67 Pesawat Dipindahkan dari Halim ke Soetta. Pelayanan Sempat Ditutup - MEGATRUST

Home / Nasional

Minggu, 30 Januari 2022 - 10:50 WIB

67 Pesawat Dipindahkan dari Halim ke Soetta. Pelayanan Sempat Ditutup

Megatrust.co.id, JAKARTA, – Sedikitnya 67 Pesawat Dipindahkan dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta ke Bandara Soetta atau Soekarno Hatta. Atas perpindahan pesawat itu pelayanan di Bandara Halim sempat ditutup.

Penutupan pelayanan bandara Halim Perdana Kusuma dilakukan atas peraturan Presiden Nomor 9 tahun 2022.

Dijelaskan, Direktur Utama PT Angkasa Pura II  (persero) atau AP II Muhammad Awaluddin, skenario perpindahan pesawat komersial dari Bandara Halim Perdanakusuma ke bandara penerima berjalan lancar.

Pesawat komersial terakhir yang berpindah dari Bandara Halim Perdanakusuma adalah N881SG – Boeing Business Jet (BBJ) yang lepas landas sekitar pukul 23.36 WIB menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Baca Juga :  Foto: Pernak-pernik Imlek Mulai Menjamur di Glodok

Seluruh pesawat komersial yang dioperasikan maskapai niaga berjadwal dan tidak berjadwal sebanyak 67 unit telah dipindahkan secara bertahap pada 22-25 Januari 2022 ke bandara penerima.

“Skenario perpindahan pesawat komersial dari Bandara Halim Perdanakusuma ke bandara penerima berjalan sangat lancar,” kata Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (26/1/2022).

Awaluddin menambahkan Bandara Soekarno-Hatta mengoptimalkan parking stand yang ada untuk menerima kepindahan pesawat dari Bandara Halim Perdanakusuma.

Baca Juga :  Foto: Pernak-pernik Imlek Mulai Menjamur di Glodok

“Bandara Soekarno-Hatta memiliki parking stand yang bisa untuk memarkir hingga 270 unit pesawat, sehingga kapasitas sangat siap untuk menerima kepindahan pesawat dari Bandara Halim Perdanakusuma,” jelasnya.

Dia menambahkan, koordinasi dengan maskapai juga sudah dilakukan terkait penempatan pesawat dan terminal penumpang pesawat. Melalui perpindahan pesawat ini, Awaluddin mengatakan, Bandara Soekarno-Hatta dapat mendukung revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma sekaligus memastikan konektivitas penerbangan nasional tetap terjaga.

Baca Juga :  Omicron Diprediksi Meningkat, Jokowi Minta Masyarakat Gunakan Layanan Telemedicine

Sementara itu, sejak kemarin (26/1/2022), penerbangan niaga berjadwal Batik Air dan Citilink yang sebelumnya dioperasikan di Bandara Halim Perdanakusuma saat ini mulai beroperasi di  Bandara Soekarno-Hatta. Batik Air beroperasi di Terminal 2E dan Citilink beroperasi di Terminal 3.

Penerbangan VVIP dan VIP kini juga dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta. Bandara Soekarno-Hatta memiliki Terminal VIP yang berada di kawasan Terminal 3 yang difungsikan untuk melayani penerbangan tamu kenegaraan. (Cep/Amul)

Share :

Baca Juga

Nasional

Gubernur Banten Siap Pertimbangkan Cabut Laporan. Asalkan Buruh…

Nasional

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Jadi Ketua Umum Partai PPP

Nasional

Aksi Damai Bela Palestina di Jakarta, Menag RI Ajak Masyarakat Bela Palestina dan Junjung Tinggi Kemanusiaan

Nasional

Bersamaan Dengan Kongres, PFI Luncurkan Buku Standarisasi Uji Kompetensi

Nasional

Buruan Daftar! PT Karunia Berca Indonesia Buka Lowongan Kerja, Ini Syarat Kualifikasinya

Nasional

Puasa Ramadhan 2023 Dilaksanakan pada Tanggal Berapa? Cek di Sini

Nasional

PT Asia Chemical Industry Penempatan di Cikande Buka Lowongan Kerja, Fresh Graduate Bisa Daftar

Nasional

PT Pos Indonesia (Kantor Pos) Serang Buka Lowongan Kerja, Berikut Syarat dan Link Pendaftaran Online