Krakatau Posco Dapat Proper Hijau, Terus Tingkatkan Aksi Nyata Menjaga Lingkungan - MEGATRUST

Home / Bisnis

Sabtu, 11 Mei 2024 - 14:46 WIB

Krakatau Posco Dapat Proper Hijau, Terus Tingkatkan Aksi Nyata Menjaga Lingkungan

Pejabat Kementerian Lingkungan Hidup dan Provinsi Banten saat menyerahkan penghargaan Proper kepada PT Krakatau Posco. Dok PT Krakatau Posco

Pejabat Kementerian Lingkungan Hidup dan Provinsi Banten saat menyerahkan penghargaan Proper kepada PT Krakatau Posco. Dok PT Krakatau Posco

Megatrust.co.id, CILEGON – PT Krakatau Posco mendapatkan penghargaan Proper Hijau atau Beyond Compliance dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) beberapa waktu lalu.

PT Krakatau Posco menjadi industri besi baja di Indonesia pertama dan satu satunya yang berhasil meraih Penghargaan Proper Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Untuk bisa mendapatkan Proper hijau, KLHK menilai beberapa indikator dari perusahaan baja terbesar di Indonesia itu, diantaranya pelaksanaan penilaian daur hidup atau Life Cycle Assessment, efisiensi energi, penurunan emisi.

Tidak hanya itu, konservasi air dan efisiensi air, 3R Limbah B3 dan Limbah Non B3, perlindungan keanekaragaman hayati, pemberdayaan masyarakat, dan tanggap kebencanaan juga menjadi indikator kementerian dalam memberikan penilaian.

Penghargaan proper hijau menjadi bukti atas komitmen Krakatau Posco dalam menjalankan usaha berbasis kepada kepedulian lingkungan.

Diketahui, salah satu nilai tambah yang ditunjukkan oleh Krakatau Posco adalah efisiensi pada proses produksi dengan memanfaatkan mill scale yang termasuk dalam kategori Limbah Berbahaya dan Beracun (B3).

Itu, merupakan proses pengerolan dari Hot Rolling Plant, Plate Mill, dan Continuous Casting Plant menjadi material pendukung di proses Steelmaking Plant.

Program ini termasuk dalam penghematan material sekaligus pemanfaatan limbah B3 sehingga limbah yang mulanya membutuhkan biaya untuk pengolahan sebelum dibuang berubah menjadi material yang dapat mendukung proses produksi.

Pada tahun 2022, Krakatau Posco berhasil menghemat konsumsi material dengan menggunakan Mill Scale Briquetting (MSB) dari hasil pemanfaatan limbah Mill Scale sebesar 22.593 Ton.

Usai medapatkan penghargaan Proper Hijau, Krakatau Posco juga mendapatkan
penghargaan tersebut dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Banten yang diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Banten, Wawan Gunawan, S. Sos., M.Si. dan PJ Gubernur, Dr. Al Muktabar, M.Sc. bertempat di Hotel Horison Ultima Ratu, pada 7 Mei 2024.

Untuk mempertahankan itu, PT Krakatau Posco menyiapkan berbagai strategi untuk terus meningkatkan manajemen dan kualitas lingkungan hidup, baik dari internal maupun eksternal. (***)

Share :

Baca Juga

Bisnis

Sinar Mas Land Luncurkan Taman Tekno X, Kompleks Ruko Gudang Multiguna Dengan Sistem Klaster di BSD City

Bisnis

PT KRAKATAU POSCO Maksimalkan Penyerapan Tenaga Kerja Lokal di Wilayah Kota Cilegon

Bisnis

HUT Ke-53, Krakatau Steel Serahkan Rumah Tahan Gempa Bagi Warga Kota Cilegon

Bisnis

Dinamo Mesin Cuci Bekas Jadi Teknologi Pengiris Singkong, Bisa 100 Kilogram Perjam

Bisnis

KEREN! Krakatau Posco dan Kementerian Perindustrian Akan Buka Kelas Industri Baja Tingkat Nasional

Bisnis

Tumbuhkan Budaya Nabung, Kemendikbudristek Implementasikan Satu Rekening Satu Pelajar

Bisnis

Ekspansi Bisnis Kuliner, GION The Sushi Bar Milik Sinar Mas Land Hadirkan Cabang Baru di Jakarta

Bisnis

Pasar Tanah Abang Diserang Pengunjung saat Ramadhan, Segini Penghasilan Per Harinya