Tiga Tahun Warga Kruwuk Cilegon Dihantui Banjir - MEGATRUST

Home / Daerah

Minggu, 26 Desember 2021 - 19:00 WIB

Tiga Tahun Warga Kruwuk Cilegon Dihantui Banjir

Megatrust.co.id, CILEGON — Menjelang akhir tahun 2021, Lingkungan Tegal Wangi Kruwuk, Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon  kembali banjir.  Hal itu diduga akibat  adanya pembangunan PT Krakatau Osaka Steel, dan Pt Lotte  Chemical Indonesia di daerah resapan air.

Salah seorang warga setempat yang terdampak banjir, Restu Bambang membenarkan, banjir dengan kapasitas air besar di Kruwuk ini sudah sering terjadi selama tiga tahun ke belakang. Restu menilai akibat dari pembangunan industri yang tidak memperhatikan lingkungan, terutama saluran air yang sempit.

Baca Juga :  Anak-anak Usia 6-11 Tahun Disasar PMI Kota Tangerang Untuk Divaksin

“Tiga tahun belakangan ini Lingkungan tegal wangi kruwuk menjadi langganan banjir. Penyebab terjadinya banjir ini  diduga pembangunan perusahaan yang tidak memperhatikan lingkungan,” ujar Restu Bambang saat dimintai keterangan melalui pesan whatsaap, Minggu (26/12).

“Seharusnya lokasi ( Tegal Wangi, Kruwuk-Red) itu tempat resapan air, malah hilang dan tidak ada penggantinya. Ditambah adanya kali yang buntu hingga air tidak meluap ke pemukiman warga,” imbuhnya.

Baca Juga :  Diguyur Hujan Semalam, Ratusan Rumah Warga di Kota Cilegon Terendam Banjir

Restu menyayangkan sampai saat ini, pemerintah Kota Cilegon belum ada gerak nyata untuk mengatasi permasalahan banjir di yang kerap meresahkan masyarakat Kruwuk tersebut. Padahal, duduk permasalahan ini telah di bawa pada forum hearing DPRD bersama pemerintah Kota Cilegon sebanyak tiga kali.

“Solusi sudah kita sampaikan, sebetulnya tinggal eksekusi. Yang jadi masalah apakah pemerintah berani atau tidak dalam memperjuangkan masyarakat,” tandasnya.

Padahal, kata Restu, Wakil Walikota Cilegon, Sanuji Pentamarta  sudah meninjau lokasi banjir di lingkungan tegal wangi kruwuk. Namun, hingga  saat ini belum ada titik terang. Masyarakat meminta  solusi kepada pak Wakil Walikota Cilegon untuk  pelebaran  saluran air yang berada dipertengahan PT Krakatau Osaka Steel dengan PT Lotte Chemical.

Baca Juga :  Warga Banten Diminta untuk Karantina Jika Pulang Dari Luar Negeri.

“Saat ini lebar sungainya adalah 12 meter, Kami sih berharap menjadi 24 meter. Agar lebih luas dan tidak terjadi penyempitan. Karena saluran tersebut mempertemukan dua aliran sungai di dua kecamatan yakni, di Kecamatan Citangkil dan Grogol,” terangnya. (Res/red)

Share :

Baca Juga

Daerah

Jendral Bintang Satu Nahkodai KSOP Klas 1 Banten. Ini Pesan Barlet Silalahi

Bisnis

Mengawali Tahun 2023, Fotografer Wakil Wali Kota Cilegon Buka Usaha Mihar Store di Pandeglang

Daerah

Diklaim Untung, Tokoh PWNU Banten Dukung Silmy Karim Lanjutkan Transformasi Krakatau Steel

Daerah

Waspada Kekeringan, Prediksi BMKG Wilayah Banten Memasuki Musim Kemarau, Begini Katanya

Daerah

Nataru, Pelabuhan Merak Perketat syarat Penyebrangan, Ini yang Harus Dipersiapkan

Daerah

Bawaslu Kota Serang Wanti-Wanti ASN untuk Netral di Pemilu 2024

Daerah

Jalan Arteri dan Tol Tamer Arah Merak Sempat Krodit. Menko PMK : ‘Jadi Sekali Lagi itu Bukan Macet, Tapi Ditahan’

Daerah

Helldy Minta Pembinaan Serius Kepada Juara MTQ Tingkat Kota Cilegon untuk ke Provinsi : Tidak Ada Menang Dadakan