PT ASDP Prediksi Tidak ada Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Merak saat Libur Nataru 2021-2022 - MEGATRUST

Home / Nasional

Minggu, 12 Desember 2021 - 06:52 WIB

PT ASDP Prediksi Tidak ada Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Merak saat Libur Nataru 2021-2022

FOTO : Menteri Perhubungan Budi Karya bersama bersama Menko PTM Muhadjir Effendi dan Direktur PT ASDP meninjau Pelabuhan Merak, Sabtu (11/12/2021). Dok ASDP for Megatrust.co.id.

FOTO : Menteri Perhubungan Budi Karya bersama bersama Menko PTM Muhadjir Effendi dan Direktur PT ASDP meninjau Pelabuhan Merak, Sabtu (11/12/2021). Dok ASDP for Megatrust.co.id.

Megatrust.co.id, CILEGON – PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan atau PT ASDP memprediksi tidak ada lonjakan penumpang di libur Natal dan Tahun baru atau Nataru 2021-2022.

Hal itu diprediksi oleh PT ASDP mengingat anjuran pemerintah untuk menekan angka pergerakan masyarakat demi menekan lonjakan kasus Covid-19, khususnya di sektor transportasi.

Kendati begitu, PT ASDP telah mengantisipasi layanan penumpang dan kendaraan di lintas Merak-Bakauheni pada periode libur Nataru.

“Adapun yang menjadi fokus dan prioritas ASDP adalah mengatur layanan sebaik-baiknya agar tidak terjadi antrian kendaraan, penumpukan penumpang, serta penerapan protokol kesehatan seluruh penumpang Ferry. Kami juga memastikan kapasitas terpasang di kapal memadai selama periode Angkutan Nataru, baik di situasi normal maupun padat,” ujarnya.

Baca Juga :  Polda Banten Benarkan Dua Warga Cilegon menjadi Korban Kecelakaan Maut Balikpapan, Kalimantan Timur

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi menyampaikan bahwa ASDP memastikan kesiapan layanan angkutan penyeberangan dan pelabuhan selama periode Angkutan Natal dan Tahun Baru 2022 agar tetap berjalan lancar, aman, selamat dan tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat.

“Kami berkomitmen untuk tetap menghadirkan layanan penyeberangan prima kepada seluruh pengguna jasa. Tidak hanya peningkatan kapasitas layanan kapal, tetapi juga ketersediaan fasilitas bagi publik yang memadai selama periode layanan Nataru ini,” tutur Ira.

Hal itu disampaikan saat Menteri Koordinator Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy bersama dengan Menhub Budi Karya Sumadi dan Kakorlantas Polri Firman Shantyabudi melakukan peninjauan kesiapan layanan angkutan Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Merak dan Bakauheni, Lampung Sabtu (11/12).

Baca Juga :  Polda Banten Benarkan Dua Warga Cilegon menjadi Korban Kecelakaan Maut Balikpapan, Kalimantan Timur

Menurut Ira, lintas Merak-Bakauheni masih menjadi primadona layanan yang berpotensi besar menarik jumlah pengguna jasa, mengingat telah tersedianya akses tol Trans Jawa dan Trans Sumatera yang atraktif bagi masyarakat di kedua pulau tersebut karena telah saling terhubung.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan apresiasi atas komunikasi dan koordinasi yang dilakukan ASDP kepada seluruh mitra kerja sehingga pelayanan penyeberangan dan pelabuhan di Merak-Bakauheni dapat kondusif, dan diharapkan dapat terus ditingkatkan selama periode Nataru ini, sehingga dapat menghadirkan layanan prima kepada seluruh pengguna jasa.

“Pada layanan Nataru ini mohon agar dapat diantisipasi sebaik-baiknya, dimana tidak akan dilakukan penyekatan kendaraan. Kepada ASDP mohon dapat mengantisipasi terjadinya antrian, khususnya dengan penerapan layanan e-ticketing Ferizy, agar disiapkan plan B. Selain itu, saya berharap operator dapat proaktif, khususnya di Merak-Bakauheni yang ramai, agar dapat menyiapkan posko vaksin gratis dan layanan antigen sehingga masyarakat yang melakukan perjalanan telah memenuhi syarat,” jelasnya.

Baca Juga :  Polda Banten Benarkan Dua Warga Cilegon menjadi Korban Kecelakaan Maut Balikpapan, Kalimantan Timur

Hal serupa disampaikan Menko PMK Muhadjir Effendy bahwa dalam layanan penyeberangan di periode Nataru ini agar operator ASDP memastikan pengguna jasa yang menyeberang agar mematuhi syarat perjalanan di masa pandemi Covid-19, dan  dipastikan terdata dengan baik.

“Koordinasi dan komunikasi yang baik antarinstansi sangat dibutuhkan sektor transportasi dalam mendukung penanganan perjalanan periode Nataru di tengah pandemi Covid-19 ini. Hal ini tentu menjadi hal krusial bagi Kemenhub dan Korlantas untuk saling berkoordinasi dalam mengatur pergerakan masyarakat khususnya di periode Nataru,” ujarnya. (Amul/red)

Share :

Baca Juga

Nasional

Kemenkominfo Buka Pendaftaran Fasilitator UMKM Level Up, Ini Syarat, Cara Daftar, dan Fasilitas yang di Dapatkan

Nasional

KTT OKI 2023: Jokowi Tegaskan OKI Harus Jadi Garda Terdepan Perdamaian Palestina

Nasional

Menghadapi Resesi 2023. Erick Thohir Sebut 4 ‘Jurus’ Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Apa saja?

Nasional

Catat Nih! Jadwal Keberangkatan Kapal di Dermaga Eksekutif Merak Kamis 27 Oktober 2022

Nasional

Mau Mudik Naik Kereta dan Bawa Motor? Ini Syarat, Cara Daftar, dan Rutenya

Nasional

Emak-emak di Cilegon Terobos Jalan yang Sedang Dicor Viral, Netizen Beri Gelar Kehormatan: Ratu Jalanan Mah Bebas

Nasional

Menghindari SARA dan Bijak di Media Sosial untuk Terwujudnya Bhineka Tunggal Ika

Nasional

Profil Benny Dollo, Pelatih Legendaris Indonesia Yang Tutup Usia Pada Umur 72 Tahun