Mendapat Arahan Dari Jokowi, WH Perintahkan Semua Pihak Waspada Omicron - MEGATRUST

Home / Daerah

Jumat, 17 Desember 2021 - 19:00 WIB

Mendapat Arahan Dari Jokowi, WH Perintahkan Semua Pihak Waspada Omicron

FOTO : Gubernur Banten Wahidin Halim. Amul/Megatrust.co.id

FOTO : Gubernur Banten Wahidin Halim. Amul/Megatrust.co.id

Megatrust.co.id, SERANG – Mendapat arahan dari Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi, Gubernur Banten Wahidin Halim atau WH Perintahkan semua pihak waspada virus Covid-19 varian Omicron.

Perintah itu langsung disampai WH saat memimpin acara rapat koordinasi dengan beberapa pihak saat menjelang libur Natal dan Tahun baru 2022 atau Nataru.

“Hari ini kita koordinasikan untuk diimplementasikan kondisi menjelang Libur Natal dan Tahun Baru,” ungkap Gubernur WH saat memimpin Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Arahan Presiden Republik Indonesia Dalam Penanganan Pandemi Covid-19 secara virtual, Jumat (17/12/2021).

Sebelumnya, dalam rapat koordinasi bersama Jokowi secara virtual dan diikuti oleh seluruh Gubernur, Pangdam, Kapolda, Bupati, Walikota serta jajaran Forkopimda seluruh Indonesia, pada Kamis (16/12/2021).

Presiden Jokowi sampaikan tiga hal terkait penyebaran Covid-19 varian omicron yang telah masuk ke berbagai negara, bahkan diperkirakan oleh WHO telah masuk ke seluruh negara. Tiga hal yang harus dikerjakan dengan ketat yaitu memastikan pelaksanaan Protokol Kesehatan atau prokes terutama memakai masker di tempat-tempat keramaian dan pertemuan, testing dan tracing kontak aktif harus dijalankan sesuai standar untuk mempercepat penanganan, serta percepatan vaksinasi.

Baca Juga :  Foto: Warga Binaan Lapas Klas IIA Cilegon Diberikan Skill

“Libur Nataru ini kita sepakati untuk dilaksanakan pengawasan pelaksanaan Protokol Kesehatan secara ketat,” ungkap Gubernur WH.

Ditegaskan WH, kegiatan vaksinasi harus dimaksimalkan di wilayah Provinsi Banten, untuk vaksinasi dosis pertama mencapai 71,5%, untuk dosis kedua mencapai 50,7% dari target 9.229.383 jiwa.

“Presiden ingatkan agar kita mempersiapkan target vaksinasi untuk anak-anak. Kick off di Kota Tangerang Selatan, target kita 2 juta lebih anak, bisa kita upayakan dari sekarang,” terang WH.

“Untuk vaksinasi harus kita upayakan dengan sungguh-sungguh, khususnya untuk daerah yang masih rendah,” tambahnya.

Baca Juga :  Ratusan Warga Binaan di Lapas Cilegon Asah Skill. Kalapas : Agar Mereka Punya Bekal

WH juga harapkan Bupati/Wali Kota untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi, semuanya bekerja tuntaskan target capaian vaksinasi.

“Testing dan tracing juga ditingkatkan untuk kewaspadaan dan konsolidasi, isolasi terpusat (isoter) dan isolasi mandiri (isoman) juga kita persiapkan,” ujarnya

WH meminta, seluruh pihak harus meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19 varian omicron karena di Indonesia sudah ada yang terpapar.

“Koordinasikan persiapan rumah sakit. Jangan lupa mempersiapkan obat dan oksigen, walaupun tahun kemarin oksigen tidak terlalu bermasalah. Tetap harus kita persiapkan dari sekarang,” ungkap Gubernur WH.

Lebih lanjut WH meminta, semua pihak mempersiapkan aturan yang menjadi kewenangan masing-masing, demikian pula dengan Pemprov Banten. Termasuk pembukaan tempat pariwisata perlu dikaji oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten bersama Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota.

Dikatakan, hasil bahasan bersama akan menjadi rekomendasi atau acuan bersama dalam menghadapi libur Nataru. Termasuk dalam mempersiapkan alokasi anggaran dalam rangka penanganan pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Ratusan Warga Binaan Lapas Klas II Cilegon Dibekali Pelatihan

“Ayo kita terus bangkit melawan Covid-19 termasuk varian baru,” pungkas Gubernur WH.

Rapat koordinasi dipandu Plt. Sekda Provinsi Banten Muhtarom. Ada 6 hal yang perlu diperhatikan yakni : kondisi menjelang libur Nataru, vaksinasi akan dimaksimalkan, termasuk vaksinasi anak, kewaspadaan terhadap Covid-19 varian omicron, upaya yang dilakukan terhadap kemungkinan penyebaran Covid-19 varian omicron, serta aspek penganggaran untuk pembiayaan penanganan.

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten dr Ati Pramudji Hastuti mengungkapkan pada periode Agustus – Desember tahun 2021, tren kasus Covid-19  terus mengalami penurunan.

“Covid-19 Varian Omicron ada 6 kasus, 3 orang warga AS, 2 orang warga China, serta 1 orang WNI. Derajat keparahan belum dapat disimpulkan, namun tetap harus diantisipasi,” ungkapnya.

“Vaksin memberikan hasil efektif untuk mencegah keparahan dan kasus kematian,” tambah dr Ati. (Amul/red)

Share :

Baca Juga

Daerah

Early Melati Juara Terbaik 1 Duta Bahasa Provinsi Banten Rela Tunda S2 Demi Mengabdi

Daerah

Dinkes Cilegon Perketat Operasi Takjil dan Parcel Idul Fitri, Pastikan Tak Ada Makanan yang Mengandung Bahan Berbahaya

Daerah

Viral di Sosial Media “Terimakasih Orang Baik”

Daerah

KPK Perwakilan Banten Tegur Pemkot Cilegon Selesaikan MCP

Daerah

300 Makan Digali di Cilegon, Ratusan Jasad Ditemukan Masih utuh dan Harum

Daerah

Kesbangpol Sebut Keterwakilan Perempuan di Parlemen Cilegon Sangat Minim

Daerah

Diawal Tahun, Disperindag Kota Cilegon Dipanggil Komisi IV DPRD, Ini yang Dibahas

Daerah

Jalan Arteri Cilegon-Merak Krodit. Warga : ‘Pernah Terjadi Kaya Gini Dulu’