Akhirnya Pecah Telur, APIP Level 3 Diboyong Pulang Pemkot Cilegon - MEGATRUST

Home / Daerah

Kamis, 6 Januari 2022 - 18:48 WIB

Akhirnya Pecah Telur, APIP Level 3 Diboyong Pulang Pemkot Cilegon

FOTO : Wali Kota Cilegon Helldy Agustian didampingi Sekda Kota Cilegon Maman Mauludin dan Kepala Inspektorat Kota Cilegon Mahmudin, memegang piagam penghargaan APIP level 3, di BPKP RI, Kamis (6/1/2022). Dok Kominfo for Megatrust.co.id

FOTO : Wali Kota Cilegon Helldy Agustian didampingi Sekda Kota Cilegon Maman Mauludin dan Kepala Inspektorat Kota Cilegon Mahmudin, memegang piagam penghargaan APIP level 3, di BPKP RI, Kamis (6/1/2022). Dok Kominfo for Megatrust.co.id

Megatrust.co.id, CILEGON, – Akhirnya pecah telur, Aparat Pengawasan Internal Pemerintah atau APIP level 3 diboyong pulang juga oleh Pemerintah Kota atau Pemkot Cilegon, Kamis (6/1/2022).

Informasi yang berhasil dihimpun Megatrust.co.id, selama 20 tahun lebih APIP di Pemkot Cilegon baru mencapai level 2. Rupa pada kepempinan saat ini penghargaan APIP level 3 diboyong pulang Pemkot Cilegon.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan atau BPKP Perwakilan Provinsi kepada Pemkot Cilegon, dan diterima langsung oleh Wali Kota Cilegon Helldy Agustian.

Penyerahan penghargaan dilakukan Gedung BPKP RI, Jakarta Pusat. Apresiasi itu diberikan terkait naiknya level APIP Inspektorat Kota Cilegon dari level 2 ke level 3.

Baca Juga :  Polda Banten Ungkap Hasil Otopsi Korban Ledakan di Pandeglang, Ini Hasilnya.

Hadir dalam kesempatan itu Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Banten Raden Bimo Gunung Abdulkadir, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, Sekda Kota Cilegon Maman Mauludin, serta Kepala Inspektorat Kota Cilegon Mahmudin beserta jajarannya.

Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Banten Raden Bimo Gunung Abdulkadir mengapresiasi kinerja Pemkot Cilegon, khususnya jajaran Inspektorat. “Harapannya tentu tidak ada korupsi dan penyimpangan. Kalaupun masih ada, tentu bisa berkoodinasi dengan penegak hukum,” katanya.

Menurutnya, dengan naik level berarti kemampuan APIP di Inspektorat Kota Cilegon telah sanggup melakukan penilaian tentang efisiensi, efektivitas, ekonomis terhadap suatu kegiatan, serta mampu memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian internal.

Baca Juga :  Puluhan Waralaba di Kota Cilegon Terancam Ditutup. Kenapa Ya?

“Artinya bukan sekedar memberi pengawasan, tapi inspektorat harus bisa memberi arahan dan solusi-solusi yang lebih konkret,” kata Bimo.

Ditempat yang sama, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengapresiasi penuh jajaran Inspektorat Kota Cilegon yang telah bekerja keras meningkatkan kinerjanya sehingga mendapat penghargaan dari BPKP.

“Ini prestasi luar biasa sebab selama 22 tahun, kita baru kali ini naik level 3,” katanya.

Helldy berharap penghargaan yang diterima tidak membuat jajarannya lengah. Namun harus terpacu untuk bekerja lebih keras lagi.

“Inspektorat itu kan polisinya pemerintahan. Kalau mereka kinerjanya baik, tentu OPD lain juga akan baik,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Kota Cilegon Mahmudin mengatakan, penghargaan ini merupakan anugerah di awal tahun. Sebab di Banten yang belum level 3 tadinya hanya Cilegon dan Kota Serang.

Baca Juga :  Anak-anak Usia 6-11 Tahun Disasar PMI Kota Tangerang Untuk Divaksin

“Dengan penghargaan ini kita harus bekerja lebih keras lagi,” katanya.

Setelah ini, lanjut Mahmudin, pihaknya akan memetakan OPD mana saja yang masuk dalam resiko tinggi, sedang, hingga rendah, dalam pengelola keuangan.

“Yang resiko tinggi akan kita kawal dan kita bantu sampai benar-benar bisa menjalankan program kerja dan membuat laporan tanpa masalah,” katanya.

Sebatas informasi, level kapabilitas APIP sendiri dikelompokkan menjadi 5 tingkatan yaitu Level 1 (Initial), Level 2 (Infrastructure), Level 3 (Integrated), Level 4 (Managed), dan Level 5 (Optimizing). (Amul/red)

Share :

Baca Juga

Daerah

JPC Gelar Pelatihan Jurnalistik, Ketua DPRD Cilegon Isro Mi’raj : Orang Besar Berasal dari Jurnalistik

Daerah

Polemik Jalan Juanda dan Garuda, Pemkot Tangerang Nilai AP II Abaikan Persoalan Jalan Rusak

Daerah

Sinar Mas Land Salurkan Bantuan ke Madrasah Binaan di Tangerang

Daerah

Soal Ruang Kelas SDN 9 Cilegon yang Diduga Dibakar. Begini Kata Kepala Dinas Pendidikan

Daerah

Usai Lansia dan Anak, Pemkot Tangerang Sasar Sopir dan Tukang Ojek di Vaksin Booster

Daerah Inovasi

Tak Tanggung-Tanggung Kota Cilegon Sabet Penghargaan GDPK

Daerah

Nataru, Pelabuhan Merak Perketat syarat Penyebrangan, Ini yang Harus Dipersiapkan

Daerah

Sampai Akhir Februari, Puluhan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Terjadi di Cilegon