Pelabuhan Cilegon Mandiri Akan Ekploitasi Bisnis Hingga ke Bagian Utara - MEGATRUST

Home / Daerah

Jumat, 18 Februari 2022 - 16:36 WIB

Pelabuhan Cilegon Mandiri Akan Ekploitasi Bisnis Hingga ke Bagian Utara

Wali Kota Cilegon bersama Direksi PT Pelabuhan Cilegon Mandiri melakukan foto bersama usai RUPS. Amul/Megatrust.co.id

Wali Kota Cilegon bersama Direksi PT Pelabuhan Cilegon Mandiri melakukan foto bersama usai RUPS. Amul/Megatrust.co.id

Megatrust.co.id, CILEGON,PT Pelabuhan Cilegon Mandiri atau PCM akan eksploitasi bisnisnya hingga ke bagian utara Selat Sunda.

Bagian utara Selat Sunda yakni daerah Bojonegara, Kabupaten Serang. PT Pelabuhan Cilegon Mandiri rencananya akan menyasar market baru diwilayah tersebut, untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya.

Baca Juga: Tanaman Nelayan Tanjung Peni di Lahan PCM di Tabrak Proyek Pembuangan Pasir PT Lotte Chemical, Nelayan Mengaku Kecewa

Hal itu terungkap saat direksi menggelar Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS PT Pelabuhan Cilegon Mandiri pada Kamis 17 Februari 2022 untuk meminta restu para pemegang saham dalam hal ini Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan, RUPS yang digelar pihaknya bersama dengan PT PCM karena ada usulan dari PT PCM untuk melakukan pengembangan usaha atau menyasar market baru.

Baca Juga: Ada Dugaan Penyelewengan Anggaran, Inspektorat dan BPKP Audit BPRS dan PCM

“RUPS ini yang pertama adalah adanya usulah dari pihak PCM sehubungan dengan market yang baru, pangsa pasar baru. Jadi PCM melakukan beberapa terobosan untuk mengantisipasi keterbatasan yang ada, makanya kita bikin yang namanya pengembangan market,” kata Helldy kepada awak media usai RUPS di kantor PCM.

Kata dia, nantinya Badan Usaha Milik Daerah atau BUMD Kota Cilegon, itu akan melakukan kerjasama dengan sistem KSO atau Kerjasama Operasi dengan pemilik kapal pandu tunda.

Menurutnya, hal tersebut merupakan keuntungan untuk BUMD yang bergerak dibidang kepelabuhanan itu. Karena dalam kerjasama tersebut, BUMD milik Kota Cilegon tidak mengeluarkan biaya.

Baca Juga: DPRD Kota Cilegon Pertanyakan Kontrak Kinerja Direksi PT PCM Sesudah Dilantik

“Pertama dengan melakukan KSO dengan pemilik pandu tunda. dalam hal ini kita tidak mengeluarkan biaya sama sekali, kita hanya mencarikan marketnya saja, tidak ada biaya untuk pemeliharaan, tidak ada biaya menggajih, tidak ada biaya beli solar semuanya ditanggung oleh pemilik pandu tunda, kami hanya menciptakan marketnya,” terangnya.

Kata dia, sudah ada tiga kapal Tugboat yang nantinya akan kerjasama dengan sistem KSO. Dimana, satu Tugboat tersebut berkekuatan 2.500 Horsepower, dan dua Tugboat berkekuatan 1.000 Horsepower.

Lebih lanjut, kata Helldy ketiga Tugboat tersebut nantinya akan melayani kapal-kapal tongkang batu bara dan kapal lainnya yang kuantitasnya lebih kecil.

Baca Juga: Dugaan TugBoat Goib di PCM, Polres Cilegon Dalami Kasus

“Kita akan tambah 3 kapal, pertama 2500 horsepower dan dua kapal lainnya 1000 horsepower,” terangnya.

Setelah dianalisa, Mantan sales Toyota itu mengungkapkan keuntungan kerjasama tersbut bisa mencapai Rp1 miliar dalam satu bulan.

Baca Juga: Kejari Cilegon Periksa 19 Saksi Hingga ke Nasabah. Belum Bisa Ungkap Tersangka

“Pendapatan yang kita prediksi itu minimal sebesar Rp1 milliar per bulan, pendapatannya. Sehingga ada penambahan kurang lebih Rp12 miliar per tahun,” terang dia. (Amul/Red)

Share :

Baca Juga

Daerah

Pemkot Cilegon Dorong Wirausaha Penyandang Disabilitas

Daerah

Jelang Nataru Harga Telur Ayam di Pasar Kranggot Merangkak Naik, Segini Harganya

Daerah

Geledah Barang Napi di Rutan, Petugas Temukan HP dan Charger serta Sendok Stainless.

Daerah

Ternyata Ini Makna Kostum Cilegon Ethnic Carnival yang Akan Digunakan Wanita Cantik Asal Cilegon pada Ajang Puteri Wisata Tingkat Nasional

Daerah

TPSA Bagendung Bakal Dapat Kiriman Sampah dari Kabupaten Serang

Daerah

Baznas Buka Beasiswa Santri Ada Bantuan Rp6 Juta, Simak Cara Daftarnya

Daerah

PMI Adakan Kegiatan Safari Donor Darah Tingkat Kecamatan

Daerah

Diguyur Hujan Semalam, Ratusan Rumah Warga di Kota Cilegon Terendam Banjir