Satgas Tanggap Bencana DKI Berhasil Evakuasi Jenazah Korban Erupsi Semeru - MEGATRUST

Home / Nasional

Jumat, 10 Desember 2021 - 21:52 WIB

Satgas Tanggap Bencana DKI Berhasil Evakuasi Jenazah Korban Erupsi Semeru

Tim Satgas Kolaborasi Tanggap Bencana DKI Jakarta membantu proses pengangkatan barang milik warga korban erupsi Gunung Semeru di Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur, Kamis (9/12/2021). [Ist]

Tim Satgas Kolaborasi Tanggap Bencana DKI Jakarta membantu proses pengangkatan barang milik warga korban erupsi Gunung Semeru di Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur, Kamis (9/12/2021). [Ist]

Megatrust.co.id, Jakarta – Satuan Tugas (Satgas) Kolaborasi Tanggap Bencana DKI Jakarta berhasil mengevakuasi jenazah korban erupsi Gunung Semeru di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur.

Kepala Seksi Pengendali Operasi Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Mulyanto mengatakan, Satgas menemukan satu jenazah yang tertimbun material vulkanis. Jenazah tersebut disinyalir adalah pekerja tambang yang sedang bekerja pada saat terjadi erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12) sore.

“Jenazah yang diduga operator backhoe di tambang pasir ditemukan enam meter di bawah permukaan material vulkanis dengan kondisi mengenaskan. Langsung kami bawa ke rumah sakit terdekat untuk keperluan lebih lanjut,” ujarnya, saat evakuasi, Jumat (10/12).

Komandan I Satgas Kolaborasi Tanggap Bencana DKI Jakarta, Nurulusianto menambahkan, tim Search and Rescue Unit (SRU) yang merupakan bagian dari Tim SAR Gabungan telah mendeteksi keberadaan mayat di lokasi tersebut menggunakan alat detektor khusus.

“Sudah terdeteksi lokasi jenazah korban erupsi Semeru di mana saja, tinggal kita melakukan upaya evakuasi,” bebernya.

Nurul menjelaskan, di lokasi pertambangan pasir tersebut diduga masih banyak mayat yang perlu dievakuasi. Namun, BMKG menginformasikan agar Satgas Kolaborasi Tanggap Bencana DKI untuk meninggalkan lokasi segera karena aktivitas vulkanik Gunung Semeru mengalami peningkatan saat proses evakuasi berlangsung.

“Kerja kita juga mengacu informasi BMKG, kita harus berhenti karena curah hujan dan aktivitas kegempaan sudah mulai meningkat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Satpol PP DKI Jakarta, Atok Baroni Hidayat menuturkan, Satgas Kolaborasi Tanggap Bencana DKI juga mengevakuasi warga dan perabotan rumah tangga penyintas erupsi Semeru ke rumah kerabat mereka untuk mengungsi menggunakan dua unit truk Satpol PP DKI Jakarta.

“Selain penghuni rumah, kita juga angkut barang dan perabotan rumah tangga mereka ke tempat yang lebih aman karena saat ini masih berbahaya untuk ditinggali,” ucapnya.

Menurutnya, bantuan layanan kesehatan dari tenaga kesehatan (nakes) Dinas Kesehatan DKI Jakarta bagi warga Dusun Kamar Kajang langsung di tempat tinggal mereka.

“Ada sembilan warga yang diperiksa kesehatannya dan diberikan obat oleh nakes Dinkes, satu di antaranya dirujuk ke puskesmas terdekat menggunakan ambulans,” tandasnya. (Cep/red)

Share :

Baca Juga

Nasional

FIFA Buka Rekrutmen Ribuan Relawan Piala Dunia U-20, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Nasional

PPKM Diperpanjang Hingga 2 Agustus, Seluruh Sektor Diperbolehkan Buka Dengan Protokol Kesehatan Ketat

Nasional

Naik 2 Kali Lipat, Ini Rincian Usulan Biaya Haji 2023

Nasional

Shopee Error Jadi Tranding, Ini Penjelasan Resmi Shopee Indonesia

Nasional

Apa Itu KTT G20? Simak Sejarah Pembentukan. Berikut Daftar Anggota dan Tujuannya

Nasional

Bank Indonesia Siapkan Tukar Rupiah Rp197 Triliun untuk Kebutuhan Puasa dan Lebaran 2024

Nasional

Berkah Mudik 2024, Antrean Kendaraan Sampe Tol Jadi Tontonan dan Ladang Rizki

Nasional

Kisah Singkat Peristiwa 10 November Yang Diabadikan Sebagai Hari Pahlawan