26.8 C
Cilegon
Kamis, Februari 2, 2023
spot_img

ERIKS Jadi Produk Andalan PT KDL, Tinggalkan Bahan Bakar Fosil

Megatrust.co.id, CILEGON, – ERIKS (Empowering Renewable Energy of Indonesia with Krakatau Solution) menjadi produk andalan PT Krakatau Daya Listrik (KDL) yang merupakan anak perusahaan PT Krakatau Steel di penghujung tahun 2022.

Produk ERIKS milik PT KDL, itu diresmikan langsung oleh Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim, di halaman pabrik PT KDL, pada Jumat 23 Desember 2022.

Terobosan PT KDL untuk mulai meninggalkan bahan bakar fosil sudah dilakukan dengan bertahap, lantaran itu PT KDL langsung mendapatkan apresiasi dari Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim.

Baca Juga: Pembangkit Listrik Tenaga Surya Buatan KDL Diresmikan Silmy Karim

ERIKS adalah produk energi pembangkit tenaga listrik yang tidak lagi menggunakan fosil sebagai bahan bakarnya, manfaat dari Energi Baru Terbarukan adalah lebih ramah lingkungan karena dapat mengurangi pencemaran udara, kerusakan lingkungan akibat eksplorasi, dan biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan energi cenderung lebih murah karena sumber energinya tersedia secara gratis.

Selain itu, biaya pemeliharaan atau perawatan yang dibutuhkan juga diklaim lebih murah karena peralatan yang digunakan bisa dikatakan cukup sederhana.

Direktur Utama Silmy Karim berjabat tangan dengan Direktur PT KDL Nandang Harian, saat meresmikan Eriks. Amul/Megatrust.co.id

Diharapkan dengan diluncurkannya produk ERIKS, masyarakat Industri dan perumahan dapat menggunakan produk-produk EBT dengan kemudahan akses.

Baca Juga: Berbekal Kemampuan dalam Ketenagalistrikan, PT KDL Teken MoU dengan PT Krakatau Steel untuk Kembangkan Bisnis

PT KDL meresmikan beberapa project EBT yang diselenggarakan sepanjang tahun 2022. Yakni PLTS Rooftop KPI 310 kWp, PLTS Rooftop KBS 22 kWp, PLTS Residential 6 kWp, PLTS Terapung Waduk Kerenceng.

PT KDL pun menggelar pengesahan perubahan nama PT Mitra Rakata ke PT Krakatau Sarana Energi (PT KSE) serta hasil renovasi Kantor Jakarta dan Kantor Pusat Cilegon yang mendukung tema Business Transformation to Support Sustainable Renewable Energy.

Direktur Utama PT KDL Nandang Hariana mengatakan, KDL itu dulunya merupakan perusahaan pembangkit listrik. Kemudian pihaknya menyadari bahwa pembangkit listrik KDL itu adalah bahan bakarnya fosil, yaitu gas.

Baca Juga: Krakatau Daya Listrik Buka SPKLU Pertama di Cilegon. Disini Lokasinya.

“Kami sama-sama menyadari suka atau pun tidak, ketersediaan fosil itu akan habis,” katanya disela-sela acara.

Menyikapi hal tersebut,PT KDL mulai mengembangkan bisnisnya yang tidak lagi hanya seputar pembangkit tenaga listrik.

Pihaknya menambah pengembangan bisnis menjadi 3 pilar bisnis, yakni pembangkit listrik, jasa kelistrikan, serta energi baru terbarukan.

“Nah, yang di launcing har ini adalah Energi Terbarukan, energi ini brandnya bernama ERIKS. Dimana pun kami membangun, entah itu PLTS Rooftop, PLTS Terapung, brandnya tetap ERIKS,” ujarnya.

Direktur Utama PT Krakatau Steel Silmy Karim, ia turut menyambut positif langkah PT KDL. Ia mengaku sangat mendukung dinamika inovasi bisnis yang dilakukan oleh PT KDL hingga saat ini.

Baca Juga: DPRD Kota Cilegon Rekomendasikan Pekerjaan Distop, PT Krakatau Steel ‘Kekeh’ Melanjutkan Pemagaran

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi untuk PT KDL yang telah menjalankan bisnis EBT sebagai salah satu bisnis yang dikedepankan. Hal ini juga menjadi pemenuh Key Performance Indicator atau KPI di PT KS karena menjadi bentuk dukungan pada program BUMN dalam menjalankan bisnis ramah lingkungan,” ucapnya.

Tak lupa Silmy juga menekankan bahwa saat ini tidak hanya BUMN. Tapi semua industri baik di dalam dan luar negeri berlomba-lomba untuk menjalankan bisnis EBT demi meningkatkan Carbon Credit yang baik.

“Jadikan Carbon Credit ini menjadi peluang untuk bangkit dan jaya,” kata Silmy. (Amul/Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

147,332FansSuka
456,433PengikutMengikuti
14,132PengikutMengikuti
PelangganBerlangganan
- Advertisement ads-

Latest Articles

- Advertisement ads-
%d blogger menyukai ini: