Jangan Dibuang, PT Chandra Asri Sulap Sampah Plastik jadi Aspal yang Ramah Lingkungan - MEGATRUST

Home / Bisnis

Rabu, 25 Oktober 2023 - 07:24 WIB

Jangan Dibuang, PT Chandra Asri Sulap Sampah Plastik jadi Aspal yang Ramah Lingkungan

Sinar Mas Land bersama PT Chandra Asri Petrochemical, Tbk (Chandra Asri) mengimplementasikan di salah satu jalan yang ada di kawasan Barat BSD City. Total area yang telah diaspal seluas 15.518 m2 dimana total sampah plastik yang digunakan sebesar 5,37 ton atau setara dengan 3,58 juta lembar kantong plastik.

Sinar Mas Land bersama PT Chandra Asri Petrochemical, Tbk (Chandra Asri) mengimplementasikan di salah satu jalan yang ada di kawasan Barat BSD City. Total area yang telah diaspal seluas 15.518 m2 dimana total sampah plastik yang digunakan sebesar 5,37 ton atau setara dengan 3,58 juta lembar kantong plastik.

Megatrust.co.id, CILEGON – Sampah plastik merupakan sampah yang sangat sulit terurai, baik dikubur di dalam tanah maupun dibuang ke tempat sampah.

Jangan khawatir, ketika menemukan sampah plastik jangan sampai dibuang, ternyata PT Chandra Asri bisa mengelola sampah plastik menjadi aspal yang ramah lingkungan.

PT Chandra Asri telah mengimplementasikan sampah plastik menjadi aspal sejak tahun 2018, dengan campuran sampah plastik melalui program “Aspal Plastik untuk Indonesia Asri” bersama dengan pemangku kepentingan lainnya.

Baca Juga : Soal PRABOWO-GIBRAN yang Diusung Partai Golkar, Begini Jawaban Menohok Isro Mi’raj

Hal itu dilakukan bagian dari upaya PT Chandra Asri mengimplementasikan model ekonomi sirkular sehingga sampah yang tanya tidak bermanfaat bisa menjadi manfaat.

Vice President of Corporate Relations & Sustainability Chandra Asri Edi Rivai, menyatakan, pengelolaan sampah plastik menjadi aspal dilakukan sebagai bagian dar mencari solusi berkelanjutan atas permasalahan sampah.

“Ini menjadi bukti upaya kami untuk terus mencari solusi berkelanjutan atas permasalahan sampah, khususnya sampah plastik, di Indonesia,” katanya.

Baca Juga : 62 Perusahaan Buka 6000 Loker Pada Job Fair Banten, Ada Peluang Bekerja ke Luar Negeri, Buruan registrasi ini linknya

“Kami percaya bahwa permasalahan sampah plastik dapat ditangani dengan partisipasi berbagai pemangku kepentingan,” sambungnya.

Sebelumnya, Chandra Asri sudah mengadakan gelaran aspal dengan campuran sampah plastik di berbagai kota di Indonesia seperti Kota Cilegon, Tegal, dan Semarang dan bekerja sama dengan pemerintah setempat.

Selain itu, PT Chandra Asri juga bekerja sama dengan institusi pendidikan yaitu Universitas Indonesia di Depok dan Universitas Dian Nuswantoro di Semarang.

Baca Juga : Tips Cegah Stunting, Ternyata Asupan Gizi Dimulai dari 1000 hari pertama Kehidupan

Hingga kini, total gelaran jalan dengan aspal sampah plastik oleh Chandra Asri bersama para mitra adalah sepanjang 42,74 km dan 234,1 ton sampah plastik telah berhasil terkelola.

Tidak hanya itu, sampah plastik juga menjadi materi dengan daya guna baru yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Hal ini tidak hanya menguntungkan bisnis, tapi juga masyarakat dan lingkungan.

Model aspal dengan campuran sampah plastik merupakan program Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca Juga : Ingin Sehat? Bukan Hanya Raga, Jiwa pun Butuh Asupan! Begini Kata Ustad Zaidul Akbar

Jenis sampah plastik yang digunakan adalah sampah plastik kresek yang umum dipakai sebagai kantong belanja sehari-hari yakni jenis HDPE (High Density Polyethylene).

Aspal dengan campuran sampah plastik tersebut sudah mengacu pada studi yang dilakukan oleh Kementerian PUPR dan memiliki peningkatan daya tahan jalan hingga 40 persen. (Amul/Red)

Share :

Baca Juga

Bisnis

Menkeu Umumkan Perolehan Pajak Indonesia Bulan Juni Tertinggi di Sektor Non Migas, Nilainya Fantastis

Bisnis

FANTASTIS! Transaksi Pameran Cilegon Expo 2024 Diklaim Tembus Puluhan Miliar

Bisnis

Hantaman Covid-19 di Indonesia, Investor Industri Manufaktur Tetap Eksis pada Semester I Tahun 2021.

Bisnis

Wajib Tau Nih! Gelontorkan CSR, BlueScope Pakai Produk Sendiri untuk Atap Rumah. Simak Speak dan Keunggulannya.

Bisnis

Gerak Kapal Tugboat Meningkat, Pendapatan PCM Meroket Lebih Target

Bisnis

TAK TANGGUNG-TANGGUNG, Krakatau Steel, Kementerian, dan 32 Perusahaan BUMN Teken Nota Kesepahaman dengan BPKP

Bisnis

Monitoring Alumni Inkubasi, Dinkop dan UMKM Temukan Sate Bandeng khas Cilegon untuk Oleh-Oleh ke Qatar dan India

Bisnis

Dinkop Kota Cilegon Monitoring UMKM, Penjual Ayam Geprek : Semakin PeDe Berjualan