Perkuat Netralitas ASN di Masa Pemilu, Kemenkominfo Gelar Literasi Digital Sektor Pemerintahan - MEGATRUST

Home / Nasional

Rabu, 31 Januari 2024 - 15:41 WIB

Perkuat Netralitas ASN di Masa Pemilu, Kemenkominfo Gelar Literasi Digital Sektor Pemerintahan

Foto Doc Ist

Foto Doc Ist

Megatrust.co.id, – Kementerian Komunikasi dan Informatika perkuat netralitas Aparatur Sipil Negara atau ASN dengan menggelar kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan yang mengangkat tema Pemilu Damai di Ruang Digital kepada Pegawai Pemerintah di Wilayah Provinsi Jawa Barat. Netralitas ASN adalah hal yang krusial di tengah maraknya kampanye.

Dengan menjaga prinsip tersebut diharapkan ASN mampu untuk terus bersikap profesional dan juga meningkatkan kepercayaan masyarakat, sehingga mampu mendorong partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya.

“Ruang-ruang digital masih dipenuhi dengan konten yang dilarang atau bertentangan dengan undang-undang, oleh karena itu kegiatan literasi penting untuk mengendalikan konten-konten tersebut,” Ujar Direktur Pemberdayaan Informatika Slamet Santoso SH. MM. Selasa, 23 Januari 2024.

Slamet melanjutkan bahwa, kegiatan yang terselenggara tersebut merupakan ajang yang baik untuk dimanfaatkan sebagai pengingat kepada para ASN untuk senantiasa bersikap netral.

Baca Juga :  AWAL FEBRUARI 2024, Tarif Penyeberangan Merak Bakauheni Dermaga Eksekutif Naik, Simak Harganya Disini

“ASN harus concern terhadap pentingnya bersikap netral di masa pemilu ini. Kiranya kegiatan yang diselenggarakan dapat menambah pengetahuan bagi ASN untuk terus netral, utamanya di ruang digital,” tuturnya.

Satu suara dengan Direktur Pemberdayaan Informatika, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jawa Barat Hery Antarasi turut mengimbau ASN untuk berhati hati dalam menggunakan media sosial menjelang pemilu 2024 dan selalu menjaga ruang digital agar tetap aman dan nyaman.

“Saya selalu menyampaikan ke ASN hati-hati dengan jempol, verbal, postingan anda karena anda adalah ASN,” jelas Hery.

Tema kegiatan hari ini, lanjut Hery, berkenaan dengan pemilu damai di mana dapat memberikan kita kesempatan untuk merefleksikan pentingnya menjaga ketenangan dan kedamaian dalam setiap tahapan pemilu.

“AN sebagai pilar pemerintahan memiliki tanggung jawab besar dalam memberikan contoh positif dan menjaga keamanan serta ketertiban terutama di ruang digital,” tuturnya.

Baca Juga :  Ini Dia 10 Tahapan Kompetensi Literasi Digital untuk Lawan Hoaks Politik, Apa Saja?

Di kesempatan yang sama, PJ Gubernur Jawa Barat Asisten Administrasi, Dr. Hening Widiatmoko menyatakan bahwa ASN adalah bagian dari masyarakat dan sebagai garda terdepan.

“ASN diharapkan untuk menciptakan kondusifitas menjelang pesta demokrasi, tentunya harus diberikan pemahaman yang utuh dalam memanfaatkan ruang publik secara bertanggung jawab,” jelas Hening Selain itu Dr. Hening Widiatmoko turut memaparkan beberapa hal yang termasuk dalam pelanggaran kode etik ASN, salah satunya seperti membuat postingan, share, comment, like yang berkaitan dengan salah satu paslon.

“Pelayanan publik yang ditegakkan sesuai dengan tugas dan fungsi ASN, serta perilaku netral tanpa intimidasi dan diskriminasi, akan mendorong partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya,” dalam pembukaannya.

Dalam sesi materi Etika Digital, Widyaiswara Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Wawan Hermawan, SE, M.Si, MM menegaskan beberapa alasan mengapa ASN harus bersikap netral menghadapi masa pemilu.

Baca Juga :  Ini Dia 10 Tahapan Kompetensi Literasi Digital untuk Lawan Hoaks Politik, Apa Saja?

“Terdapat tiga hal mengapa ASN harus netral, yaitu pertama karena ASN seorang pelayan publik yang harus bersikap adil untuk semua rakyat, kedua karena sebagai objek pengawasan masyarakat guna menengahi dan melawan berita hoax selama Pemilu dan ketiga karena ASN mempunyai kewenangan serta kekuasaan, oleh karena itu ASN harus menghimbau masyarakat untuk menciptakan ruang digital yang aman dan nyaman selama masa pesta demokrasi,” tegas Wawan.

Wawan melanjutkan bahwa, pembekalan dan reminder terhadap marwah ASN sebagai abdi yang bertanggungjawab kepada pemerintah dan juga masyarakat.

“Lewat pengendalian diri di dunia digital di tengah gempuran konten-konten kampanye Pemilu dan Pilkada, diharapkan mampu untuk mengokohkan sikap ASN untuk terus menjaga prinsip netralitas. Diharapkan dengan menjaga prinsip netralitas dan profesionalitas, ASN Jawa Barat akan menjadi SDM-SDM yang makin mumpuni dalam mewujudkan visi misi bangsa dan negara,” pungkasnya. (Cep/Red)

Share :

Baca Juga

Nasional

Tisya Erni Dikabarkan Ditangkap Polisi, Selebgram itu Pernah Bertemu dengan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian

Nasional

Catat Nih! Bantuan Subsidi Upah untuk Pekerja Sudah Cair, Ini Syarat dan Cara Mengeceknya.

Nasional

Hadapi Cuaca Ekstrim saat Nataru. Begini Kesiapan PT ASDP

Nasional

Puluhan Jemaah Calon Haji Indonesia Wafat di Tanah Suci Bertambah, Ini penyebabnya

Nasional

BREAKING NEWS. Jokowi Umumkan Kenaikan Harga BBM. Ini Harganya

Nasional

Rumah Warga di Perumahan Citoh Cluster Ciremai Dibobol Maling

Nasional

Info Loker Cilegon, PT Nusaraya Putramandiri Buka Lowongan Kerja Link Pendaftaran Ada Disini

Nasional

Presiden FIFA Tiba di Indonesia. Akan Bertemu dengan Orang ini, dan Akan Bahas Ini.