Nasional

Masuk Era Ekonomi Digital, DPR RI Minta Perhatikan Etika Bisnis

Anggkota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi. Bobbyrizaldi.com

Megatrust.co.id, JAKARTA, – Masuk di era ekonimi digital, Anggkota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi minta masyarakat untuk memperhatikan etika bisnis yang dikembangkan di internet.

“Etika bisnis merupakan suatu pedoman atau tata cara yang baik dalam menjalankan atau mengelola kegiatan suatu usaha dengan memperhatikan norma serta moralitas yang berlaku. Penentuan benar atau salahnya dalam mengambil keputusan pada suatu usaha juga berpedoman kepada etika bisnis,” katanya.

Tentunya, Lanjut dia, dalam menjalankan bisnis berbasis online pelaku usaha harus memperhatikan prinsip-prinsip etika seperti kejujuran, keadilan, saling menguntungkan, integritas moral, dan otonomi.

Baca Juga: Anggota Komisi 1 DPR-RI: ‘Jangan Sampai Jari Kita Lebih Cepat dari Otak Kita’

“Pelaku usaha harus menjalankan bisnisnya dengan etika bisnis yang baik sehingga mampu diterima masyarakat luas. Menerapkan etika bisnis di perusahaan akan dapat meningkatkan kepercayaan dari konsumen dan juga citra yang baik di mata konsumen,” tegasnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Bobby dalam “Webinar Series: Ngobrol bareng Legislator” bertajuk “Pentingnya Etika Bisnis dalam Berjualan Online” yang menghadirkan juga Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Samuel A Pangerapan dan perwakilan dari influencer Debby Selvana Maharani pada Kamis, 24/03.

Sementara, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Samuel A Pangerapan menyampaikan, pesatnya perkembangan teknologi yang semakin berpacu dengan adanya pandemi covid 19 telah mendorong masyarakat untuk berinteraksi dan melakukan berbagai kegiatan aktivitas di ruang digital.

Baca Juga: Tugas Berat Kominfo. Ajak Generasi Muda Implementasikan Pancasila ke Dunia Digital

Sayangnya fenomena ini tidak dibarengi dengan literasi digital masyarakat Indonesia dalam etika bisnis. Terbukti dengan indeks literasi digital Indonesia yang belum mencapai tahap yang lebih baik.

“Dalam rangka menjalankan salah satu mandat dari bapak presiden terkait pengembangan SDM digital, kementrian kominfo bersama gerakan nasional, literasi digital, cyber kreasi, serta mitra dan jejaringnya hadir untuk memberikan pelatihan yang dapat meningkatkan kemampuan mengenai etika digital,” tutur Samuel.

Menanggapi hal itu, Perwakilan Influenser Debby Selvana menambahkan, dalam berbisnis secara online tentunya ada etika yang harus diterapkan oleh setiap pebisnis kepada konsumen, salah satunya adalah dengan komunikasi yang baik kepada konsumen.

Baca Juga: RDP Ditunda, Kadis dan Kabid Tidak Hadiri. Komisi IV DPRD Kota Cilegon Murka

Komunikasi ini berkaitan dengan kondisi barang, masalah pembayaran, packaging, serta tidak lupa pengamanan data pribadi konsumen. Hal-hal tersebut akan sangat berpengaruh pada kepercayaan konsumen yang nantinya mengarah juga pada etika bisnis pelaku usaha.

“Dengan adanya etika orang dapat berperilaku dengan baik dan benar, sedangkan tanpa adanya etika maka salah satu pihak pasti akan mementingkan keuntungan pribadi masing-masing,” pungkas Debby. (Amul/Red)

Exit mobile version