PT KRAKATAU POSCO Maksimalkan Penyerapan Tenaga Kerja Lokal di Wilayah Kota Cilegon - MEGATRUST

Home / Bisnis

Senin, 16 Oktober 2023 - 19:13 WIB

PT KRAKATAU POSCO Maksimalkan Penyerapan Tenaga Kerja Lokal di Wilayah Kota Cilegon

Peserta magang PT Krakatau Posco telah melaksanakan upacara. Dok PT Krakatau Posco

Peserta magang PT Krakatau Posco telah melaksanakan upacara. Dok PT Krakatau Posco

Megatrust.co.id, CILEGON – Pabrik baja terbesar di Indonesia PT Krakatau Posco terus memaksimalkan penyerapan tenaga lokal di wilayah Kota Cilegon.

Hal itu diketahui, setelah PT KRAKATAU POSCO melaksanakan Inagurasi Management Trainee pada Jumat, 13 Oktober 2023 yang diikuti oleh 40 orang yang beralamat Kota Cilegon bertempat di gedung serbaguna milik Dinas Sosial Kota Cilegon.

Dalam upaya tersebut PT KRAKATAU POSCO bekerjasama dengan Kodim Kota Cilegon dalam melaksanakan kegiatan tersebut, hal itu dilakukan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul melalui penyerapan tenaga kerja lokal bagi program pemagangan maupun program management trainee.

Baca Juga : Giliran DPRD Kota Cilegon Gelar Shalat Istisqa Minta Turun Hujan, Ketua DPRD : Kata Ulama Harus 3 Kali

Program apprentice atau pemagangan memprioritaskan warga sekitar perusahaan dan focus terhadap jenjang lulusan SMA maupun SMK di bidang Teknik.

Program magang diselenggarakan dengan berdasar pada salah satu pilar Corporate Citizenship yakni “Society with KRAKATAU POSCO”.

Foto bersama antara manajemen PT Krakatau Posco dengan para peserta magang, di Cikerai Kota Cilegon, Dok PT Krakatau Posco.

Dimana perusahaan sebagai masyarakat industri merangkul masyarakat di lingkungan terdekat untuk memberikan pengalaman kerja terbaik yang bermanfaat bagi kehidupan di masa depan.

Baca Juga : Giliran DPRD Kota Cilegon Gelar Shalat Istisqa Minta Turun Hujan, Ketua DPRD : Kata Ulama Harus 3 Kali

Tidak hanya itu, PT KRAKATAU POSCO juga mengadakan pemagangan untuk lulusan perguruan tinggi yang disebut dengan program Management Trainee.

Perlu diketahui, sepanjang tahun 2022 dan 2023 telah diserap sebanyak 265 orang yang diantaranya 185 apprentice, 75 Management Trainee dan 5 untuk professional hired.

Dari total 256 orang yang terserap 190 diantaranya tercatat sebagai warga asli Cilegon. Salah satu dampak dari adanya perkembangan industri di Cilegon ini bukan hanya kesempatan bekerja saja.

Baca Juga : SAAT MENGANTUK JANGAN BERKENDARA! Begini Kronologi Ambulan Desa di Serang yang Menghantam Rumah Warga

Saat ini puluhan pengusaha disekitar perusahaan yang juga berkesempatan berkontribusi dalam kegiatan usaha turut memberikan kesempatan bekerja bagi tenaga kerja lokal.

Sehingga secara total penyerapan lapangan kerja dikawasan sekitar perusahaan sangat besar.

KRAKATAU POSCO sebagai salah satu industri yang mengusung pada prinsip “Corporate Citizenship” yang berkomitmen untuk fokus dalam menciptakan praktik bisnis yang bertanggung jawab dan membantu keterlibatan masyarakat demi mencapai sustainable citizen.

Baca Juga : Masyarakat Kecil Kerap Jadi Korban, Pemerintah Upayakan Bersihkan Judol Di Ruang Digital

“PTKP akan terus berkembang dan menjadi perusahaan baja termuka dikancah global. Kami akan terus berupaya mengembangkan program-program untuk membentuk generasi muda Cilegon memilik wawasan global melalui kesempatan berkerja dengan berbagai program yang kami miliki,” kata Department Head PRGA KRAKATAU POSCO Edwin Sumiroza.

“Program tersebut diantaranya Apprentice, Management Trainee, dan bagi professional hired,” sambungnya.

Masih kata Edwin, dia bilang PT Krakatau Posco kedepannya akan melakukan ivestasi tahap 2, hal itu juga akan membantu masyarakat lokal untuk mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga : MEMALUKAN! Sejoli Kepergok Warga Mesum di Kebon Keramat, Keduanya Nyaris Telanjang Bulat

“Dengan adanya investasi tahap 2 yang akan dilakukan, kami berupaya untuk dapat membuka peluang dan kesempatan bagi masyarakat lokal baik dalam lapangan pekerjaan maupun kesempatan usaha,” tutur Edwin Sumiroza.

Selain pemberdayaan tenaga kerja lokal secara maksimal, aksi corporate citizenship perusahaan juga terus digalakkan, dengan berfokus pada lingkungan terdekat sekitar.

Sepanjang tahun 2021 hingga 2023 KRAKATAU POSCO telah menyalurkan bantuan kesehatan, pendidikan, sarana infrakstruktur dan lainnya untuk pemberdayaan masyarakat sekitar senilai Rp900 juta.

Baca Juga : Badak Bercula Satu Melahirkan anak ke 4 di Taman Nasional Ujung Kulon

Gedung Community Learning Center (CLC) telah dibangun di tengah-tengah masyarakat di sekitar perusahaan, hal itu dimaksudkan sebagai wadah dan fasilitas untuk menyelenggarakan beragam kegiatan pelatihan dalam rangka meningkatkan keahlian dan kemampuan tenaga kerja setempat.

Diantaranya pelatihan bahasa korea dan pelatihan dalam menghadapi tes kerja telah dilangsungkan beberapa waktu lalu yang bekerja sama dengan disnaker Kota Cilegon.

“PTKP akan terus berkembang dan menjadi perusahaan baja termuka dikancah global. Kami akan terus berupaya mengembangkan program-program untuk membentuk generasi muda Cilegon memilik wawasan global baik melalui kesempatan berkerja,” kata dia.

Baca Juga : Kali di Kota Cilegon Banyak Sampah dan Mengalami Pendangkalan, Kabid Sampah : Kita Ingin Punya Alat

“Kesempatan berusaha dan peningkatan sumberdaya manusia dengan berbagai program menuju tujuan tumbuh bersama sama. Dengan adanya investasi tahap 2 yang akan dilakukan, kami berupaya untuk dapat terus membuka peluang dan kesempatan bagi masyarakat lokal baik dalam lapangan pekerjaan maupun kesempatan usaha,” sambung Edwin Sumiroza. (Amul/Red)

Share :

Baca Juga

Bisnis

Hantaman Covid-19 di Indonesia, Investor Industri Manufaktur Tetap Eksis pada Semester I Tahun 2021.

Bisnis

Slag Baja Krakatau Posco Jadi Material Penguat Pondasi Jalan di Papua

Bisnis

Sandiaga Uno: Cilegon Harus Jago Mendongkrak Produk Lokal Ekonomi Kreatif

Bisnis

Kabar Gembira, Bagi yang Hobi Nge-gym, Ada Peralatan Canggih di Tangerang

Bisnis

Cabai di Pasar Keranggot Kota Cilegon ‘Ngamuk’ Nyaris Seperti Harga Daging

Bisnis

Lakukan Penyerbukan Kawin Silang Adenium, Strategi Raup Omset Besar

Bisnis

ERIKS Jadi Produk Andalan PT KDL, Tinggalkan Bahan Bakar Fosil

Bisnis

Krakatau Posco Dapat Proper Hijau, Terus Tingkatkan Aksi Nyata Menjaga Lingkungan