26.3 C
Cilegon
Rabu, November 30, 2022
spot_img

Pengemudi Wajib Tahu Arti Huruf dan Angka pada Persneling Mobil Matik

MEGATRUST.CO.ID, – Para pengemudi wajib tahu nih, arti dari hurup dan angka yang tertera pada perseneling mobil metik. Biasanya pada bawah tuas terdapat huruf dan angka P, R, N, D, 2, 1/L.

Pasalnya, saat ini mobil matik semakin diminati masyarakat, karena penggunaannya yang sangat mudah, juga tidak menguras tenaga pengemudinya karena tidak perlu menginjak pedal kopling saat perpindahan gigi.

Baca Juga: Mobil Dinas Wali Kota Cilegon Dibajak di Jakarta

Sebelum memutuskan membeli mobil matik, ada baiknya mengetahui fungsi dan arti huruf serta angka pada persneling mobil matik.

Dikutip Megatrust.co.id dari Daihatsu.co.id pada Selasa, 12 September 2022, berikut fungsi kode pada tiap tuas persneling mobil matik yang harus kamu tahu.

Baca Juga: Menjelang Hari Kemerdekaan, Helldy-Sanuji Beli Mobil Dinas Baru. Segini Harganya

  1. Huruf P
    Kode ini memiliki fungsi sebagai mode parkir. Ketika, ingin memarkir mobil, gunakan mode P tersebut.

    Ketika Anda mengarahkan transmisi ke mode huruf P maka mobil Anda otomatis terkunci dan tidak bisa berjalan karena gigi-gigi di transmisi ikut terkunci.

  2. Huruf R
    Kode R berfungsi untuk memundurkan mobil. Jika Anda sedang ingin memundurkan mobil Anda tinggal arahkan saja tuas persneling ke posisi huruf R.
  3. Huruf N
    Kode N berfungsi untuk menetralkan mobil. Dalam kondisi netral maka putaran mesin yang terhubung dengan roda terputus, namun tidak terkunci seperti posisi P. Sehingga Anda dapat mendorong mobil yang dikendarai pada saat mobil mogok.
  4. Huruf D
    Kode D memiliki fungsi untuk menjalankan mobil. Pada umumnya mobil matik melaju dengan menggerakkan posisi tuas persneling ke posisi D agar mobil bergerak maju.

    Pada posisi ini terdapat kode angka 1 hingga 3. Anda bisa mengatur secara otomatis perpindahan gigi tersebut. Angka 1 untuk melewati jalan dengan turunan yang curam agar mobil melaju tidak terlalu kencang atau saat tanjakan.

    Angka 2 biasanya digunakan untuk mengatur kecepatan laju mobil dalam batas kecepatan tengah. Angka 3 memiliki fungsi bahwa mobil melaju pada gigi 3 sehingga mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

  5. Huruf L
    Kode L memiliki fungsi untuk menurunkan kecepatan mobil dari posisi gigi 3 ke posisi gigi 2 atau 1 pada saat melewati turunan atau tanjakan.
  6. Huruf S
    Kode S memiliki fungsi menambah kecepatan mobil hingga berada dalam kecepatan paling tinggi. Hanya dengan menekan tombol S maka mobil berada dalam mode Sport. Cocok digunakan untuk test drive di jalan toll atau area jalan bebas. Kode huruf ini biasanya hanya dimiliki oleh mobil matic mewah.
  7. Huruf M
    Kode M ini juga hanya terdapat di beberapa jenis mobil saja, kode huruf M pada persneling mobil matik memiliki fungsi sama dengan kode D yaitu untuk mulai melaju menjalankan mobil.

Itulah arti dan fungsi pada tiap tuas persneling mobil matik yang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat. (Nad/Amul)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

147,332FansSuka
456,433PengikutMengikuti
14,132PengikutMengikuti
PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: