Tidak Penuhi Hak dan Kewajiban, OJK Cabut Izin Pembiayaan OVO. Ada Apa Ya? - MEGATRUST

Home / Bisnis

Kamis, 11 November 2021 - 09:33 WIB

Tidak Penuhi Hak dan Kewajiban, OJK Cabut Izin Pembiayaan OVO. Ada Apa Ya?

FOTO : Surat Keputusan pencabutan izin OVO oleh OJK. (Istimewa)

FOTO : Surat Keputusan pencabutan izin OVO oleh OJK. (Istimewa)

Megatrust.co.id – Tidak Penuhi Hak dan kewajiban, Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Cabut Izin perusahaan pembiayaan OVO. Hal itu berdasarkan, surat keputusan yang dikeluarkan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor KEP-110/D.05/2021 tanggal 19 Oktober 2021.

OJK telah mencabut izin usaha Perusahaan Pembiayaan PT OVO Finance Indonesia yang beralamat di Gedung Lippo Kuningan Lantai 17 Unit D, Jalan HR. Rasuna Said Kav. B-12 RT. 017 RW. 07, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, 12940. Pencabutan izin usaha tersebut berlaku sejak Surat Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan pada tanggal ditetapkan.

Dengan telah dicabutnya izin usaha dimaksud, Perusahaan dilarang melakukan kegiatan usaha di bidang Perusahaan Pembiayaan dan diwajibkan untuk menyelesaikan hak dan kewajiban sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, antara lain Penyelesaian hak dan kewajiban Debitur, Kreditur dan/atau pemberi dana yang berkepentingan.

Kedua, memberikan informasi secara jelas kepada Debitur, Kreditur dan/atau pemberi dana yang berkepentingan mengenai mekanisme penyelesaian hak dan kewajiban. ketiga, Menyediakan Pusat Informasi dan Pengaduan Nasabah di Internal Perusahaan

Selain itu sesuai dengan ketentuan Pasal 112 POJK Nomor 47/POJK.05/2020 tentang Perizinan Usaha dan Kelembagaan Perusahaan Pembiayaan dan Perusahaan Pembiayaan Syariah, Perusahaan yang telah dicabut izin usahanya dilarang untuk menggunakan kata “finance”, “pembiayaan”, dan/atau kata yang mencirikan kegiatan pembiayaan atau kelembagaan syariah, dalam nama Perusahaan.

Jubir OJK Sekar Putih Djarot mengungkapkan, OJK mencabut izin usaha PT OVO Finance Indonesia (OFI) yang merupakan perusahaan pembiayaan. Entitas yang berbeda dengan platform OVO (PT Visionet International) yang merupakan penyelenggara uang elektronik di bawah pengawasan Bank Indonesia.

“Pencabutan izin usaha OFI dilakukan karena perusahaan mengembalikan izin usaha atas dasar keputusan pemilik karena pertimbangan faktor eksternal dan internal perusahaan,” katanya. (Amul/red)

Share :

Baca Juga

Bisnis

KEREN! PT Pelabuhan Cilegon Mandiri Diundang di KTT Asean 2023, Ternyata Dipertimbangka Sepak Terjang Bisnisnya

Bisnis

Hint Dragon Luncurkan Produk Parfum Terbaru dengan Manfaat Mampu Memperbaiki Kualitas Tidur

Bisnis

Gandeng bjb Banten, Katar Puloampel Guyur Sembako ke Masyarakat Puloampel

Bisnis

Diskusi Dengan Pelaku Koperasi di Cilegon, begini Kata Helldy Agustian

Bisnis

Krakatau Steel Kirim Baja ke IKN untuk Bangun Istana Kepresidenan

Bisnis

Resmikan Pabrik Baja di Cilegon Jokowi : ‘Hanya Ada dua di Dunia Amerika dan Indonesia’

Bisnis

Sudah Cuan Rp900 Miliar. 2026 KBS Targetkan Cuan Rp9 Triliun

Bisnis

Ikut Dalam Penurunan Emisi Karbon Global, PT MC PET Film Indonesia di Cilegon Resmikan PLTS