Antisipasi Pelajar Terlilit Pinjol, Pemkot Serang Beri Tabungan ke Pelajar - MEGATRUST

Home / Daerah

Senin, 30 Oktober 2023 - 20:08 WIB

Antisipasi Pelajar Terlilit Pinjol, Pemkot Serang Beri Tabungan ke Pelajar

Walikota Serang Syafrudin saat menyerahkan buku tabungan secara simbolis kepada pelajar di Halaman SMPN 1 Kota Serang. (Rival/Megatrust.co.id)

Walikota Serang Syafrudin saat menyerahkan buku tabungan secara simbolis kepada pelajar di Halaman SMPN 1 Kota Serang. (Rival/Megatrust.co.id)

Megatrust.co.id, SERANG – Pemerintah Kota Serang beri buku tabungan kepada pelajar melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) yang bekerjasama dengan BJB Serang dan Otoritas Jasa Keuangan Regional 1 Jakarta-Banten.

Walikota Serang Syafrudin menyampaikan pemberian buku tabungan kepada pelajar melalui TPAKD iniĀ  sebagai program awal dari TPAKD Kota Serang guna mencegah praktik pinjaman online atau pinjol di kalangan pelajar. Saat ini, kata Syafrudin baru dilakukan di tiga sekolah di Kota Serang.

Baca Juga :  Komisi IV DPRD Kota Cilegon Sidak TPSA Bagendung, Ini yang Ditemukan

“TPAKD mempunyai program satu rekening satu pelajar, sekarang baru dibagikan di tiga SMP yaitu SMPN 1 Kota Serang, SMPN 2 Kota Serang dan SMPN 15 Kota Serang,” kata Syafrudin usai Pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah dan Simbolis Penyerahan Buku Tabungan Pelajar di Halaman SMPN 1 Kota Serang. Senin, 30 Oktober 2023.

Syafrudin menjelaskan tujuan memberikan buku tabungan kepada pelajar yakni untuk mempermudah akses keuangan daerah sekaligus untuk mensejahterakan bagi pelajar.

Selain itu, kata Syafrudin kesadaran pelajar di Kota Serang dalam menabung sudah meningkat dan pihaknya berharap program ini dapat dilanjutkan ke tingkat Sekolah Dasar (SD).

Baca Juga :  Seorang Warga di Tangerang Lempari Batu dan Kotoran Tinja Usai Tetangga Bangun Rumah

“Keuangan di Kota Serang sebenarnya sudah meningkat dalam rangka memicu pelajar untuk menabung, sebenarnya kesadaran mereka untuk menabung ini sudah tinggi sehingga ditindaklanjuti ke pelajar SMP. Setelah SMP selesai mungkin akan dilanjutkan ke SD” tuturnya.

Sementara itu, Kepala OJK Regional 1 DKI Jakarta dan Banten Roberto Akyuwen menyampaikan TPAKD Kota Serang merupakan tim terakhir yang dilantik di Provinsi Banten dengan tujuan akhir meningkatkan inklusi dan literasi keuangan masyarakat.

Baca Juga :  Komisi IV DPRD Kota Cilegon Sidak TPSA Bagendung, Ini yang Ditemukan

“TPAKD Kota Serang dapat memfasilitasi bersama Pemerintah Daerah untuk memberdayakan perekonomian masyarakat melalui akses pada sektor jasa keuangan baik bank maupun bukan bank,” ujar Roberto.

Lanjut Roberto, TPAKD juga bertugas agar keuangan masyarakat tidak terganggu oleh aplikasi yang merugikan seperti investasi bodong dan pinjaman online ilegal.

“Disamping itu banyak program lainnya seperti edukasi masyarakat bagaimana investasi yang benar, bagaimana agar tidak masuk kedalam investasi bodong atau pinjol ilegal,” tutupnya. (Rival/Nad)

Share :

Baca Juga

Daerah

BPOM Cabut Izin Sirup yang Beredar di Masyarakat, Ini Daftarnya

Daerah

Serapan Anggaran Rendah, Kemendagri Turun Gunung ke Cilegon, Ada Apa?

Daerah Inovasi

Bangga! Kota Baja Jadi Perwakilan Kota Seluruh Indonesia pada Seminar Nasional di Palembang

Daerah

Meski Sudah Dibongkar, Pedagang Kembali Berjualan di Bantaran Irigasi Pasar Keranggot. Begini Alasannya

Daerah

Giliran Kantor Imigrasi Didatangi BNN, Lacak Penggunaan Narkotika. Ini Hasilnya.

Daerah

KABAR GEMBIRA! UMKM Cilegon Bakal Dapat Subsidi Bahan Pokok Ramadhan Depan

Daerah

Satpol PP Kota Serang minta THR ke Perusahaan Pake Surat

Daerah

PLN dan Pemkot Cilegon Bangun Pabrik BBJP Plant Terbesar Indonesia