BMKG Beri Peringatan Dini Waspada Gelombang Tinggi dan erupsi Gunung Anak Krakatau - MEGATRUST

Home / Nasional

Jumat, 4 Februari 2022 - 19:22 WIB

BMKG Beri Peringatan Dini Waspada Gelombang Tinggi dan erupsi Gunung Anak Krakatau

FOTO : Gambar dok BMKG co.id

FOTO : Gambar dok BMKG co.id

MEGATRUST.CO.ID, – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG beri peringatan dini kepada masyarakat waspada gelombang tinggi dan erupsi Gunung Anak Krakatau atau GAK.

Informasi yang didapat Megatrust.co.id, BMKG mengimbau untuk menjauhi Pantai Selat Sunda, mewaspadai potensi gelombang tinggi dan waspada erupsi GAK. Pesan itu juga mengatasnamakan dan disebar oleh BMKG.

Baca Juga: Pantauan Aktifitas Erupsi Gunung Anak Krakatau

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Tangerang, Suwardi, membenarkan isi pesan tersebut. Tujuannya, untuk memberi peringatan dini dan kewaspadaan bagi masyarakat di pesisir Selat Sunda, terutama wilayah Banten.

“Iya benar itu, semalam kan pada rapat, akhirnya disebar sebagai bentuk peringatan dini dan kewaspadaan di masyarakat dan stakeholder,” kata Suwardi, kepala BMKG Tangerang, Jumat (04/02/2022).

Baca Juga: Gempa Kembali Terjadi Guncang Banten Berkekuatan Magnitudo 5,5 Tidak berpotensi tsunami.

Rapat dadakan yang diadakan secara daring pada Kamis malam, 03 Februari 2022, untuk menyikapi perkembangan aktifitas vulkanik Gunung Anak Krakatau di perairan Selat Sunda.

Dimana, sejak Kamis hingga saat ini, Jumat, 03-04 Februari 2022, aktifitas Anak Krakatau masih meningkat. Bahkan semburan abu vulkaniknya mencapai 800 meter dari puncaknya.

Baca Juga: Gunung Anak Krakatau Kembali keluarkan Asap Tebal, Ketinggian Sampai 1000 Meter.

“Pesan peringatan dini hanya segitu (isinya), sebagai bentuk kewaspadaan. Mengingat adanya hembusan abu vulkanik di Gunung Anak Krakatau yang dikeluarkan oleh PVMBG,” ujarnya.

Suwardi memastikan peralatan BMKG dan PVMBG untuk memantau kondisi Anak Krakatau dan ketinggian air laut di Selat Sunda, berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Gunung Anak Krakatau Hembuskan Asap Setinggi 200 Meter

Termasuk alat ukur water level dan kegempaan juga terpasang di sekitar pulau sibesi Anak Krakatau dan perairan Selat Sunda. Kepada seluruh masyarakat di pesisir selat sunda diharapkan tetap beraktivitas seperti biasa tidak perlu panik namun tetap waspada terhadap aktivitas Gunung Anak Krakatau. (Amul/Red)

Share :

Baca Juga

Nasional

Pemudik Mulai Datangi Pelabuhan Merak

Nasional

Polisi Petakan Jalur Rawan Begal saat Mudik di Wilayah Lampung

Nasional

Grab Indonesia Berikan Rp100 Juta dan Gratis GrabFood Setahun Untuk Ni Nengah Widiasih, Peraih Medali Perak Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020

Nasional

Puasa Ramadhan 2023 Dilaksanakan pada Tanggal Berapa? Cek di Sini

Nasional

Pembalap Dunia Konvoi Melintasi Bundaran HI Jakarta

Nasional

Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi UMPTKIN 2024

Nasional

Cara Mudah Cek KTP Digunakan Untuk Pinjol atau Tidak

Nasional

Kemenkes Larang Penggunaan Obat Sirup Bagi Anak Balita