Selama Lebaran, Sampah di Cilegon Meningkat hingga 15 Persen, Terbanyak di 3 Titik Ini - MEGATRUST

Home / Daerah

Kamis, 18 April 2024 - 11:44 WIB

Selama Lebaran, Sampah di Cilegon Meningkat hingga 15 Persen, Terbanyak di 3 Titik Ini

Kepala Bidang Pengelolaan dan Pengawasan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon Muhriji saat ditemui di ruangannya. Hamdi/Megatrust.co.id

Kepala Bidang Pengelolaan dan Pengawasan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon Muhriji saat ditemui di ruangannya. Hamdi/Megatrust.co.id

Megatrust.co.id, CILEGON – Selama lebaran Idul fitri 1445 H, sampah di Kota Cilegon meningkat cukup signifikan, bahkan angka persentasenya mencapai 15 persen.

Hal itu diakui Kepala Bidang Pengelolaan dan Pengawasan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon Muhriji yang mengatakan, penyumbang sampah terbanyak tersebar di beberapa wilayah.

Menurut Muhriji, salah satu yang menyebabkan sampah di Kota Cilegon meningkat karena arus mudik dan malam takbiran.

“Secara keseluruhan naik, dan paling banyak sampah non organik. Dari timbulan sampah misal dari 250 ton, ya 36 ton lah kenaikannya kalau kita itu rata rata 10-15 persen,” kata Muhriji, Kamis 18 April 2024.

Baca Juga :  Siap-siap! Pekan Depan Bangunan Liar di JLS Bakal Dibongkar Paksa

Muhriji menjelaskan, peningkatan sampah di Cilegon tersebut terbanyak di tiga wilayah, di jalur protokol Kota Cilegon, Ciwandan dan Pulomerak.

Di samping itu, sampah juga meningkat di wilayah pasar yang ada di Cilegon, seperti di Pasar Kranggot dan pasar kelapa.

“Jadi memang timbulan sampah selama Idul Fitri 1445 H memang secara keseluruhan ada peningkatan, diantaranya di Merak dan termasuk Ciwandan sampah mudik itu luar biasa,” ungkapnya.

“Yang jelas TPS tps rutin kita angkut, Pasar Kranggot, Blok F, Pasar Merak, itu semua tempat yang target kita rutin sampah diangkut,” lanjutnya.

Baca Juga :  Helldy Sumbangkan Seluruh Gajinya ke Masjid dan Mushola di Kota Cilegon, Segini Gajinya

Ia menambahkan, saat malam takbiran yang menyebabkan sampah meningkat, pihaknya mengerahkan personil kurang lebih 100 orang dengan masing-masing anggota 10-12 orang yang disiagakan sampai subuh.

“Kami siagakan sehingga pada saat malam takbir bahkan hingga shubuh. Misal di protokol kami siagakan setiap tahun pada malam takbiran, supaya kalau pagi sudah bersih,” tuturnya.

Ia menyatakan, DLH Cilegon terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dalam menangani sampah dengan menurunkan sumber daya dalam penanganan sampah.

Termasuk, paparnya, masyarakat bisa melaporkan atau megadukan persoalan sampah ke DLH Cilegon agar dapat segera ditangani.

Baca Juga :  Halal Bihalal di Pemkot Cilegon, Wali Kota : Kota Cilegon Akan Memasuki Usia Perak

“Walaupun ada beberapa lokus yang terjadi sampah-sampah liar, itupun minta info ke masyarakat, jika ada sampah yang menumpuk di beberapa tempat, hubungi kami untuk bisa kami layani supaya bisa diangkut. Sebisa mungkin pelayanan, ada aduan ya 1×24 jam kami eksekusi,” tegasnya.

Muhriji menghimbau untuk masyarakat supaya tertib dalam membuang sampah, tidak membuang ke sungai maupun jalanan-jalanan yang ada.

“Kami mohon maaf kalau fasilitas kami belum sampai ke pelosok-pelosok. Mudah mudahan kedepan kami berikan anggaran lebih untuk memfasilitasi seluruh wilayah Cilegon,” pungkasnya. (Hamdi/Amul)

Share :

Baca Juga

Daerah

Prakiraan Cuaca Lengkap Wilayah Pelabuhan Merak Banten Jumat 4 Maret 2014

Daerah

Bak Kubangan, JLS Hancur Diduga Jadi Pemicu Kecelakaan

Daerah

Pendaftaran PPDB SMA/SMK di Provinsi Banten Dibuka, Simak Persyaratan Pendaftarannya

Daerah

Rusak Parah, Jalan di Kota Cilegon Diperbaiki Secara Swadaya

Daerah

Penyebab Utama Banjir di Kota Cilegon, Begini Penjelasan DPUPR Cilegon

Daerah

Di Hari Sumpah Pemuda, Puluhan Mahasiswa Demo Tagih Janji Helldy Sanuji

Daerah

Beasiswa Full Sarjana di Cilegon Belum Tersalurkan Maksimal

Daerah

Begini Kata Prakirawan Cuaca di Pelabuhan Merak pada Periode Natal dan Tahun Baru, Mayarakat tetap Tenang