26.8 C
Cilegon
Kamis, Februari 2, 2023
spot_img

Urutan 12 Nama Bulan Dalam Kalender Islam Beserta Artinya

MEGATRUST.CO.ID, – Umat Islam sedianya memiliki kalender sendiri atau yang disebut dengan Kalender Hijriah (H), yang ditetapkan pada masa Khalifah Umar bin Khattab.

Sejarah penetapannya merujuk pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Penanggalan pada Kalender Hijriah dimulai dari 1 Muharram dan berakhir pada bulan Dzulhijjah. Sama dengan Kalender Masehi, Kalender Hijriah juga terdiri dari 12 bulan.

Baca Juga: Jangan Salah Arti. Ini Makna Muharam Menurut Ustad Adi Hidayat

Yang membedakan adalah, Kalender Hijriah menggunakan perhitungan orbit bulan pada bumi, sedangkan Kalender Masehi menggunakan perhitungan pergerakan matahari.

Perbedaan lain yaitu, pada Kalender Hijriah awal hari dimulai saat matahari terbenam, sementara pada Kalender Masehi awal hari dihitung dari pukul 00.00 malam.

Baca Juga: Pahalanya Besar, Lakukan Puasa Muharram, Catat Nih Waktunya

Melansir orami.co.id, inilah deretan nama-nama bulan Islam dalam kalender Hijriah beserta artinya yang dikutip Megatrust.co.id. Senin, (01/08/2022).

  1. Muharram
    Ini termasuk bulan yang dihormati. Muharram memiliki arti terlarang. Saat diberi nama ini, orang-orang tidak diperbolehkan berperang di bulan ini dan tiga bulan lainnya.

    Tidak boleh ada pertumpahan darah pada bulan ini. Salah satunya karena sudah menjadi hukum adat yang tak tertulis yang sudah berlaku sejak lama.

  2. Shafar
    Memiliki arti kuning, bulan ini adalah saat di mana tumbuhan mulai menguning. Namun ada pula pendapat bahwa Shafar memiliki satu suku kata dengan kata “Shifr” yang berarti kosong.

    Bulan ini dinamakan shofar atau shifr, karena pada bulan ini bangsa Arab mengosongkan rumah-rumah mereka dan beralih ke medan perang.

  3. Rabiul Awal
    Artinya musim gugur pertama. Sesuai namanya, “Rabi” yang berarti musim semi, bulan ini dinamakan demikian karena memang itu yang terjadi saat itu di negara Arab.
  4. Rabiul Akhir atau Rabiuts Tsani
    Rabiul Akhir artinya musim gugur kedua. Namanya mengikuti nama bulan sebelumnya karena musim gugur yang masih berlangsung. Dan kata “Tsani” artinya yang kedua.
  5. Jumadil Awal
    Jumadil Awal artinya musim dingin pertama. Dulu di masa Jahiliyah, namanya Jumada Khamsah. Jumada, asal katanya Jamid yang berarti beku atau keras.

    Dikatakan seperti itu karena bulan ini adalah musim panas, yang karena saking panasnya, air bisa saja membeku atau artinya kekeringan. Ini bisa dikatakan sebagai bentuk metafora.

  6. Jumadil Akhir
    Artinya musim dingin kedua. Bulan ini juga biasa disebut dengan nama Jumada al-Akhirah. Namanya mengikuti bulan sebelumnya.
  7. Rajab
    Artinya cair, yakni saat di mana es sudah mulai mencair. Dalam tradisi Arab, bulan Rajab adalah termasuk bulan yang haram untuk melakukan peperangan.

    Dinamakan Rajab karena memang salah satu makna Rajab dalam bahasa Arab ialah sesuatu yang mulia. Maksudnya mereka memuliakan dirinya dan orang lain dengan tidak membunuhnya. Ada juga yang mengatakan bahwa Rajab berarti melepaskan mata pisau dari tombak sebagai simbol berhentinya perang.

  8. Sya’ban
    Artinya lembah, orang-orang Arab sudah mulai ke ladang untuk bercocok tanam. Ada juga yang mengatakan bahwa bulan hijriah ini berasal dari kata Syi’b yang berarti kelompok.

    Dinamakan begitu karena ketika masuk bulan Sya’ban, orang-orang Arab kembali ke kelompok (suku) mereka masing. Dan mereka berkelompok lagi untuk berperang setelah sebelumnya di bulan Rajab mereka hanya duduk di rumah masing-masing.

  9. Ramadhan
    Artinya pembakaran, karena sudah mulai masuk musim panas. Ini berasal dari kata “Ramadh” yang maknanya ialah panas yang menyengat atau membakar.

    Dinamakan seperti itu karena memang matahari pada bulan ini jauh lebih menyengat dibanding bulan-bulan lain. Dan panas yang dihasilkannya lebih tinggi dibanding yang lain.

  10. Syawal
    Artinya peningkatan suhu, panas sekali. Ada juga pendapat lain terkait penamaan bulan hijriah ini yang berkaitan dengan burung.

    Bangsa Arab mengenal jenis burung an-Nauq yang biasanya hamil di bulan ini dan mengangkat sayap serta ekornya, sehingga terlihat kurus badannya.

    Mengangkat sayap atau ekor disebut dengan “Syaala” yang merupakan asal kata dari nama bulan Syawal.

  11. Dzulqa’dah
    Artinya saat orang duduk-duduk tidak keluar rumah karena bersal dari kata dari Qa’ada yang berarti duduk atau istirahat tidak beraktivitas.

    Dinamakan demikian karena pada bulan ini orang-orang Arab sedang duduk dan istirahat dari berperang guna menyambut bulan haji, yaitu Dzul-hijjah. Bulan tersebut juga diharamkan untuk berperang.

  12. Dzulhijjah
    Artinya bulan untuk berhaji. Sudah bisa dipahami dari katanya bahwa bulan ini adalah bulannya orang berhaji ke Mekkah.

    Dan hal ini menjadi tradisi bahkan sebelum Islam datang, bahwa bangsa Arab sudah punya kebiasaan pergi haji dan melakukan thawaf di Ka’bah.

Itulah 12 nama-nama bulan dalam kalender Islam beserta artinya. Semoga bisa menambah pengetahuan ya. (Nad/Amul)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

147,332FansSuka
456,433PengikutMengikuti
14,132PengikutMengikuti
PelangganBerlangganan
- Advertisement ads-

Latest Articles

- Advertisement ads-
%d blogger menyukai ini: