Jumlah TPS Pemilu 2024 di Kota Cilegon Diproyeksikan 1.388, Ini Rinciannya - MEGATRUST

Home / Politik

Rabu, 1 Februari 2023 - 14:26 WIB

Jumlah TPS Pemilu 2024 di Kota Cilegon Diproyeksikan 1.388, Ini Rinciannya

KPU Kota Cilegon bersama PPK sedang rapat pemetaan jumlah TPS di Kota Cilegon. Rabu, 1 Februari 2023. Nadhila/Megatrust.co.id

KPU Kota Cilegon bersama PPK sedang rapat pemetaan jumlah TPS di Kota Cilegon. Rabu, 1 Februari 2023. Nadhila/Megatrust.co.id

Megatrust.co.id, CILEGON, – KPU Kota Cilegon sudah merampungkan pemetaan jumlah Tempat Pemungutan Suara atau TPS untuk Pemilu 2024 mendatang. Jumlah TPS pun diproyeksikan sebanyak 1.388 untuk 8 Kecamatan di Kota Cilegon.

Komisioner KPU Kota Cilegon Mulya Mansur mengatakan, berdasarkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu atau DP4 yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri jumlah pemilih di Kota Cilegon tercatat mencapai 325.125 orang. Setelah data itu diterima, KPU kemudian memetakan jumlah TPS untuk kebutuhan Pemilu 2024 mendatang.

“Proses pemetaan TPS berdasarkan DP4 dari Kemendagri yang di sinkronisasi oleh KPU Kota Cilegon dengan daftar pemilih tetap terakhir yang di mutakhirkan secara berkelanjutan. Data ini nanti akan kami mutakhirkan kembali untuk keperluan jumlah pemilih yang akan di coklit (pencocokan dan penelitian) pada 12 Februari sampai 14 Maret 2023,” kata Mulya kepada Megatrust.co.id. Rabu, 1 Februari 2023.

Mulya merinci, berdasarkan sebarannya, jumlah TPS paling banyak berada di Kecamatan Citangkil dan jumlah TPS paling sedikit berada di Kecamatan Purwakarta.

“Kecamatan Jombang ada 214 TPS, Kecamatan Purwakarta ada 132 TPS, Kecamatan Cibeber ada 192 TPS, Kecamatan Cilegon ada 153 TPS, Kecamatan Ciwandan ada 149 TPS, Kecamatan Citangkil ada 248 TPS, Kecamatan Pulomerak ada 162 TPS, dan Kecamatan Grogol ada 138 TPS,” ujarnya.

Mulya menyampaikan, saat ini KPU Kota Cilegon sedang fokus pemutakhiran data pemilih untuk Pemilu 2024. Rencananya, setelah pemutakhiran data pemilih rampung, KPU akan menetapkan Daftar Pemilih Sementara atau DPS hingga memplenokan Daftar Pemilih Tetap atau DPT untuk Pemilu 2024 dari Kota Cilegon.

“Petugas Pantarlih (panitia pemutakhiran data pemilih) kan sudah di bentuk, nanti mereka yang akan memverifikasi data dari DP4 ini di lapangan apakah sesuai atau tidak. Pemutakhiran ini nanti untuk keperluan menetapkan DPS hingga DPT Pemilu 2024,” tambahnya.

Kata Mulya, sepanjang tidak melampaui 300 jumlah pemilih di satu TPS tersebut maka tidak harus ada penambahan, ia berharap jumlah dan pemetaan TPS yang telah ditentukan tersebut tepat dan sesuai dengan letak geografis, sehingga memudahkan masyarakat untuk memilih.

“Mudah-mudahan TPS Pemilu 2024 tidak ada penambahan sesuai dengan jumlah 1.388 untuk memudahkan masyarakat memilih. Kalau pun nanti ada penambahan TPS, mau tidak mau harus dilakukan, nanti kami sampaikan sesuai hasil pemetaan yang valid dan sudah di estimasi,” pungkasnya. (Nad/Amul)

Share :

Baca Juga

Politik

Serahkan Formulir Pendaftaran, Andika Hazrumy Buka Kemungkinan Borong Partai

Politik

Kembalikan Formulir Penjaringan ke NasDem Tengah Malam, Robinsar : Biar Lebih Mesra

Politik

Update Hasil Sementara Pemilu 2024 DPD RI dari Banten, Anak Atut Chosiyah Masih Memimpin

Nasional

Mendapat Intruksi dari Megawati, Bantaran Sungai Cisadane Ditanam Mangrove

Politik

Demokrat Cilegon Buka Penjaringan, Helldy dan Robinsar Belum Ambil Formulir

Politik

Ngegas! Berkarya Kubu Tomi Suharto Siapkan Mesin Politik di Cilegon. Sudah Mulai Blusukan

Politik

Jangan Coba-Coba, Calon Kepala Daerah Kampanye Pake Bansos, Diancam Bui

Politik

Terkahir Besok Penutupan Pendaftaran Bacaleg DPRD Begini Kata Kepala KPU Kota Cilegon