Potensi Bencana Alam di Kota Cilegon, Helldy Agustian: 'Pasukan Sudah Siap Semua' - MEGATRUST

Home / Daerah

Jumat, 3 Desember 2021 - 19:04 WIB

Potensi Bencana Alam di Kota Cilegon, Helldy Agustian: ‘Pasukan Sudah Siap Semua’

FOTO : Wali Kota Cilegon Helldy Agustian meninjau kendaraan dan seluruh peralatan lainnya saat apel siaga, di depan Kantor Wali Kota Cilegon, Jumat (3/12/2021). Amul/Megatrust.co.id

FOTO : Wali Kota Cilegon Helldy Agustian meninjau kendaraan dan seluruh peralatan lainnya saat apel siaga, di depan Kantor Wali Kota Cilegon, Jumat (3/12/2021). Amul/Megatrust.co.id

Megatrust.co.id, CILEGON – Potensi bencana alam di Kota Cilegon yang di prediksi oleh BMKG melalui permodelan tsunami, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian : ‘Pasukan Sudah Siap Semua’.

Pemerintah Kota atau Pemkot Cilegon sudah siap jika kemungkinan terburuk terjadinya bencana alam di Kota Cilegon. Selain persiapan pasukan, Pemkot Cilegon juga menyiapkan seluruh peralatan yang di perlukan serta jalur dan tempat evakuasi.

Hal itu, diungkapkan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dalam apel kesiapsiagaan bencana di Kota Cilegon Jumat (3/12/2021) yang di hadiri ribuan personel dari berbagai elemen.

“Pasukan-pasukan sudah siap semua tadi, peralatan pun kita sudah siap dari sisi kendaraan dan yang lainnya. Peralatan ada kemungkinan bertambah,” kata Helldy Agustian usai memimpin apel siaga bencana.

Gelaran apel kesiapsiagaan bencana alam di Kota Cilegon dilakukan, mengingat Kota Cilegon merupakan Kota yang memiliki Industri berat. Sehingga bisa menyebabkan bencana alam yang mengakibatkan bencana Industri.

Baca Juga :  Update Data Sementara Pasca Gempa Guncang Banten Berkekuatan Magnitudo 6.6

“Karenanya kami melakukan apel kesiapsiagaan hari ini dalam rangka kesiapan pemerintah maupun non pemerintah, agar supaya minimal masyarakat tahu informasi BMKG dari pusat,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Helldy Agustian mengimbau kepada seluruh steakholder di Pemerintah Kota Cilegon terus melakukan evaluasi dan mengecek kembali peralatan evakuasi dan peralatan lainnya.

“Tentunya kami menghimbau agar kesiapsiagaan di evaluasi kembali, di cek sirine dll, supaya jika terjadi sudah siap semua,” katanya.

“Harapan saya tidak terjadi, sedia payung sebelum hujan, jika terjadi evakuasi dan mitigasi ini, dan kami minta nanti untuk industri terutama, adanya simulasi agar supaya karyawan disitu bisa memenuhi apa yang diminta Pemkot Cilegon,” tambah dia.

Baca Juga :  Ratusan Warga Binaan di Lapas Cilegon Asah Skill. Kalapas : Agar Mereka Punya Bekal

Diterangkan Helldy, Pemkot Cilegon sudah memetakan titik evakuasi di seluruh Kelurahan dan Kecamatan yang ada di Kota Cilegon jika benar terjadi bencana alam dan bencana industri.

“Titik evakuasi SD Pulorida, SD gerem 3 Kecamatan Grogol, lapangan terbuka Palm Hills, sama lapangan terbuka karangjetak dan Kantor kelurahan Randakari,” ujarnya.

“Sedangkan titik evakuasi akhir, SMP 4 Cilegon, kelurahan Jombang wetan, kelurahan gunung sugih, lapangan terbuka Kubang lumrah kidul kelurahan Tegal ratu,” tambah dia.

Helldy juga mengimbau kepada masyarakat Kota Cilegon untuk tidak panik terkait isu-isu yang beredar dan informasi dari BMKG. Akan tetapi tetap waspada.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tidak panik, tapi tetap waspada,” ujarnya.

Menyikapi hal tersebut, Kepala BPBD Kota Cilegon Nikmatullah mengatakan, pihaknya siap melaksanakan perintah dari Wali Kota Cilegon saat bencana alam terjadi.

“Menghadapi kejadian ini kita siap melakukan tugas apa yg diperintah oleh Wali Kota, adapun hal lain kita sesuai kemampuan yg ada pada dinas kami, atau badan kami,” katanya.

Baca Juga :  Usai Diguncang Gempa, Gubernur Banten Tetapkan Kondisi Luar Biasa Darurat Bencana

Terkait dengan peralatan yang harus ditambahkan. Pihak ya ingin menambahkan perahu sebanyak 1 buah, sementara peralatan lainnya sudah banyak.

“Peralatan yg perlu ditambah saya melihat perahu, sementara ada satu perahu, kalau alat yg lain banyak, juga sudah disiapkan untuk 2022, (satu kapal) kurang,” katanya.

Dikatakan Nikmatullah, dampak bencana tsunami tentunya akan berdampak juga terhadap industri kimia yang ada di Kota Cilegon. Hal itu yang perlu diwaspadai.

“Dampak tsunami terhadap perusahaan, sesuai imbauan dari pak Wali itu sudah disana ada, imbauan, istruksi itu ada, yg pasti kl ada pabrik kimia itu yg perlu di waspadai, itu yang di khawatirkan karena berbahaya sekali,” pungkasnya. (Amul/red)

Share :

Baca Juga

Daerah

Waspadai Penyakit Mulut dan Kuku, DKPP Vaksinasi Hewan Kurban

Daerah

Kawasan Religi Banten Lama Dihantam Banjir Hebat, Ratusan Jiwa Mengungsi

Daerah

Jalan Ciwedus Mulai Diperbaiki Besok, Sistem Buka Tutup Bakal Diterapkan

Daerah

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian Minta ASN Berinovasi Tanpa APBD

Daerah

Warga di 3 RT Kelurahan Banten Kota Serang Kekurangan Air Bersih

Daerah

Gubernur WH : Provinsi Banten Akan Bangun RS Jiwa dan Ketergantungan Obat

Daerah

Simak Lagi, Daftar Besaran UMP dan UMK di Banten yang Berlaku 1 Januari 2023

Daerah

Keseruan Lomba Balap Perahu Di Petuk Ketimpun