUST

Home / Daerah / Nasional

Senin, 1 November 2021 - 14:15 WIB

Ngeri! Diguncang Gempa Bumi Megathrust M 8,7. Ini Yang Akan Terjadi di Cilegon

FOTO : Ilustrasi tsunami. Pixabay

FOTO : Ilustrasi tsunami. Pixabay

MEGATRUST.CO.ID – Ngeri! Jika Diguncang Gempa Bumi Megathrust Magnetudo 8,7. Ini yang akan terjadi di Kota Cilegon. Hal itu diungkapkan para ahli BMKG dalam zoom meeting Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Kawasan Industri Cilegon , Senin (1/11/2021).

Jika Diguncang Gempa Bumi Megathrust M 8,7 dan titik gempa berpusat di laut Selat Sunda, maka akan terjadi tsunami, sehingga wilayah Kota Cilegon akan tenggelam oleh air laut yang masuk ke darat.

Sub Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Suci Dewi Anugrah mengatakan, beberapa Kecamatan yang ada di Kota Cilegon akan tenggelam, seperti Kecamatan Ciwandan, Citangkil, Grogol, dan Pulomerak.

Di Kecamatan Ciwandan tinggi dan genangan air akibat terjadinya gempa dan tsunami, genangan air bisa mencapai kurang lebih 6 meter, jarak genangan air akibat itu kurang lebih sejauh 2 kilometer laut.

Baca Juga :  Perlu Tahu Nih.!! Ini Keunggulan Metode RT-LAMP Alat Untuk Deteksi Covid-19

“Dan industri yang akan terdampak, diantaranya PT Krakatau Semen Indonesia, Pelindo II, PT Asahi Chemical, dan PT Chandra Asri,” katanya.

Lanjut Suci, di Kecamatan Citangkil dan Grogol juga akan mengalami hal yang sama seperti di kecamatan Ciwandan air yang akan menggenangi 2 kecamatan tersebut setinggi kurang lebih 6 meter dan jaraknya kurang lebih 2 kilometer dari laut

Baca Juga :  Presiden Instruksikan Vaksin Booster, Wali Kota Tangsel Beranikan Diri Pertama Divaksin

“Perkiraan industri yang akan terdampak diantaranya, PT Bopak Indonesia, Dover Chemical, Pertamina Tanjung Gerem, TPI Tanjung Peni, Pelabuhan Cilegon Mandiri, PT Krakatau Daya Listrik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Suci juga menjelaskan prediksi akibat gempa yang ada di Kecamatan Pulomerak. Juga sama halnya dengan 3 kecamatan Lainnya. Akan mengalami genangan air laut setinggi 6 meter dan jarak 2 kilometer dari laut.

“Perkiraan industri yang akan terdampak diantaranya Pelabuhan penyeberangan Merak, PLTU Suralaya, Bakrie Bulk Terminal, PT Merak Bangun Samudera, Pertamina LPG,” katanya.

Baca Juga :  Puluhan Lansia di Kota Tangerang Disuntik Vaksin Booster. Kadinkes : 'Kita Baru Uji Coba'

“Semua yang dijabarkan itu merupakan perkiraan terburuk saat terjadi bencana gempa dan tsunami di Selat Sunda berdasarkan hasil riset oleh para ahli,” katanya.

Perlu diketahui, kenapa harus Cilegon? pasalnya, Cilegon merupakan daerah yang berdekatan dengan bibir Selat Sunda, yang berpotensi terjadi bencana gempa dan tsunami.

Tidak hanya itu, Cilegon juga merupakan pusat ekonomi strategis Indonesia. Karena banyak objek vital nasional dan industri kimia besar yang berlokasi di wilayah Kota Cilegon. (Amul/red)

Share :

Baca Juga

Nasional

Kereta Api Cepat Masuk Daftar Obyek Vital Nasional, Masyarakat Diminta Menjaga Fasilitas Cegah Vandalisme

Nasional

Status PPKM Level 1 Kabupaten Tangerang, Kapasitas Pengunjung GIIAS 2021 Mencapai 75%

Nasional

Facebook, Instagram dan WhatsApp, Tidak Jadi di Blokir Kekominfo

Daerah

Dinsos Cilegon Minta Satpol PP Razia Pengemis, Satpol PP : Kami Sedang Fokus pada PAM

Nasional

Mengenal Rasuna Said, Tokoh yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Daerah

Job Fair Disnakertrans Banten Ditunda, Catat Tanggal Pelaksanaan Terbarunya

Daerah

Pelabuhan Cilegon Mandiri Akan Ekploitasi Bisnis Hingga ke Bagian Utara

Nasional

Mensos Membuka Alasan Pemerintah Terapkan PPKM Darurat