TERNYATA, Taman Nasional Ujung Kulon Banten Menjadi Rumah Bagi Hewan Langka dan Diakui Unesco - MEGATRUST

Home / Daerah

Rabu, 20 September 2023 - 08:15 WIB

TERNYATA, Taman Nasional Ujung Kulon Banten Menjadi Rumah Bagi Hewan Langka dan Diakui Unesco

Gambar seorang pria berkebangsaan asing berdiri dibelakang Badak Bercula satu yang terkapar tak berdaya ditemani seorang pria dan senapan laras panjang. Gambar milik Taman Nasional Ujung Kulon

Gambar seorang pria berkebangsaan asing berdiri dibelakang Badak Bercula satu yang terkapar tak berdaya ditemani seorang pria dan senapan laras panjang. Gambar milik Taman Nasional Ujung Kulon

MEGATRUST.CO.ID – Siapa sangka, di Banten terdapat tempat yang sudah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh Unesco, kira-kira dimanakah lokasinya ya? Ternyata lokasinya berada di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK).

Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) ini terletak di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten tepatnya terletak di ujung barat Pulau Jawa, tempat yang indah nan asri ini ditetapkan sebagai warisan dunia.

Hal itu karena memiliki kekayaan sumber daya alam, flora dan fauna yang langka dan beragam dapat bertahan berdasarkan proses geologi yang berlangsung sejak letusan Krakatau tahun 1883.

Baca Juga : BANYAK BANGET HARI LIBUR TAHUN 2024, Berikut Tanggal Merah dan Cuti Bersama Tahun 2024

Luas wilayah TNUK sendiri dilansir dari laman whc.unesco.org, sekitar 78.525 hektar dan diperkaya dengan adanya hutan hujan dataran rendah terbesar di Pulau Jawa.

Padang rumput, hutan bakau, Pantai yang masih asli, terumbu karang dan flora serta fauna yang beragama yang menjadi bukti kemampuan alam untuk pulih dari peristiwa dahsyat meletusnya gunung Krakatau.

TNUK digadang-gadang memiliki ekosistem yang paling murni dan alami di dunia, salah satunya terdapat hewan endemic yang terancam punah, saat ini hewan tersebut dilindungi di TNUK yakni Badak Jawa bercula Tunggal.

Baca Juga : Buruan Daftar! Pemerintah Kota Cilegon Buka Lowongan Kerja untuk PPPK, Ratusan Formasi Disediakan

Tidak hanya itu, hewan lainnya yang ada di TNUK diantaranya macan tutul, anjing liar, kucing macan tutul, luwak Jawa dan beberapa spesies musang.

Tempat ini juga menjadi rumah bagi tiga spesies primate endemic yaitu owa Jawa, monyet daun jawa dan monyet daun perak.

Lebih dari 270 spesies burung telah tercatat termasuk reptile darat dan amfibi dan juga dua spesies ular Python, dua spesies buaya dan banyak pula terdapat katak dan kodok.

Baca Juga : Tak Biasa, 4 Orang Bersahabat ini Kembangkan Rampak Bedug Seni Pertunjukan Khas Pandeglang

Upaya perlindungan habitat dan individu badak bercula tunggal sangat penting dalam pengelolaan dan pelestarian ekosistem Ujung Kulon secara internasional.

Pasalnya TNUK menjadi tempat perlindungan terakhir dan satu-satunya di dunia dimana Badak Jawa bercula tunggal dapat berkembang biak secara alami. (Emil/Amul)

Share :

Baca Juga

Daerah

Dituding Bikin Macet dan Semrawut, Ratusan PKL di Cilegon Ditertibkan Pemerintah

Daerah

Dapat Intruksi Presiden, Pemkot Tangerang Minta Warga Disiplin Prokes

Daerah

Sengketa Lahan Sawit di Kalimantan, Brimob Bersenjata Lengkap Diturunkan Berjaga

Daerah

2 Tahun Tidak Ada Mudik, Kemacetan di Tol Cilegon Barat Jadi Tontonan Warga

Daerah

Mendapat Arahan Dari Jokowi, WH Perintahkan Semua Pihak Waspada Omicron

Daerah Inovasi

Keren Nih! Tidak Kehabisan Akal, Manfaatkan Limbah RPH Warga Kota Cilegon Tembus TTG ke Tingkat Nasional

Daerah

Pewarta Foto Indonesia Pamerkan Karya Jurnalistik Budaya

Daerah

Minyak Goreng Kemasan Diduga Ditimbun Sejumlah Waralaba di Anyer