Megatrust.co.id, CILEGON, – Pemerintah Kota atau Pemkot Cilegon baru saja meresmikan Mall Pelayanan Publik atau MPP Kota Cilegon. Kamis, 22 Desember 2022.
Mall Pelayanan Publik yang berlokasi di Lantai 1 Gedung Graha Edhi Praja Pusat Pemerintahan Kota Cilegon itu dihadirkan untuk masyarakat Kota Cilegon mendapatkan akses pelayanan publik dengan mudah dan berkualitas.
Ada 21 gerai pelayanan publik dari dinas atau instansi vertikal, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan pelayanan yang dikelola swasta.
21 gerai pelayanan publik itu diantaranya Kejaksaan Negeri Kota Cilegon, Polres Kota Cilegon, Bappeda Provinsi Banten, Kanwil Kemenkumham Provinsi Banten, Kementerian Agama Kota Cilegon, Pengadilan Agama Kelas 1B Kota Cilegon, Kantor Pertanahan Kota Cilegon, Badan Narkotika Nasional, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Balai Besar BPOM Serang, PT Pos Indonesia, BJB, BNI, BRI, BPKPAD Kota Cilegon, PDAM Cilegon Mandiri, Disdukcapil Kota Cilegon, DPMPTSP Kota Cilegon, DPK Kota Cilegon, dan Disnaker Kota Cilegon.
Bahkan, MPP Kota Cilegon itu dilengkapi sejumlah fasilitas seperti fasilitas ramah difabel, ruang menyusui atau ruang laktasi dan tempat bermain anak.
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) atas peluncuran MPP Kota Cilegon. Menurutnya, adanya MPP Kota Cilegon dengan 21 gerai pelayanan publik itu menjadi sesuatu yang baru di Kota Cilegon.
“Kami mengucapkan terimakasih dan tadi sudah dikontrol langsung oleh Ibu Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB, tentunya setiap daerah memiliki karakter yang berbeda, sesuatu yang baru di Kota Cilegon dengan 21 gerai pelayanan publik menurut kami sudah cukup komplit,” ujar Helldy usai Launching Mal Pelayanan Publik. Kamis, 22 Desember 2022.
Helldy menyampaikan, meski ada instansi lain yang ingin bergabung pihaknya akan konsen terhadap spesifikasi fungsi MPP untuk masyarakat Kota Cilegon terlebih dahulu.
“Meski ada Instansi lain yang ingin bergabung tapi nanti kita fokuskan fungsi pelayanan bagi masyarakat dulu,” ujarnya.
Ditempat yang sama, Deputi Bidang Pelayanan Publik pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa mengatakan MPP Kota Cilegon mengatakan dengan 21 gerai pelayanan publik bisa menjadi ruang yang nyaman bagi masyarakat.
“Banyaknya gerai pelayanan publik dengan fasilitas yang memadai bisa dimanfaatkan dan menjadi ruang yang nyaman bagi masyarakat,” ujarnya.
Ia juga berpesan, Pemkot Cilegon dapat meningkatkan komunikasi dan koordinasi ke setiap stakeholder untuk meningkatkan pelayanan publik yang lebih optimal.
“Tingkatkan komunikasi dengan stakeholder untuk menyamakan persepsi, meningkatkan kompetensi, standar pelayanan yang jelas termasuk jadwal pelayanan,” pungkasnya. (Nad/Amul)














