Perlu Tahu Nih.!! Ini Keunggulan Metode RT-LAMP Alat Untuk Deteksi Covid-19 - MEGATRUST

Home / Nasional

Rabu, 12 Januari 2022 - 20:21 WIB

Perlu Tahu Nih.!! Ini Keunggulan Metode RT-LAMP Alat Untuk Deteksi Covid-19

Seorang petugas laboratorium sedang menguji detector varian Covid-19 hasil riset BRIN di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Puspitek Serpong . Rabu (12/1/22).

Seorang petugas laboratorium sedang menguji detector varian Covid-19 hasil riset BRIN di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Puspitek Serpong . Rabu (12/1/22).

Megatrust.co.id, JAKARTA, – Perlu tahu nih, ini keunggulan metode RT-LAMP atau Reverse Transcription Loop Mediated Isothermal Amplification, alat untuk deteksi Covid-19.

Peneliti Kimia dari Pusat Riset Kimia – Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN Tjandrawati Mozef mengatakan, harga untuk kit alat tersebut di klaim murah dibandingkan dengan PCR.

“Keunggulan RT-LAMP dibandingkan dengan RT-PCR ini selain tidak memerlukan alat deteksi PCR yang mahal, harga kit-nya pun lebih murah,” ujarnya.

Dijelaskan dia, untuk meningkatkan kemampuan testing terhadap alat tersebut. Ia dan timnya mengusulkan inovasi baru, yaitu metode RT-LAMP yang mampu mendeteksi secara spesifik material genetik dari virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Baca Juga :  Warga Banten Diminta untuk Karantina Jika Pulang Dari Luar Negeri.

Produk inovasi RT-LAMP ini menggunakan sampel ekstrak RNA hasil swab hidung yang dapat dideteksi secara kualitatif dengan melihat adanya presipitasi dengan akurasi yang baik.

Selain itu, dikatakan dia, RT-LAMP bisa juga menggunakan alat real-time turbidimeter hasil inovasi riset BRIN, tim peneliti dari Pusat Riset Fisika (Dr. Agus Sukarto Wismogroho) yang sudah didaftarkan patennya.

Baca Juga :  Foto: Walikota Ajak Jurnalis Swab PCR

“Akurasinya dapat ditingkatkan setara dengan sistem RT-PCR dan reaksi amplifikasi dapat dipantau secara real-time,” ujarnya.

Ia berharap RT-LAMP yang diinisiasi BRIN mampu bersaing dengan keunggulannya dalam mendeteksi virus Covid-19.

“Keunggulan produk ini adalah tidak memerlukan alat thermocycler, cepat, dan akurat, produk inovasi BRIN ini dapat diaplikasikan di masyarakat dengan jangkauan lebih luas,” katanya.

Baca Juga :  Foto: Walikota Ajak Jurnalis Swab PCR

“Sehingga dapat membantu program pemerintah dalam hal peningkatan kapasitas testing secara nasional. Selain itu hasil deteksi Covid-19 dengan RT-LAMP diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dokumen persyaratan perjalanan yang dikeluarkan oleh Pemerintah,” harapnya. (Dens/Amul/red).

Share :

Baca Juga

Nasional

Andi Arief: Tak Ada Peringatan Dini Semeru Meletus

Nasional

Diperingati Setiap 21 April, Begini Sejarah Hari Kartini Pejuang Emansipasi Perempuan

Nasional

Pemerintah Indonesia Mendapatkan Tambahan Kuota Haji, Kemenag : Kuota Haji Diusahakan Terserap

Nasional

Nanti Malam Tiket Penyeberangan di Merak Resmi Naik? Cek Faktanya…

Nasional

PKS Ajukan Judicial Riview Presidentian Threshold ke MK. Begini Kata PKS Banten

Nasional

Banjir Kritik, Baznas Berhenti Menerima Donasi Dari McDonalds Indonesia

Nasional

Perang Rusia-Ukraina. Menteri Pertanian : Harga Mie Instan Akan Naik 3 Kali Lipat

Nasional

Sandar di Pelabuhan Indah Kiat Merak, Puluhan WNA pada Kapal Asing Diperiksa Imigrasi