3 BUMD di Cilegon Dapat Suntikan Investasi dari Faction Holding Corporation - MEGATRUST

Home / Daerah

Rabu, 17 April 2024 - 17:32 WIB

3 BUMD di Cilegon Dapat Suntikan Investasi dari Faction Holding Corporation

Megatrust.co.id, CILEGON – Tiga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kota Cilegon bakal mendapat suntikan investasi dari Faction Holding Corporation (FHC).

Hal ini diketahui dari kegiatan ekspose program smart city dari Faction Holding Corporation yang dilaksanakan di Kantor Wali Kota Cilegon, Rabu 17 April 2024.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian yang diwakilkan Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Cilegon (Diskominfo) Agus Zulkarnain mengatakan, Faction Holding Corporation berminat investasi untuk mewujudkan smart city di Cilegon.

“Teknologi terbaru yang ditawarkan Faction Holding Corporatian terkait dengan pemanfaatan optimalisasi AI. Jadi sistem teknologinya yang terbaru untuk membangun kota cerdas di Cilegon,” kata Agus.

Baca Juga :  Selama Arus Mudik 2024, Ratusan Pemudik Alami Diare hingga Darah Tinggi

Agus menjelaskan, program smart city dari FHC tersebut lebih menyasar pada tiga BUMD di Cilegon, yaitu BPRS CM, PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) dan PDAM Cilegon Mandiri.

Menurutnya, ketertarikan FHC untuk berinvestasi di tiga BUMD tersebut karena selain Cilegon sebagai kota industri, juga Cilegon sebagai pintu gerbang pulau Jawa.

“Kemudian, mungkin Kota Cilegon ini dianggap lokasi yang strategis, dilihat dari sisi geografis dan lokasinya strategis dengan dekat pusat ibu kota juga memiliki pelabuhan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kapan Pendaftaran Panitia Pilkada 2024 Dibuka? Simak Informasinya

Namun, kata Agus, sebelum dilakukan MoU atau perjanjian kerjasama, akan ada studi kelayakan berkaitan dengan potensi yang dimiliki Kota Cilegon.

Ia menambahkan, gambaran besar dari investasi FHC itu adalah untuk mewujudkan Cilegon sebagai kota cerdas dengan terintegrasi secara digital melalui aplikasi-aplikasi yang dapat memudahkan masyarakat dalam berbagai aktivitas.

“Ini jenis atau tahapannya ada 200 jeni atau tahapan, jadi sangat banyak. Konsep besarnya membangun kota yang sudah tergitalisasi, yang sudah terkoneksi dengan sistem atau aplikasi. Mereka mempunyai aplikasi starfire,” terangnya.

Baca Juga :  Siap-siap! Pekan Depan Bangunan Liar di JLS Bakal Dibongkar Paksa

Agus mengungkapkan, investasi untuk program smart city dari FHC ini tidak menggunakan dana APBD sama sekali.

“Semuanya pembiayaan full dari Faction Holding, kalau nanti setelah MoU. Konsep besarnya smart city, nanti bentuknya bisa Smart Port lah kalau dengan PT PCM, kalau dengan perbankan, perbankan yang cerdas,” tegasnya.

Diakuinya, baik wali kota Cilegon dan sekretaris daerah (sekda) Cilegon tertarik dengan investasi dari FHC tersebut.

“Tadi pak wali dan pak sekda menyampaikan ketertarikan. Jadi sekarang dari kita meminta Faction untuk menyampaikan surat permohonan berminat (investasi) ke Pemkot Cilegon,” pungkasnya. (Hamdi/Amul)

Share :

Baca Juga

Daerah

Komisi II DPRD Cilegon Minta Dinsos dan Satpol PP Antisipasi Masuknya Pengemis Musiman Jelang Lebaran

Daerah

20 Calon Jamaah Haji Kota Cilegon Alami Gagal Sistem di Pelunasan Bipih Tahap Satu, Begini Penjelasan Kemenag

Daerah

DPRD Kota Cilegon Minta Semua Pihak Jaga Investasi Jangan Sampai Gaduh

Daerah

Wakil Ketua DPRD Cilegon Kembali ‘Ngegas’ : Jangan Politisasi Dana Hibah untuk Kepentingan Timses

Daerah

Pemkot dan Polisi Cek JLS Sebelum Diperbaiki, Banyak Putaran Ilegal

Daerah

Jelang Pemilu 2024, DKCS Cilegon Dorong Perekaman KTP Elektronik Pemilih Pemula

Daerah

Ternyata Anggaran untuk Penanganan Stunting di Kota Cilegon Banyak Digunakan untuk ini

Daerah

Ziarah ke Makam Sultan, Erick Thohir Dipaparkan Sejarah Kesultanan oleh Sesepuh Banten