Gerak Kapal Tugboat Meningkat, Pendapatan PCM Meroket Lebih Target - MEGATRUST

Home / Bisnis

Senin, 12 Februari 2024 - 20:43 WIB

Gerak Kapal Tugboat Meningkat, Pendapatan PCM Meroket Lebih Target

Direktur Utama PT PCM Muhammad Willy yang sangat serius dan fokus melakukan pembangunan terhadap Pelabuhan Warnasari di Kota Cilegon. Marup/Megatrust.co.id

Direktur Utama PT PCM Muhammad Willy yang sangat serius dan fokus melakukan pembangunan terhadap Pelabuhan Warnasari di Kota Cilegon. Marup/Megatrust.co.id

Megatrust.co.id, CILEGON – Gerak kapal tugboat milik PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, seperti halnya pada tahun 2023 kemarin.

Tentu hal itu sejalan dengan pendapat yang diperoleh oleh perusahaan milik daerah Kota Cilegon tersebut. Sepanjang tahun 2023, PT Pelabuhan Cilegon Mandiri telah membukukan pendapatan sebesar Rp150 miliar.

Direktur Utama PT PCM Muhammad Willy mengatakan, tingginya pelayanan kepada TUKS sejalan dengan jumlah gerakan kapal. Kata dia, jika sebelumnya pada Januari 2022 jasa pemanduan tercatat 200-350 gerakan kapal perbulan, saat ini rata-rata mencapai 1.000 gerakan kapal perbulannya.

Baca Juga : Jelang Pencoblosan, Wali Kota Helldy Minta ASN Jaga Netralitas dan Tidak Golput

“Sekarang sudah sampai 1.000 gerakan kapal bahkan Oktober lalu, diatas 1.000 gerakan kapal perbulannya,” terangnya, Senin 12 Februari 2024.

Jumlah gerak kapal tersebut tentu sejalan dengan pendapatan yang diperoleh oleh PT PCM. Pada tahun 2023 menunjukan performa yang positif, tentu dari pencapaian realisasi pendapatan tersebut.

PT PCM memberikan kontribusi pendapatan asli daerah bentuk deviden sebesar Rp12 miliar kepada Pemkot Cilegon. Ia menyatakan, itu semua ditoreh berkat kerja sama seluruh karyawan, direksi dan komisaris.

Baca Juga : MENJELANG PEMILU, Harga Beras Meroket, Sanuji Pentamarta Ungkap Penyebabnya

“Jadi Tahun 2023, performance PCM itu melebihi target. Alhamdulilah atas kerja sama dan dukungan semua karyawan PCM, direksi dan komisaris,” ucapnya.

Willy menyatakan, pencapaian itu diraih seiring dengan strategi bisnis yang dijalankan. Dengan memaksimalkan 7 kapal tugboat, PCM dapat meningkatkan pelayanan jasa pandu tunda tugboat.

Ia menjelaskan, jika jauh sebelumnya hanya melayani jasa pemanduan kapal di wilayah selatan, namun pada 2022 perusahaan mulai mengekspansi bisnis di wilayah utara Banten.

Baca Juga : Satu-satunya di Nusantara, Kehebatan Kesultanan Banten Miliki Teknologi Penjernihan Air

Pelayanan menjadi meningkat, saat ini dengan pelayanan di bagian selatan dan ekspanai di bagian utara, PCM sudah melayani hingga 70 TUKS.

“Selatan dan utara, kurang lebih 60 sampai 70 TUKS. Itu sudah pasti nambah. Karena di utara Bojonegara itu ada sekitar 30 TUKS, yang dulu sama sekali tidak dilayani oleh PCM,” ungkapnya.

Willy menjelaskan, PCM atas pencapaian realisasi 2023 tersebut menargetkan pendapatan pada 2024 sebesar Rp167 miliar dan deviden Rp 15 miliar. Pada tahun ini selain tetap menjaga keberlangsungan bisnis jasa pemanduan yang berjalan di Banten.

Baca Juga : 2 Terpidana Kasus Narkoba dapat Restorative Justice dari Kejari Cilegon, Ini Alasannya

PT PCM akan melakukan ekspansi bisnis di luar daerah. Seperti pada tahun lalu, kata Willy, rencana itu telah dijajaki. Ia mengaku, saat ini pihaknya sedang menganalisa seluruhnya untuk mengekspansi usaha di luar Banten baik sisi potensi, keuntungan dan kerugiannya dan mengkalkulasi hal lainnya.

“Kalau kita mau deploy kapal-kapal di suatu daerah, TUKS yang dilayani itu, harus memenuhi syarat tertentu dari kalkulasi kami. Nggak bisa hanya 1 TUKS, lalu kita taruh kapal disana, bisa rugi. Jadi ada batas minimumnya. Jadi masing-masing daerah itu ada (potensi) misalnya 30 gerakan kapal atau 50 gerakan kapal sebulan sehingga kita bisa masuk,” pungkasnya. (Amul/Red)

Share :

Baca Juga

Bisnis

Hunian Premium di BSD City, Klaster Quantis Signature Sold Out dalam Sebulan

Bisnis

PT KRAKATAU POSCO Maksimalkan Penyerapan Tenaga Kerja Lokal di Wilayah Kota Cilegon

Bisnis

Nikmati Kota Serang dari Ketinggian di Rooftop Cafe dan Eatery, Dijamin Ketagihan

Bisnis

BlueScope Pastikan Produknya Bisa Memperpanjang Usia Bangunan

Bisnis

Ekspor Pertanian, Banten Sumbang Rp40,36 Miliar Wagub : Talas Beneng Jadi Potensi Baru

Bisnis

Ekspansi Bisnis Kuliner, GION The Sushi Bar Milik Sinar Mas Land Hadirkan Cabang Baru di Jakarta

Bisnis

Pasar Tanah Abang Diserang Pengunjung saat Ramadhan, Segini Penghasilan Per Harinya

Bisnis

Gandeng bjb Banten, Katar Puloampel Guyur Sembako ke Masyarakat Puloampel