Terkonfirmasi Covid-19 Varian Omicron, Kemenkes Mencatat 2 Meninggal Dunia - MEGATRUST

Home / Nasional

Minggu, 23 Januari 2022 - 18:39 WIB

Terkonfirmasi Covid-19 Varian Omicron, Kemenkes Mencatat 2 Meninggal Dunia

Ilustrasi foto pemakaman jenazah terpapar Covid-19 dengan protokol kesehatan di Pemakaman Rorotan Jakarta Utara - Foto: Cecep/Megatrust

Ilustrasi foto pemakaman jenazah terpapar Covid-19 dengan protokol kesehatan di Pemakaman Rorotan Jakarta Utara - Foto: Cecep/Megatrust

MEGATRUST.CO.ID, – Kementerian Kesehatan atau Kemenkes RI mencatan 2 orang meninggal dunia setelah terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron.

Kedua kasus tersebut merupakan pelaporan fatalitas pertama di Indonesia akibat varian omicron yang memiliki daya tular tinggi.

Baca Juga :  Antisipasi Covid-19 Varian Omicron, Pemkot Sasar Dunia Pendidikan Saat PTM

“Satu kasus merupakan transmisi lokal, meninggal di RS Sari Asih Ciputat dan satu lagi merupakan pelaku Perjalanan Luar Negeri, meninggal di RSPI Sulianti Saroso.” ucap juru bicara Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi.

Pemerintah dalam hal ini Kemenkes RI memastikan kedua pasien yang terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron memiliki komorbid atau penyakit penyerta.

Kedua pasien tersebut memiliki komorbid

Sepekan kemarin Kemenkes RI Mencatat 3.205 penambahan kasus baru COVID-19, 627 kasus sembuh, dan 5 kasus meninggal akibat terpapar COVID-19. Kenaikan kasus baru konfirmasi merupakan implikasi dari peningkatan kasus konfirmasi Omicron di Indonesia.

Baca Juga :  Kasus Virus Covid-19 Varian Omicron, Sepekan Meningkat di Sejumlah Negara

Dimana sejak 15 Desember hingga saat ini secara kumulatif tercatat 1.161 kasus konfirmasi Omicron ditemukan di Indonesia.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah dalam antisipasi penyebaran Omicron di Indonesia, mulai dari menggencarkan 3T terutama di wilayah pulau Jawa dan Bali, peningkatan rasio tracing, menjamin ketersediaan ruang isolasi terpusat, menggencarkan akses telemedisin, serta meningkatkan rasio tempat tidur untuk penanganan COVID-19 di rumah sakit.

Baca Juga :  Mendapat Arahan Dari Jokowi, WH Perintahkan Semua Pihak Waspada Omicron

Terbaru, Kementerian Kesehatan juga telah mengeluarkan aturan baru untuk penanganan konfirmasi Omicron di Indonesia, yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus Covid-19 Varian Omicron yang ditetapkan pada 17 Januari 2022.

“Melalui Surat Edaran ini, penanganan pasien konfirmasi Omicron sesuai dengan penanganan COVID-19, dimana untuk kasus sedang sampai berat dilakukan perawatan di rumah sakit, sementara tanpa gejala hingga ringan, difokuskan untuk Isolasi mandiri dan Isolasi Terpusat” jelas dr. Nadia. (Cep/Amul)

Share :

Baca Juga

Nasional

BESOK Rekrutmen Pendamping Lokal Desa Kemendesa 2023 Dibuka, Berikut Cara Daftar dan Persyaratannya

Nasional

Buruan Daftar! PT Doosan Heavy Industries Indonesia Buka Lowongan Kerja, Pendaftarannya Ditutup 9 Februari 2023

Nasional

Diresmikan Airlangga Hartanto, GIIAS Langsung di Tengok Jokowi

Nasional

Lowongan Kerja Bank BJB Kantor Cabang Serang Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Nasional

Terungkap! Ini Alasan Kapolri Kirim Surat ke Jokowi untuk 56 Pegawai KPK.

Nasional

Pasca Kebakaran Lapas Tangerang, Kapolresta Tangerang Cek Rutan Jambe

Nasional

Alhamdulillah! Kuota Haji Indonesia Tahun 2023 Bertambah, Segini Jumlahnya

Nasional

Cara Mengatasi Lupa Password Saat Login Akun PPPK Guru