Konveksi
Nasional

KM Satya Kencana III Karam di Pelabuhan Kumai, Begini Kronologinya

×

KM Satya Kencana III Karam di Pelabuhan Kumai, Begini Kronologinya

Sebarkan artikel ini
Kapal Motor (KM) Satya Kencana III milik PT Dharma Lautan Utama karam saat melakukan bongkar muat di Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, pada Rabu 19 Oktober 2022, dini hari.

Megatrust.co.id, KALTENG, – Kapal Motor (KM) Satya Kencana III milik PT Dharma Lautan Utama karam saat melakukan bongkar muat di Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, pada Rabu 19 Oktober 2022, dini hari.

Informasi yang dihimpun Megatrust.co.id, peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 2.30 WIB dini hari. Kapal yang memiliki rute berlayar Surabaya – Pangkalan dinyatakan karam, ketika proses bongkar muat di dermaga. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Sedikitnya, 289 penumpang dan 10 kendaraan berhasil dievakuasi sebelum kapal benar-benar karam. Sedangkan 11 kendaraan lainnya, yang terjebak di dalam kapal tidak berhasil diselamatkan dan ikut tenggelam bersama kapal.

Kapal yang dinakodai oleh Bowo Sungeng Irawan, terbalik, diduga saat sebuah mobil truk fuso berukuran besar yang ingin keluar kapal tersangkut di ramp door (pintu keluar-masuk kendaraan).

Baca Juga :  Mortir Aktif Ditemukan di Rumah Nenek-Nenek di Kota Serang, Begini Kronologisnya

Hal itu membuat kapal oleng dan miring ke kiri, sehingga kendaraan lain yang berada di dalam kapal ikut miring. Akibatnya, kapal kehilangan keseimbangan dan tenggelam.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kumai Hary Suryanto mengatakan, kapal karam diakibatkan masuknya air kedalam kapal pada bagian kiri kapal. Hal itu disebabkan karena adanya truk Fuso besar tersangkut di ramdor sehingga kapal miring ke kiri.

Baca Juga :  Catat Nih! Jadwal Keberangkatan Kapal di Dermaga Eksekutif Merak Selasa 18 Oktober 2022

Kata dia, awak kapal dan penumpang mencoba melakukan keseimbangan terhadap kapal. Namun tidak berhasil, air keburu masuk ke dalam kapal dan menyebabkan kapal karam

“Bagian kiri kapal kemasukan air, sudah dilakukan pembalasan ke sebelah kanan namun karena goyangan truk yang nyangkut di ramp door,” katanya.

Hary mengungkapkan, akibat peristiwa itu truk yang ada di dalam kapal bergoyang ke sebelah kiri dan menyebabkan kapal semakin miring ke kiri karena beban yang berat, sehingga kapal tenggelam.

Baca Juga :  Terpaksa! Nyolong HP Buat Biaya Nikah, Salah Seorang Tersangka Bersujud kepada Kajari Cilegon, Begini Kisahnya

Namun, guna memastikan informasi lebih lanjut pihaknya masih menunggu hasil investigasi, oleh pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). (Day/Amul)