Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan atau Anxiety, Nomor 3 Banyak Yang Sulit Melakukan - MEGATRUST

Home / Gaya Hidup

Kamis, 19 Oktober 2023 - 07:55 WIB

Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan atau Anxiety, Nomor 3 Banyak Yang Sulit Melakukan

Orang yang mengalami gangguan kecemasan (Anxiety disorder). Pixabay @TheDigitalArtist

Orang yang mengalami gangguan kecemasan (Anxiety disorder). Pixabay @TheDigitalArtist

MEGATRUST.CO.ID – Setiap orang memiliki masalah hidup masing-masing, namun banyak orang juga tidak memiliki kemampuan untuk mengelola emosi jiwanya.

Kecemasan, kegelisahan bahkan depresi merupakan respon dari dalam jiwa yang bermasalah

Gangguan kecemasan atau dalam dunia medis dikenal dengan Anxiety Disorder membuat penderitanya mengalami kegelisahan dan kecemasan yang tidak terkontrol

Baca Juga : Kembali Terjadi, Kebakaran Lahan Merembet ke Tumpukan Sampah di Kota Cilegon, 3 Unit Damkar Turun Tangan

Gangguan ini dapat muncul secara tiba-tiba tanpa mengenal situasi dan kondisi

Lantas bagaimana cara mengatasi kecemasan atau Anxiety? Dilansir dari laman healthline.com, kecemasan dapat diatasi dengan beberapa cara.

Salah satu caranya adalah dengan pengobatan terapi kognitif (CBT) dengan pemberian alat kepada penderita saat kecemasan muncul

Baca Juga : Pemkot Cilegon Jamin Mahasiswa asal Cilegon Gratis Kuliah, Satu Dipimpin Adik Wakil Presiden Maruf Amin

Selain itu pemberian obat antidepresan dan obat penenang juga membantu menyeimbangkan kadar kimiawi dalam otak

Pemberian obat-obat tersebut bisa mencegah episode depresi bahkan dapat menangkal gejala kecemasan yang paling parah

Disamping pengobatan medis tersebut, ada cara alami yang bisa dicoba diantaranya dengan mengatur pola olahraga, makan dan tidur

Baca Juga : Bisa Menyuburkan Tanah, Berikut Manfaat Biji Bunga Matahari Yang Harus Diketahui

Setiap orang juga bisa melakukan cara baru dengan menggunakan aromaterapi atau bahkan meditasi

Atau jika ingin cara lain, ada 5 solusi yang dapat dicoba untuk meredakan kecemasan

1. Tetap aktif

Tetap aktif disini adalah dengan rutin berolahraga, olahraga tidak hanya berdampak baik pada kesehatan fisik namun juga bagus buat kesehatan mental

Baca Juga : TERNYATA, Harta Karun Kesehatan Ada Di Lingkungan Sekitar, Begini Kata Ustad Zaidul Akbar

2. Hindari konsumsi alkohol

Beberapa orang yang cemas dan depresi mengonsumsi alkohol untuk memenangkan diri.

Namun studi pada tahun 2019 menegaskan ada hubungan antara konsumsi alkohol dengan kecemasan, gangguan kecemasan dan gangguan penggunaan alkohol secara bersamaan

Studi tahun 2022 yang dilakukan selama 36 tahun menunjukkan, alkohol mengganggu kemampuan alami tubuh untuk tidur

Seiring berjalannya waktu, dapat mengurangi kualitas tidur. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah tidur kronis.

Baca Juga : JANGAN ANGGAP REMEH Vitamin A, Ternyata Manfaatnya Besar Bagi Balita Bisa Cegah Ini

3. Berhenti merokok

Sebuah temuan yang konsisten menunjukkan bahwa orang yang mengalami kecemasan lebih cenderung menjadi perokok.

Sebuah studi tahun 2020 menunjukkan bahwa nikotin dan bahan kimia lain yang terkandung dalam asap rokok bisa mengubah jalur di otak yang terkait dengan kecemasan dan gangguan panik.

Baca Juga : Soal Kasus Oknum Polisi Selingkuh dengan Oknum Istri Polisi di Polres Cilegon, Kapolres : Saya Tidak Pandang Bulu

4. Kurangi konsumsi kafein

Seseorang yang memiliki kecemasan kronis, tidak disarankan mengkonsumsi kafein. Kafein dapat menyebabkan rasa gugup dan gelisah, yang keduanya timbul saat datang kecemasan.

Kafein juga diyakini dapat menyebabkan atau bahkan memperburuk gangguan kecemasan

Baca Juga : Kawal Pemilu Serentak 2024, Polres Cilegon Siapkan Ratusan Pasukan, Kapolres : Ada 1 TPS Khusus di Kota Cilegon

5. Tidur yang cukup

Tidur telah banyak terbukti berulang kali sebagai bagian penting untuk mendorong kesehatan mental yang baik.

Orang dewasa direkomendasikan agar tidur setidaknya 7 jam atau lebih dalam sehari

Sumber: Healthline.com
(Towil/Amul)

Share :

Baca Juga

Opini

Para Koruptor Bebas Bersyarat, Ternyata Ini Syarat yang Dipenuhi.

Gaya Hidup

Manfaatkan Momen Imlek, Tangcity Mall Suguhkan Kreasi Untuk Pengunjung, Ini Sederet Kreasinya

Kuliner

Hati-hati! Makanan Ini Dapat Menyebabkan Imunitas Menurun

Gaya Hidup

Perhatian!!! Bulan Puasa Semakin Dekat, Ini Kiat-kiat Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Kuliner

Kenali Ciri Jajanan Mengandung Formalin, Rhodamin B dan Boraks

Entertainment

Daniel Mananta Bertanya tentang Isa Almasih, Ini Tanggapan Ustaz Abdul Somad

Entertainment

Curhatan Pilu Anak Pasha Ungu, 11 Tahun Kerja Keras Hidupi Keluarga.

Gaya Hidup

Anjuran Berbuka Puasa Agar Tubuh Tetap Sehat dan Berenergi Menurut Kemenkes