Tahun Depan PT ASDP Tambah Kapal Cepat, Akan Sandar di Dermaga 1 - MEGATRUST

Home / Nasional

Jumat, 24 Desember 2021 - 09:27 WIB

Tahun Depan PT ASDP Tambah Kapal Cepat, Akan Sandar di Dermaga 1

FOTO : Direktur Komersial dan Pelayanan PT ASDP, Yusuf Hadi di dampingi General Manager ASDP Cabang Merak Hasan Lessy memberikan pemaparan kepada awak media terkait persiapan Natal dan Tahun Baru 2022. Kamis (23/12/2021). Amul/Megatrust.co.id

FOTO : Direktur Komersial dan Pelayanan PT ASDP, Yusuf Hadi di dampingi General Manager ASDP Cabang Merak Hasan Lessy memberikan pemaparan kepada awak media terkait persiapan Natal dan Tahun Baru 2022. Kamis (23/12/2021). Amul/Megatrust.co.id

Megatrust.co.id, CILEGON – Tahun depan, tepatnya pada awal 2022 PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan atau ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak akan tambah kapal cepat, nantinya kapal cepat itu akan sandar di dermaga 1 Pelabuhan Merak.

Hal itu dilakukan ASDP seiring dengan meningkatnya pengguna jasa yang menyeberang di Dermaga Eksekutif yakni Dermaga 6, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon.

Direktur Komersial dan Pelayanan PT ASDP, Yusuf Hadi mengatakan, minat para pengguna jasa sejak awal Dermaga 6 Eksekutif dioperasikan di Pelabuhan Merak-Bakauheni, sangatlah tinggi.

Untuk menjawab tantangan tersebut, ASDP terus meningkatkan pelayanan dengan menambah armada kapal dari 5 menjadi 6 kapal untuk kapal cepat.

Baca Juga :  Tak Ingin Laka Maut Terulang, Polisi Razia Pemotor Yang Masuk Flyover Pesing

Meski terus berbenah, ASDP mengakui tingginya volume penumpang khususnya kendaraan masih menjadi pekerjaan rumah perusahaan plat merah itu. Karena saat melonjak kerap mengakibatkan arus kendaraan menggular hingga keluar pelabuhan.

Kata Hadi, untuk meningkatkan pelayanan dan mencari solusi jangka panjang dari permasalahan tersebut, ASDP akan membuka Dermaga 1 sebagai dermaga eksekutif kedua.

“Jadi peminat eksekutif itu sudah mulai sangat meningkat dengan pilihan yang kita siapkan. Kami dengan melihat itu, tidak mungkin minat itu kita hentikan tetapi kita harus akomodir. Jadi dalam waktu dekat, ASDP akan menambah dermaga satu lagi eksekutif. Dermaga 1 akan dijadikan dermaga eksekutif kedua,” ujarnya saat Media Gathering Layanan Angkutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Dermaga 6 Eksekutif, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Kamis (23/12/2021).

Baca Juga :  Selain PCR, RT-LAMP Resmi Mendapatkan Izin Kemenkes. Alat Deteksi Varian Covid-19 Dari Mana Asalnya?

Hadi mengungkapkan, rencananya pembangunan Dermaga 1 menjadi dermaga eksekutif kedua akan dilakukan pada bulan Januari 2022. Dalam pembangunan secara bertahap itu, area dan jembatan penghubung dermaga dengan kapal (Moviable Bridge) akan diperlebar. Kemudian jika Jetty dan Dolpin telah sesuai, ASDP akan melanjalankannya.

“Dan lahan parkir akan ditata kembali, sehingga semua traffic-nya bisa dimungkinkan setara diatas standar ekonomi,” ungkapnya.

Baca Juga :  Perlu Tahu Nih.!! Ini Keunggulan Metode RT-LAMP Alat Untuk Deteksi Covid-19

“Jadi itu terkoneksi. Pengaturannya jadi sangat maksimal,” tambah dia.

Hadi menyatakan, rencana tersebut telah diprogramkan dengan Pemerintah Pusat. Kemudian rencana itu juga telah disampaikan juga dengan operator kapal swasta lainnya.

Ia menyatakan, dermaga 1 Eksekutif nantinya terbuka untuk operator kapal swasta lainnya. Tentunya kapal yang dioperasikan harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Dermaga eksekutif kedua nanti terbuka untuk operator-operator, mitra kita dari swasta yang kapalnya, ketentuan dan syaratnya memenuhi untuk dioperasikan menjadi kapal eksekutif atau ekspress,” pungkasnya. (Amul/red)

Share :

Baca Juga

Nasional

Lowongan Kerja Terbaru di PT Growth Java Industry, Lokasi Cilegon Cek Syaratnya

Nasional

Daftar Calon Ketum PSSI hingga Komite Eksekutif Sudah Ditetapkan. Berikut Nama-Namanya

Nasional

Catat Nih! Jadwal Keberangkatan Kapal di Dermaga Eksekutif Merak Senin 24 Oktober 2022

Nasional

Kapan Hasil Rekrutmen Bersama BUMN Diumumkan? Cek Info Selengkapnya Disini

Nasional

Kejebak Macet Sandiaga Uno Pake Motor. ‘Helmnya Kebalik’ Netizen Auto Respon

Nasional

FIFA Buka Kantor Di Indonesia, Pertama Kali Di Asia Tenggara

Nasional

Viral! Pelanggan Kritik Minuman Es Teh Indonesia Terlalu Manis, Berujung Kena Somasi

Nasional

Naik 2 Kali Lipat, Ini Rincian Usulan Biaya Haji 2023