Jalan Menuju Ujung Kulon Akan Dibangun Awal Tahun 2024 dengan Anggaran Rp 90 Miliar - MEGATRUST

Home / Daerah

Senin, 27 November 2023 - 14:18 WIB

Jalan Menuju Ujung Kulon Akan Dibangun Awal Tahun 2024 dengan Anggaran Rp 90 Miliar

Pj Gubernur Banten tinjau jalan rusak menuju Ujung Kulon. Gambar milik Bantenprov.go.id

Pj Gubernur Banten tinjau jalan rusak menuju Ujung Kulon. Gambar milik Bantenprov.go.id

Megatrust.co.id, PANDEGLANG – Jalan di Kabupaten Pandeglang bagian selatan menuju Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) akan dibangun pada 2024 mendatang dengan anggaran Rp 90 Miliar.

Ruas jalan tersebut diantaranya jalan Sumur, Taman Jaya dan Ujung Jaya, pembangunan ruas jalan bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata.

“Rencananya kita akan membangun dan memperbaiki jalan ini sampai Ujung Jaya, ini dalam rangka mendukung perekonomian masyarakat,” ungkap Pj Gubernur Banten, Al Muktabar dikutip dari laman bantenprov.go.id.

Insfrastruktur jalan menuju TNUK dicanangkan akan dibangun pasca ditetapkannya TNUK menjadi Geopark Nasional Ujung Kulon di Banten.

Penetapan itu  tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Menteri ESDM RI Nomor: 393.K/GL.01/MEM.G/2023 tentang Penetapan Taman Bumi (Geopark) Nasional Ujung Kulon pada 10 November 2023.

Kawasan Geopark Ujung Kulon  memiliki warisan geologi yang terkait dengan keragaman hayati (biodiversity) dan keanekaragaman budaya atau cultural diversity.

“Tentunya ini juga sebagai daya dukung Geopark Ujung Kulon karena disana terdapat Badak Bercula Satu dan juga kawasan hutan lindung kita,” katanya.

“Ini nantinya akan menjadi kawasan berkembang sebagai daerah wisata, khususnya wisata alam atau wisata minat khusus. Sehingga diharapkan masyarakat dapat merasakan efek pembangunan ini diantaranya dengan bergeraknya perekonomian masyarakat,” lanjutnya.

Selanjutnya, Al Muktabar juga menuturkan dalam menjaga kelestarian alam membutuhkan kesadaran bersama, Oleh karena itu, dia meminta kepada masyarakat dan seluruh pihak untuk dapat terus menjaga lingkungan.

“Siapa lagi yang akan menjaga kelestarian kalau bukan kita, jadi itu dari kita, oleh kita, dan untuk kita,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Al Muktabar juga meninjau aliran sungai yang terhubung dengan irigasi. Pemprov Banten akan memperbaiki irigasi-irigasi yang menuju persawahan masyarakat.

“Kita juga akan memperbaiki irigasi-irigasi, dan kita berharap kepada masyarakat agar terus menjaga ketahan pangan di Pandeglang berjalan kuat,” jelasnya.

Kepala DPUPR Provinsi Banten Arlan Marzan mengatakan pada tahun 2024 Pemprov Banten akan menuntaskan pembangunan ruas jalan Sumur-Taman Jaya-Ujung Jaya, sehingga dapat mendukung aktivitas masyarakat.

“Kita akan membangun sepanjang 14 KM yang menjadi titik kerusakan, pembangunan ini menjadi prioritas kami dalam rangka mendukung pariwisata dan juga ketahanan pangan,” katanya.

DPUPR telah menganggarkan sejumlah Rp 90 Miliar untuk pembangunan ruas jalan tersebut pada 2024 dengan target penyelesaian kinerja selama 10 bulan.

“Kita telah menganggarkan pada APBD murni TA 2024, dan kita akan menggunakan e-Katalog. Kita berharap awal tahun bisa kita mulai pelaksanaannya serta target kita dapat rampung dalam waktu 10 bulan, mudah-mudahan ini dapat kita tuntaskan,” pungkasnya. (Emilda Yuafi/Nad)

Sumber : Bantenprov.go.id

Share :

Baca Juga

Daerah

KPU Cilegon Buka Pendaftaran PPK Pemilu 2024, Simak Persyaratan dan Cara Daftarnya

Daerah

Menghadapi Kasus Baru Covid-19 Omicron, Ini Persiapan Wali Kota Tangerang

Daerah

Kerap Terjadi Kemacetan, Pemkot Tangerang Bangun 2 Jembatan

Daerah

Bau Belerang yang Dirasakan Warga Taman Cilegon Indah, Kepala Dinas LH Cilegon : Kita Lihat Action Dari DLH Kabupaten Serang

Daerah

Cleaning Servis KMP Suki 2 Dikabarkan Hilang di Perairan Merak Besar Saat Kapal Doking

Daerah

Sanuji Pentamarta Minta UMKM di Kota Cilegon Jaga Kualitas

Daerah

Korban Banjir Kota Serang, Tiga Orang Ditemukan Tewas

Daerah

Kepadatan Lalu Lintas Jalur Wisata Anyer, Kepolisian Dibantu Relawan Pramuka