Megatrust.co.id, JAKARTA, – Wakil Ketua Komisi I DPR-RI Bambang Kristiono menyebut media sosial (medsos) harus digunakan untuk meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di era digital seperti sekarang ini.
Ungkapan tersebut disampaikan Bambang Kristiono, dalam “Webinar Seminar Merajut Nusantara: Series Aman Bermedia Sosial” yang bertajuk Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana untuk Meningkatkan UMKM pada Masa Pandemi bahwa media sosial dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan UMKM pada era pandemi pada Selasa, 29/03/2022.
Era pandemi Covid-19 berdampak luas pada situasi ekonomi global. Perdagangan, investasi, dan lapangan pekerjaan menjadi perhatian karena dampak pandemi. Sebanyak 72% pelaku usaha terpukul cukup parah.
Baca Juga: Masuk Era Ekonomi Digital, DPR RI Minta Perhatikan Etika Bisnis
Mitigasi pun dilakukan pemerintah untuk menumbuhkan ekonomi yang terpuruk akibat pandemi yang salah satunya dengan mengandalkan ruang digital yaitu dengan menggunakan media sosial.
“Berjualan dengan e-commerce mampu meningkatkan pendapatan. Selain itu memudahkan transaksi bagi konsumen dan pelaku UMKM. Penjualan melalui platform digital jika digunakan dengan tepat akan sangat membantu untuk menggapai pasar baru sehingga mampu menekan biaya. Para pelaku UMKM juga mampu meyakinkan konsumen melalui fitur dari platform digital seperti ulasan, harga, foto, dan lain sebagainya. Selain itu UMKM juga dapat menekan biaya tempat/lokasi toko yang mana dengan platform tidak mengharuskan pelaku usaha untuk mempunyai toko yang tangible,” tutur Bambang
Sementara, Pakar Teknologi dan Informasi Kalamullah Ramli menambahkan, percepatan tranformasi digital di era pandemi pasti berkaitan dengan pengguna internet. Medsos dan platorm e-commerce tidak luput dari perhatian pengguna internet.
Baca Juga: Anggota Komisi 1 DPR-RI: ‘Jangan Sampai Jari Kita Lebih Cepat dari Otak Kita’
“Walaupun manfaat internet terutama di bidang ekonomi dan fintech sangat baik, akan tetapi pengguna tidak luput dari risiko saat menggunakannya. Skimming, penipuan, dan penjualan data pribadi menjadi risiko yang harus dihadapi,” terangnya.
Menanggapi hal itu, CEO Suasana Kopi Achmad Adillah mengatakan, untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas bisa dipasarkan melalui medsos. Medsos merupakan alat yang memfasilitasi setiap kegiatan usaha melui internet. Pemanfaatan medsos oleh UMKM adalah sebagai alat berkomunikasi dengan pelanggan, seperti promosi, market research, support dan customer service, serta memantau kompetitor.
“Beberapa cara untuk memaksimalkan media sosial adalah dengan konsisten mem-posting produk, membuat vibe yang menyenangkan pada produk, mengetahui profil pelanggan, dan mempermudah market mendapatkan produk. Langkah-langkah di atas akan memberikan kita informasi dan feedback dari konsumen sehingga dapat tergambar lebih jelas posisi usaha kita dengan kompetitor,” terang dia. (Amul/Red)