Nasional

Ada Kendala Saat Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2025? Ini Solusinya 

Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2025. Instagram @kementerianbumn

MEGATRUST.CO.ID Bagi kamu yang masih bingung atau mengalami kendala saat mendaftar Rekrutmen Bersama BUMN 2025 jangan khawatir.

FHCI sendiri memberikan jawaban beserta solusi apabila pelamar Rekrutmen Bersama BUMN mengalami kendala.

Kendala saat pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN bisa terjadi karena berbagai hal, seperti perangkat yang tidak mendukung, tidak bisa mengunggah dokumen, tidak bisa registrasi dan lainnya.

Dikutip dari akun Instagram @fhcibumn, berikut 11 pertanyaan yang sering diajukan pelamar dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2025:

1. Device apakah yang sebaiknya digunakan saat mengakses website pendaftaran?

Pelamar disarankan melakukan lamaran dengan menggunakan PC/laptop dan memakai browser versi terbaru dengan spesifikasi seperti processor Core i3 atau setara, RAM 4GB, HDD 500 GB, OS Windows/Linux/Mac versi terbaru.

2. Apakah yang harus diperhatikan dalam mengunggah dokumen?

Pastikan jaringan stabil

Pastikan dokumen sesuai format, baik jpg/jpeg/pdf

Pastikan ukuran file tidak melebihi batas yang telah ditentukan

Unggah satu per satu file, kemudian klik “upload”. Pastikan file berhasil diunggah.

Baca juga: Syarat Rekrutmen Bersama BUMN 2025, Usia 45 Tahun Bisa Daftar

3. Apakah persyaratan dalam upload dokumen ijazah?

Ijazah asli/SKL yang telah dilegalisir oleh pihak yang berwenang

Ijazah terakhir yang relevan dengan posisi yang dilamar

Ijazah/Surat Keterangan Lulus harus memiliki format file .pdf (maksimal 1MB)

Scan atau foto ijazah yang jelas dan tidak terpotong.

4. Apakah pelamar dengan ijazah/SKL D4 boleh melamar pada lowongan dengan jenjang pendidikan S1?

Tidak diperkenankan untuk melamar dengan jenjang pendidikan berbeda.

5. Apakah pelamar dengan ijazah D3/D4/S1/S2 boleh melamar pada lowongan dengan jenjang SMA?

Pelamar dengan ijazah D3/D4/S1/S2 dapat apply pada lowongan dengan jenjang SMA, asalkan memenuhi persyaratan lowongan jenjang pendidikan SMA. Selain itu, pastikan pelamar melampirkan ijazah SMA pada dokumen yang diunggah.

6. Mengapa saya tidak bisa registrasi dan masuk akun?

Lakukan refresh halaman

Mencoba mengganti koneksi dengan jaringan internet lain

Mengganti browser dengan Chrome atau Mozilla Firefox (disarankan menggunakan version terbaru seperti Chrome 110.0.5481.180 (Februari 2025))

Menggunakan menu incognito pada browser (shortcut dengan menekan Ctrl+Shift+N (untuk Windows) atau Command+Shift+N (untuk Mac))

Mencoba melakukan login/masuk menggunakan perangkat lain

Jika masih terkendala, silakan hubungi Helpdesk.

7. Mengapa saya tidak bisa mengambil foto untuk foto profil akun? 

Jika Anda tidak melihat tombol “Ambil Foto”, coba gulir (scroll) ke bawah halaman dan perkecil tampilan (zoom out) untuk menampilkannya.

Kemudian, untuk kelancaran pendaftaran, disarankan menggunakan laptop/PC saat proses registrasi.

8. Bagaimana penjelasan perbandingan pelamaran dengan posisi kuota yang akan diterima? 

Perhitungan kuota pendaftaran dalam RBB 2025 adalah 1: 1.000, yang berarti setiap 1.000 peserta yang mendaftar akan diizinkan untuk satu posisi.

Sebagai contoh, lowongan PT FHCI dengan posisi Jr. Officer IT Aplikasi & Support, bagian di kotak merah (100/2000) menjelaskan bahwa sudah ada 100 pelamar yang mendaftar dengan kuota yang tersedia sebanyak 2.000. Dengan begitu, peserta yang akan diterima adalah 2 peserta.

9. Apa itu Compability Device Check? 

Compatibility Device Check merupakan istilah lain dari Trial Test. Compatibility device check ini sangat disarankan untuk diikuti, kegagalan saat tes online akibat tidak mengikuti compatibility device check ini adalah tanggung jawab peserta.

Penyelenggara mewajibkan agar Anda mengikuti compatibility device check sebagai bentuk persiapan Anda dalam memastikan perangkat yang sudah kompatibel dengan yang dipersyaratkan dan jaringan yang stabil serta pencahayaan yang baik.

Apabila tidak mengikuti compatibility device check, Anda masih bisa mengikuti tes online sesuai dengan jadwal yang tertera.

10. Apakah ada tahapan uji coba atau simulasi untuk memastikan perangkat peserta sesuai? 

Ada, tahap ini disebut compatibility device check. Silakan mengikuti compatibility device check tersebut untuk memastikan perangkat kompatibel untuk digunakan.

11. Apa yang harus dilakukan jika koneksi internet terputus saat compatibility device check atau tes berlangsung? 

Jika terjadi hal-hal sebagai berikut: listrik mati, koneksi terputus, browser tidak sengaja tertutup; Anda dapat masuk kembali dengan mengakses tautan tes melalui akun website rekrutmen pada menu “Lamaran Saya”, tombol “Jadwal Hari Ini”.

Tes masih dapat dilanjutkan selama tidak mengganti perangkat dan durasi pengerjaan tes masih ada. Jika terjadi soal yang tidak tampil secara sempurna, Anda dapat melakukan refresh pada browser.

Kedua poin di atas tidak akan memengaruhi jumlah soal yang sudah berhasil dijawab oleh peserta, sehingga Anda dapat melanjutkan tes dengan sisa soal tersisa dan waktu yang tersedia.

Dengan catatan, kamu tidak melakukan clear history apapun pada browser dan mengakses tautan tes online menggunakan perangkat yang sama.

(Nad/Amul)

Exit mobile version