Perayaan Cap Go Meh Tahun 2022. Simak Maknanya - MEGATRUST

Home / Daerah

Selasa, 15 Februari 2022 - 15:54 WIB

Perayaan Cap Go Meh Tahun 2022. Simak Maknanya

Masyarakat Keturunan Thionghoa sedang melakukan sembahyang di Kelenteng Boen San Bio Jalan. KS.Tubun Pasar Baru Kota Tangerang dalam merayakan Cap Go Meh. (Megatrust/Dennys).

Masyarakat Keturunan Thionghoa sedang melakukan sembahyang di Kelenteng Boen San Bio Jalan. KS.Tubun Pasar Baru Kota Tangerang dalam merayakan Cap Go Meh. (Megatrust/Dennys).

Megatrust.co.id, TANGERANG, – Perayaan Cap Go Meh tahun 2022 di klenteng Boen San Bio di jalan KS Tubun, Pasar Baru, Kota Tangerang, tidak seperti biasanya. Warga Thionghoa hanya melakukan sembahyang biasa saja.

Cap Go Meh dirayakan warga Thionghoa 15 hari setelah Imlek. Namun setelah Pemerintah Kota atau Pemkot Tangerang kembali menaikan level 3 dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM klenteng Boen San Bio hanya dibuka untuk sembahyang saja.

Baca Juga :  Barongsai dan Liong Tidak Meriahkan Tahun Baru Imlek di Vihara Banten

Perayaan Cap Go Meh menjadi satu tradisi warga keturunan Thionghoa. Cap Go Meh adalah bagian dari perayaan Imlek yang diperingati 15 hari setelah tahun baru Imlek, dan juga menjadi hari terakhir rangkaian masa perayaan Imlek. Cap Go Meh 2022 jatuh pada hari Selasa, 15 Februari 2022.

Berikut arti kata dari Cap Go Meh. Kata Cap Go Meh berasal dari dialek Tiociu atau Hokkien, “Cap Go” yang artinya “Lima Belas” dan “Meh” artinya malam, jadi Cap Go Meh adalah Malam ke 15 setelah Imlek atau malam terakhir perayaan Imlek.

Baca Juga :  Foto: Sembahyang Malam Tahun Baru Imlek di Tangerang

“Untuk tahun ini kita tidak merayakan Cap Go Meh seperti biasa, karena Kota Tangerang kembali PPKM naik level 3, untuk mencegah kerumunan dan penularan Covid-19, kami hanya mengadakan sembahyang bagi umat saja,” tutur Liyu ketua perkumpulan Klenteng Boen San Bio saat di hubungi melalu telpon genggam. Selasa (15/2/22).

Dengan tidak adanya perayaan Cap Go Meh di klenteng mereka masih bisa merayakan bersama keluarga di rumah dan tidak berkerumun. (Dens/Amul).

Share :

Baca Juga

Daerah

Viral! Pengadaan Baju Dinas DPRD Kota Tangerang. Brand Asal Prancis Jadi Sorotan

Daerah

Warga Banten Diminta untuk Karantina Jika Pulang Dari Luar Negeri.

Daerah

Tidak Tinggal Diam, Direktur PDAM Kota Cilegon Tidak Terima Dicopot, Akan Tempuh Jalur Hukum

Daerah

Waktu Buka Untuk Pengunjung GIIAS Diperpanjang, Simak Alasannya

Daerah

Prakiraan Cuaca Menurut BMKG Selasa 30 November untuk Wilayah Pelabuhan Merak dan Kota Cilegon

Daerah

Mempercepat Pencairan, Pejabat Kemensos Turun Tangan Cairkan Bansos di Cilegon

Daerah

Tak Berpatok Pada Data BPS, Bantuan JSCB Dinsos untuk Warga Miskin Ternyata Berdasarkan DTKS

Daerah

Suspek Cacar Monyet Ditemukan di Cilegon, Ini Kata Dinkes Cilegon