Mengenal Bancakan, Tradisi Makan Bersama yang Masih Eksis di Banten - MEGATRUST

Home / Kuliner

Kamis, 2 November 2023 - 20:20 WIB

Mengenal Bancakan, Tradisi Makan Bersama yang Masih Eksis di Banten

MEGATRUST,CO.ID – Bancakan atau makan bersama dikenal sebagai tradisi agraris Sunda, salah satunya banyak dilakukan oleh masyarakat di daerah Pandeglang Banten.

Bancakan merupakan makanan atau hidangan yang disimpan di wadah nyiru (niru) yang dilapisi tilam serta ditutupi oleh daun pisang dan disajikan untuk dimakan bersama teman, keluarga atau tetangga.

Biasanya bancakan dilakukan setelah ada acara tasyakuran atau selamatan, namun saat ini sudah berkembang dimana babacakan dilakuakn tidak hanya saat ada acara selamatan saja melainkan juga saat kumpul bersama teman untuk mempererat kekeluargaan.

Beragam macam lauk pauk yang umumnya ditemukan dalam bancakan yaitu mulai dari nasi tumpeng atau nasi liwet, ikan asin, sambal, sayur, lalapan, ikan bakar, ayam dan hidangan lauk pauk lainnya disesuaikan dengan selera.

Uniknya bancakan dilakukan tanpa menggunakan piring satu persatu, melainkan menggunakan daun pisang yang disusun memanjang yang masih berbatang dan ditaburi aneka nasi dan lauk diatasnya.

Sesuai dengan namanya bancakan, makananya pun dilakukan secara bersama-sama setelah membaca doa terlebih dahulu, umumnya bancakan dilakukan oleh lebih dari dua orang, bahkan lebih banyak akan lebih bagus dan semakin meriah sehingga makanoun menjadi lahap.

Susunan atau cara duduk bancakan dilakukan secara memanjang dan saling berhadapan satu sama lain, cara makannya menggunakan tangan serta tidak mnggunakan sendok.

Menu wajib yang biasa ada dalam hidangan babacakan yaitu ikan bakar, daerah Pandeglang kaya akan sumber daya alam termasuk ikan yang dihasilkan dari empang atau sawah.

Dalam skala besar bancakan, ada pula hidangan buah-buahan dan kue untuk dimakan sebagai hidangan penutup, tradisi bancakan ini masih kental dan dilestarikan di Pandeglang sampai saat ini, semua kalangan dari mulai anak-anak, remaja, dewasa dan para orang tua suka bancakan. (Emilda Yaufi/Nad)

Sumber: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Share :

Baca Juga

Kuliner

5 Tempat Wisata Kuliner Kota Cilegon yang Enak, Murah dan Wajib Dicoba!

Kuliner

Kebon Ergana Cowe, Spot Kuliner Hidden Gem di Serang yang Harus Dicoba

Kuliner

Punya Nama Seram, Inilah Asal Usul Nasi Jagal Kuliner Legendaris dari Tangerang

Kuliner

Sate Bebek H Syafei, Kuliner Legendaris Khas Kota Cilegon Buka Sejak Tahun 1970

Kuliner

Jangan Konsumsi Mie Instant Lebih dari Ini. Dampaknya Mengerikan

Gaya Hidup

Mengenal Cabai Hiyung, Sang Jawara Terpedas Di Dunia

Kuliner

Biar Engga Bosan, Ini Resep Olahan Telur yang Bisa Dicoba Selain Ceplok dan Dadar

Kuliner

Siap-siap Warga Cilegon Akan Dimanjakan Kuliner Malam di Depan Kantor Wali Kota.