JELANG NATARU, Pemerintah Sediakan Mudik Gratis Simak Cara Daftarnya - MEGATRUST

Home / Nasional

Rabu, 6 Desember 2023 - 15:47 WIB

JELANG NATARU, Pemerintah Sediakan Mudik Gratis Simak Cara Daftarnya

Pemudik pake Motor Vespa di Pelabuhan Ciwandan. Marup/Megatrust.co.id

Pemudik pake Motor Vespa di Pelabuhan Ciwandan. Marup/Megatrust.co.id

MEGATRUST.CO.ID – Menyambut libur Natal dan tahun baru (Nataru) Direktorat Jenderal Perhubunagn Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan mudik gratis bagi masyarakat.

Untuk menikmati akses mudik gratis jelang natal dan tahun baru, para pengguna sepeda motor dapat mendaftarkan diri secara online melalui aplikasi Mitra Darat yang dimulai dari tanggal 5 sampai 20 Desember 2023.

Mudik gratis ini diselenggarakan dalam rangka untuk mengantisipasi lonjakan perjalanan Masyarakat pada libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 dan juga bersamaan dengan libur sekolah.

Baca Juga : Darimana Dana Kampanye Tahun 2024, TERNYATA DARI SINI SUMBERNYA

Upaya itu dilakukan agar meningkatkan keselamatan dan kelancaran selama perjalanan mudik Nataru yang akan ebrlangsung dari mulai 20 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024.

Diprediksi Masyarakat yang akan melakukan bepergian mencapai 107,63 juta atau 39,83% dari total populasi nasional berdasarkan hasl survei Badan Kebijakan Ttransportasi Kemenhub, dari jumlah tersebut, mayoritas didominasi pengguna kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Direktur Angkatan Jalan Kememhub, Suharto mengatakan dari hasil survei Badan Kebijakan Transportasi diperoleh angka bahwa sebanyak 39,37 juta pergerakan Masyarakat akan menggunakan mobil dan 20,14 juta mengendarasi sepeda motor.

Baca Juga : Jumlah Penonton TV Didominasi Ibu-ibu, Kemenkominfo Minta Orangtua Pantau Tontonan Anak

“Untuk itu, sesuai arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, maka kami akan menyelenggarakan mudik gratis di libur Nataru ini,” ujar Suharto dilansir dari infopublik.id

Pada mudik gratis ini, sebanyak 90 unit Bus antar kota antar Provinsi (AKAP) disipakan dengan jumlah penumpang 3.600, untuk mendaftar mudik gratis ini, Masyarakat bisa mengunduh terlebih dahulu aplikasi mitra darat melalui play store.

Selanjutnya, melakukan pendaftaran sesuai langkah-langkah yang diarahkan dari aplikasi Mitra Darat, setelah berhasil melakukan pendafatarn, segera lakukan verifikasi di kantor pusat Kemenhub.

Baca Juga : 5 Penyakit yang Harus Diwaspadai Selama Musim Hujan, Nomor 3 Sering Dirasakan

“Kemudian, masyarakat yang telah melakukan pendaftaran online agar melakukan verifikasi di kantor pusat Kemenhub dan GOR Bulungan Blok M untuk wilayah Jakarta, serta Terminal Pondok Cabe untuk wilayah Tangerang Selatan,” tutur Suharto.

Pengecekan berkala juga turut dilakukan terhadap armada yang disiapkan untuk mudik gratis ini yaitu dengan melakukan ramp check pada 18-20 Desember 2023 mendatang.

Suharto menambahkan, untuk keberangkatan sepeda motor dengan truk rencananya dilakukan pada Jumat, 22 Desember dari Terminal Tipe A Pondok Cabe.

Baca Juga : Seleksi Petugas Haji 2024 Dibuka 7 Desember, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Pelepasan mudik gratis bagi penumpang bus akan dilaksanakan pada Sabtu, 23 Desember 2023 dari Terminal Kampung Rambutan DKI Jakarta dan Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Adapun kota tujuan mudik gratis ini tersebar diberbagai kota di Indonesia diantaranya:

1. Yogyakarta

2. Surakarta

3. Surabaya

4. Wonosobo

5. Semarang

6. Wonogiri

7. Cilacap

8. Purwokerto

9. Malang

10. Kediri

11. Madiun

(Milda/Amul)

Sumber: infopublik.id

Share :

Baca Juga

Nasional

Simak Ini Cara Daftar PPPK Tenaga Teknis 2022 dan Jadwal Lengkapnya

Nasional

Dapat Apresiasi Jokowi, SMK N 1 Cilegon Genjot Vaksin Lintas Sekolah

Nasional

Pak Ogah Palak Sopir Travel, Auto Diringkus Polisi. Begini Kronologinya

Nasional

PT PEMI Buka Lowongan Kerja untuk Juru Bahasa Jepang, Simak Persyaratannya

Nasional

Pendaftaran Beasiswa LPDP Dibuka Besok, Simak Cara Daftar, Syarat dan Jadwal Lengkapnya

Nasional

Isu Tsunami Setinggi 8 Meter, Wisata di Banten Sepi. Ini Kata Sandiaga Uno.

Nasional

TERNYATA, Penyakit Jantung Menempati Posisi Tertinggi Klaim BPJS Selama Tahun 2022, Segini Nilainya

Nasional

Kabar Gembira, Pendaftaran Umrah untuk Umum Dibuka 19 Juli 2022