Pernah Juara Kuliner Rabeg se Kota Cilegon dan Dibawah Binaan Dinkop, Rabeg Buatan Saiqa Direncanakan Wali Kota Cilegon di Ekspor - MEGATRUST

Home / Bisnis

Jumat, 1 Desember 2023 - 14:49 WIB

Pernah Juara Kuliner Rabeg se Kota Cilegon dan Dibawah Binaan Dinkop, Rabeg Buatan Saiqa Direncanakan Wali Kota Cilegon di Ekspor

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian saat mengunjungi Saiqa Aqiqah di Kecamatan Cibeber Kota Cilegon. Amul/Megatrust.co.id

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian saat mengunjungi Saiqa Aqiqah di Kecamatan Cibeber Kota Cilegon. Amul/Megatrust.co.id

Megatrust.co.id, CILEGON – Saiqa aqiqah dan Catering yang berlokasi Lingkungan Ciputri, Jalan Cikerai RT03 RW01, Kelurahan Cikerai, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, dikunjungi Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dan Dinkop pada Jumat 1 Desember 2023.

Dalam kunjungan tersebut, ternyata rabeg buatan Saiqa Aqiqah dan Catering ini pernah menjadi juara kuliner rabeg se Kota Cilegon.

Atas dasar itu Wali Kota Cilegon Helldy Agustian merekomendasikan rabeg buatan Saiqa Aqiqah dan Catering untuk di ekspor ke luar negeri.

Baca Juga : Kang Fachri Caleg Grogol Pulomerak Sapa Masyarakat Minta Doa Langsung

Pemilik UMKM Saiqa Aqiqah dan Catering Hanif Yoga Pratama bahwa pada tahun 2021 silam rabeg buatannya itu pernah menjadi juara festival rabeg se Kota Cilegon.

“Alhamdulillah 2021 kita coba masukan tim dapur kita untuk loba rabeg, dan Alhamdulillah kita menjuarai rabeg se kota Cilegon pada 2021 bulan Desember,” katanya kepada Megatrust.co.id di lokasi.

Namun perjalanan untuk bisa mencai itu, tentu tidak mudah, awalnya mula ia merintis usaha ternak kambing pada 2017 dan hanya berjualan kambing.

Baca Juga : Angeun Lada Makanan Tradisional Khas Pandeglang dengan Kuah Pedas, RASANYA BIKIN NAGIH

“Berdiri kita tahun 2017. Kita awal pake kandang kecil dengan kapasitas 30 ekor kambing, kita nitip dari temen dari Jawa Timur ngirim ke tiga lokasi, kebetulan kita minta 25 ekor karena engga berani kapasitas kandang juga terbatas,” katanya

“Melihat peluang bagus nih 25 ekor itu habis hanya 4 hari, karena orang-orang pasar segala macem ngambilnya kesini,” sambungnya

Karena melihat pangsa pasar yang begitu luas soal kambing akhirnya iya memutuskan membuka catering untuk aqiqah.

Baca Juga : Jojorong Kuliner Tradisional yang Mangkuknya Terbuat dari Daun Pisang

“Seiring berjalannya waktu di tahun 2020 itu kita mengambil peluang catering ya, nah catering itu ternyata orang-orang pengennya praktis engga pengen ribet,” ungkapnya

“Dari mulai hewan disembelih sampai dengan beres, kita mulai dari catering ya,” tambah dia.

Pada akhir 2021, ia mengikuti perlombaan festival rabeg se Kota Cilegon dan mendapatkan juara pertama.

Baca Juga : MENGEJUTKAN, Radja Nainggolan Gabung Tim Liga 1 Bhayangkara FC

Lebih lanjut, pria lulusan ilmu peternakan itu mendaftarkan diri ke Dinas Koperasi dan UMKM untuk mengikuti program inkubasi. Beberapa fasilitas pun dia dapatkan dari mulai hak paten nama, hingga halal.

“Alhamdulillah sampai saat ini kita terbantu, terima kasih banyak untuk Dinkop Cilegon, kita terbantu dari mulai halal kemudian sampai pendaftaran HAKI kita sudah terdaftar dibantu oleh Dinkop Cilegon,” tuturnya.

Ia pun meminta kepada Pemkot Cilegon dalam hal ini Dinas Koperasi dan UMKM untuk dapat memfasilitasi packing rabeg agar bisa awet.

Baca Juga : Monitoring Alumni Inkubasi, Dinkop dan UMKM Temukan Sate Bandeng khas Cilegon untuk Oleh-Oleh ke Qatar dan India

“Yang kita minta itu itu terkait packiging, pak wali tadi melihat ada peluang ekspor kita bekerjasama dengan KBIH untuk membuat rabeg kemasan, nah itu kita butuh alat pengemas ya agar masakan kita bisa awet dalam waktu yang panjang,” tuturnya.

Tidak hanya itu, ia pun meminta kerjasama kemitraan yang rutin kepad Pemkot Cilegon, sehingga UMKM miliknya bisa tetap berjalan dan rabeg bisa dinikmati warga Kota Cilegon.

“Kerjasama kemitraan, kita ingin ada rutin mendapatkan pesanan dari stakeholder di Kota Cilegon baik instansi pemerintahan ataupun karyawan swasta atau anak sekolah,” pintanya.

Baca Juga : Hacker Jimbo Klaim Bocorkan Data KPU, 204 Juta Data Dijual Senilai Rp 1,2 Miliar

Sementara itu Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan, rabeg asli buatan warga Cilegon sudah banyak dinikmati masyarakat luas di Banten hingga Jawa Barat.

“Ternyata rabeg buatan wong Cilegon iki banyak diminati oleh masyarakat tangerang dan bekasi juga,” katanya.

“Peternakan kambingnya ada, masaknya enak dan menggunakan masyarakat Cilegon sini ini yang menarik,” sambungnya.

Baca Juga : Soal PJ Wali Kota Serang Nanti, Budi Rustandi : Jika Mencla Mencle, Saya Sikat

Helldy mengapresiasi, UMKM Saiqa bisa memanfaatkan peluang bisnis, dan Helldy membenarkan bahwa peluang bisnis dalam kuliner rabeg begitu luas.

“Ternyata luar biasa peluang bisnisnya sangat terbuka lebar. Ide yang menarik dan menarik di jual oleh Saiqa. Setiap harinya memproduksi sebanyak 6 kambing, bahkan sampai 32 kambing, sangat luar biasa,” pungkasnya. (Amul/Red)

Share :

Baca Juga

Bisnis

Perang Rusia-Ukraina, YouTube bergerak Hentikan Saluran Iklan di Dua Negara

Bisnis

KEREN! Krakatau Posco dan Kementerian Perindustrian Akan Buka Kelas Industri Baja Tingkat Nasional

Bisnis

IM3 Gelar Pesta Rakyat Meriahkan Kemerdekaan RI di Serang, Ada Panjat Pinang

Bisnis

Grand Mangku Putra Bakal Disulap Jadi Pusat Ekonomi di Kota Cilegon

Bisnis

Koperasi Simpan Pinjam di Kota Cilegon yang Open Loop Akan Dipelototi OJK

Bisnis

Rumah Tidak Layak Huni di Kota Cilegon Dibangun PT Krakatau Steel dan Pemkot

Bisnis

NGERI! Ternyata Lalu Lalang Kapal Tugboat PT PCM Meningkat Pesat, Ini Rencana ke Depannya

Bisnis

Kewalahan Usaha, Pengusaha UMKM Minta Belajar ke Pemkot Cilegon Bermanuver Usaha untuk Bertahan Hidup.