Omicron Diprediksi Meningkat, Jokowi Minta Masyarakat Gunakan Layanan Telemedicine - MEGATRUST

Home / Nasional

Sabtu, 29 Januari 2022 - 10:17 WIB

Omicron Diprediksi Meningkat, Jokowi Minta Masyarakat Gunakan Layanan Telemedicine

FOTO : Presiden Republik Indonesia Jokowi. Tangkapan layar di akun instagramnya @jokowi

FOTO : Presiden Republik Indonesia Jokowi. Tangkapan layar di akun instagramnya @jokowi

Megatrust.co.id, JAKARTA, – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi meminta masyarakat gunakan layanan Telemedicine. Pasalnya, pemerintah memprediksi kasus Covid-19 varian Omicron akan meningkat beberapa pekan ke depan.

“Saat ini kita menghadapi lonjakan kasus Covid-19 utamanya varian omicron, dan kenaikan ini diperkirakan akan terus meningkat dalam beberapa minggu ke depan,” kata Jokowi dalam siaran pers nya dilihat Megatrust.co.id di akun Instagramnya miliknya @Jokowi, pada Sabtu (29/1/2022).

Baca Juga: Dua Pasien Omicron di Kota Tangerang Selesai Jalani Isolasi di Rumah Sakit

“Salah satunya melalui layanan telemedicine aplikasi layanan kesehatan. tidak semua kasus covid omicron membutuhkan layanan langsung, karena gejalanya tidak membahayakan, minimal kontak ini akan mencegah penyebaran yang meluas,” tambahnya.

Perlu diketahui, Telemedicine merupakan layanan kesehatan berbasis online. Masyarakat bisa melakukan konsultasi kepada dokter secara online.

Baca Juga: Covid-19 Varian Omicron di Tangerang Terdeteksi Menyebar, Aktifitas Belajar Mengajar Dikurangi Kembali

Jokowi juga meminta kepada masyarakat Indonesia, ketika diketahui terkonfirmasi positif atas hasil tes PCR supaya melakukan isolasi mandiri di rumah, dan melakukan konsultasi kesehatan melalui Telemedicine.

“Ketika hasil PCR sodara postif tanpa ada gejala, silahkan melakukan isolasi mandiri di rumah selama 5 hari, bila ada gejala batuk, pilek atau gejala demam, silahkan menggunakan telemedicine atau ke puskesmas atau ke dokter terdekat,” katanya.

Baca Juga: Terkonfirmasi Covid-19 Varian Omicron, Kemenkes Mencatat 2 Meninggal Dunia

“Dengan demikian beban fasilitas kesehatan dari puskesmas sampai rumah sakit bisa berkurang, ini penting agar fasilitas kesehatan kita lebih fokus menangani gejala berat maupun pasien-pasien lain yang membutuhkan pelayanan intensif,” tambah dia.

Mantan Wali Kota Solo itu menjelaskan, pemerintah Indonesia telah belajar dari lonjakan Covid-19 varian Omicron dibeberapa negara di dunia. Jokowi memastikan, pihaknya sudah melakukan persiapan terlebih dahulu, terutama persipan fasilitas kesehatan.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Varian Omicron Meningkat, Pemkot Tanggerang Langsung Lakukan Rakor

“Belajar dari lonjakan kasus varian omicron yang terjadi terlebih dahulu di berbagai negara, pemerintah sudah melakukan banyak persiapan untuk menghadapinya, perbaikan sarana dan prasarana fasilitas kesehatan disesusaikan dengan karakter varian omicron yang berbeda dari sebelumnya dan membutuhkan penanganan yang berbeda pula,” katanya.

Kendati begitu, Ia meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik. Masyarakat juga diminta untuk patuhi protokol kesehatan, dan mengurangi aktifitas yang tidak penting.

Baca Juga: Mendapat Arahan Dari Jokowi, WH Perintahkan Semua Pihak Waspada Omicron

“Saya minta, semuanya tetap tenang tidak panik, terapkan protokol kesehatan, kurangi aktifitas yang tidak perlu. saya mengajak sodara sekalian menjaga kesehatan diri masing-masing untuk meningkatkan imunitas,” pungkasnya. (Amul/Red)

Share :

Baca Juga

Nasional

Jokowi Beli Hewan Kurban di Cilegon. Segini Berat dan Harganya?

Nasional

Sah, Erick Thohir Resmi Calonkan Diri Sebagai Ketum PSSI

Nasional

Kisah Pilu Dibalik Hari Pahlawan 10 November, Puluhan Ribu Rakyat Surabaya Tewas Melawan Sekutu

Nasional

Viral! Pelanggan Kritik Minuman Es Teh Indonesia Terlalu Manis, Berujung Kena Somasi

Daerah

Mempercepat Pencairan, Pejabat Kemensos Turun Tangan Cairkan Bansos di Cilegon

Nasional

Meski Kasus Covid-19 Sudah Turun, BSD Sinar Mas Land Tetap Guyur Warga dengan Sembako

Nasional

Lowongan Kerja Sales Supervisor PT Universal Indofood Product, Cek Ya Persyaratannya

Nasional

Odong-odong Maut di Serang, Kapolda Banten Instruksikan Dilarang Beroperasi di Jalan Raya