Mempercepat Pencairan, Pejabat Kemensos Turun Tangan Cairkan Bansos di Cilegon - MEGATRUST

Home / Daerah / Nasional

Jumat, 11 Februari 2022 - 15:39 WIB

Mempercepat Pencairan, Pejabat Kemensos Turun Tangan Cairkan Bansos di Cilegon

Beni Sujanto Sekretaris Direktorat Jendral Penanganan Pakir Miskin Kementrian Sosial Republik Indonesia memberikan Bansos ke salah seorang warga di Kecamatan Cibeber, Jumat (11/2/2022)

Beni Sujanto Sekretaris Direktorat Jendral Penanganan Pakir Miskin Kementrian Sosial Republik Indonesia memberikan Bansos ke salah seorang warga di Kecamatan Cibeber, Jumat (11/2/2022)

Megatrust.co.id, CILEGON, – Mempercepat pencairan, pejabat Kemensos atau Kementerian Sosial turun tangan cairkan Bansos atau Bantuan Sosial di Kota Cilegon, Jumat (11/2/2022).

Pejabat Kemensos yang turun tangan cairkan bantuan di Kota Cilegon yakni Sekretaris Jendral atau Sekjen Kemensos Harry Hikmat. Hal itu, sejalan dengan arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Baca Juga: Usut Tuntas Maling Bansos, Kejati Banten Sabet Penghargaan Dari Kemensos

Risma meminta, semua pejabat di lingkungan Kemensos melakukan percepatan pencairan bantuan sosial di sejumlah daerah. Hari ini, Beni Sujanto Sekretaris Direktorat Jendral Penanganan Pakir Miskin Kementrian Sosial Republik Indonesia melakukan kunjungan kerja di Kota Cilegon Banten, untuk menindaklanjuti arahan Mensos.

Ada dua lokasi yang menjadi titik kunjungan Sekjen yakni kantor Bank Mandiri Kota Cilegon di Jl Letjen Suprapto dan E-Warong Cibeber Makmur, di Kelurahan Karangasem, Kecamatan Cibeber.

Baca Juga: Soal Bansos, Wali Kota Tangerang : Tidak Boleh Ada Potongan

Di lokasi pertama diundang untuk mencairkan bantuan sebanyak 939 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan di lokasi kedua sebanyak 404 KPM. Tentu saja, kedatangan KPM diatur sedemikian rupa untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan Covid 19.

Pencairan bansos yang dilakukan hari ini adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Kartu Sembako Reguler, Kartu Sembako PPKM, dan Program Keluarga Harapan (PKH). Di Kota Cilegon, cukup banyak KPM yang belum melakukan transaksi.

Baca Juga: Sekda Bersama Forkopimda Provinsi Banten Lakukan Patroli Bagikan Paket Bansos

Dari pengalaman di beberapa daerah, kebanyakan kurangnya akselerasi saluran bansos terkait dengan bagaimana menjangkau kelompok rantan, yakni lanjut usia dan penyandang disabilitas. Karena kondisi yang mereka alami, tidak mudah menghadirkan mereka ke kantor bank.

Untuk mengakselerasi pencairan bantuan, Sekjen menyerukan kepada berbagai pihak untuk meningkatkan koordinasi. Kepada bank penyalur, Sekjen meminta agar mereka bernisiatif jemput bola.

Baca Juga: Gila! Operasi Semalam Maling Gondol Tujuh Handphone dari Tiga Rumah berbeda di Pandeglang

“Bank saya minta untuk bergerak door to door mendatangi KPM,” katanya.

Untuk keperluan itu, ia meminta dukungan semua pihak termasuk pemda menggunakan berbagai fasilitas yang memungkinkan salur bansos mendekati lokasi tinggal KPM. Apakah itu kantor camat, kantor desa/lurah, atau fasilitas lain yang memungkinkan. (Amul/Red)

Share :

Baca Juga

Daerah

Iman Ariyadi Pastikan Golkar Menang pada Pemilu 2024. Terpilih Jadi Wali Kota Cilegon

Daerah

62 Perusahaan Buka 6000 Loker Pada Job Fair Banten, Ada Peluang Bekerja ke Luar Negeri, Buruan registrasi ini linknya

Daerah

Simak Lagi, Daftar Besaran UMP dan UMK di Banten yang Berlaku 1 Januari 2023

Daerah

Sopir Angkot Menjerit. Dishub Kota Cilegon Belum Jelaskan Tarif

Daerah

Polemik Jalan Juanda dan Garuda, Pemkot Tangerang Nilai AP II Abaikan Persoalan Jalan Rusak

Nasional

Dua Warga Tangerang Selatan Positif Cacar Monyet, Diduga Akibat Hubungan Sesama Jenis

Nasional

Netralitas ASN pada Pemilu 2024 Mendatang Masih Diragukan. Ini Kata Bawaslu

Nasional

Buruan Daftar! PT MC Pet Film Indonesia Buka Loker Penempatan di Cilegon Formasi Ini Yang Dibutuhkan