Konveksi
Daerah

Begini Kata Direktur PDAM Cilegon Soal Kenaikan Tarif Bagi Pelanggan

×

Begini Kata Direktur PDAM Cilegon Soal Kenaikan Tarif Bagi Pelanggan

Sebarkan artikel ini
Direktur PDAM Kota Cilegon Taufiqurrohman. Nadhila/Megatrust.co.id

Megatrust.co.id, CILEGON, – Perusahaan Umum Daerah Air Minum Cilegon Mandiri atau sering disebut PDAM Kota Cilegon menaikan tarif air minum bagi pelanggan sebesar 8 persen. Kenaikan tersebut telah berlaku sejak 1 Januari 2023 kemarin.

Direktur PDAM Kota Cilegon Taufiqurrohman mengatakan kenaikan tarif tersebut dilakukan lantaran biaya operasional PDAM Kota Cilegon terus mengalami kenaikan pada setiap tahunnya.

“Kita tidak bisa bertetap pada tarif yang lama, kita menyesuaikan biaya operasional yang setiap tahunnya naik seperti biaya air curah yang dibeli dari KTI, situasi inflasi saat ini sehingga keperluan operasional PDAM Kota Cilegon juga mengalami kenaikan, pemeliharaan pipa dan faktor lainnya,” kata Taufiqurrohman, Selasa 3 Januari 2023.

Taufiq menjelaskan kenaikan tarif tersebut menyesuaikan Permendagri No. 21 tahun 2020 tetang Perubahan Atas Permendagri No. 71 tahun 2016 tentang Perhitungan dan Penetapan Tarif Air Minum. Sesuai Permendagri tersebut, kepala daerah menetapkan tarif air minum setiap tahun.

Baca Juga :  Komisi IV DPRD Kota Cilegon Tiba-tiba Datangi Pasar Keranggot, Ini Temuannya

“Artinya itu sudah diatur, kalau kenaikan itu bisa saja naik setiap tahunnya tapi itu tergantung situasi dan kondisi, kalau biaya operasional masih cukup kita juga tidak akan menaikan tarif air bagi pelanggan,” ujarnya.

Taufiq menyampaikan tarif air minum di Kota Cilegon terakhir disesuaikan pada 2019. Selama empat tahun berturut-turut, tidak ada kenaikan tarif.

Baca Juga :  Komisi IV DPRD Kota Cilegon Tiba-tiba Datangi Pasar Keranggot, Ini Temuannya

“Kenaikan tarif terakhir tahun 2019, kenaikan tarif ini kita sudah usulkan Wali Kota Cilegon (Helldy Agustian) sejak November lalu dan tahun ini ada penyesuaian tarif kembali,” tambahnya.

Disamping itu, kata Taufiq, sebelum ada kenaikan tarif air minum pihaknya juga telah melakukan sosialisasi ke pelanggan dan media sosial.

“Kita juga sudah lakukan sosialisasi terkait kenaikan tarif baik ke forum pelanggan sebagai jembatan penghubung ke pelanggan lainnya, media sosial dan website PDAM Kota Cilegon,”

Baca Juga :  Komisi IV DPRD Kota Cilegon Tiba-tiba Datangi Pasar Keranggot, Ini Temuannya

Dengan adanya penyesuaian tarif ini, pihaknya bakal lebih mengutamakan pelayanan yang lebih baik lagi seperti ketika jaringan instalasi bocor bisa ditangani secara cepat oleh petugasnya.

Ia juga berharap, kepada masyarakat agar dapat memahami dan menerima adanya penyesuaian tarif tersebut.

“Mudah-mudahan pelanggan bisa memaklumi dan tidak memberatkan. Adapun terdapat keluhan bisa langsung ke aplikasi mobile PDAM atau telepon dan datang langsung ke PDAM juga bisa,” pungkasnya. (Nad/Amul)